• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Dermaroller, Metode Ampuh untuk Hilangkan Bekas Jerawat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Dermaroller, Metode Ampuh untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Dermaroller, Metode Ampuh untuk Hilangkan Bekas Jerawat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Mei 2022

“Salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan perawatan dermaroller. Cara ini dapat mendorong kulit untuk beregenerasi sehingga bekas jerawat dapat hilang.”

Dermaroller, Metode Ampuh untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Halodoc, Jakarta – Bekas jerawat adalah salah satu masalah yang dapat menurunkan kepercayaan diri pada beberapa orang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah dengan menggunakan dermaroller. Ketahui selengkapnya tentang metode ini di sini!

Metode Dermaroller untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Dermaroller adalah suatu alat perawatan yang memiliki roller kecil dan ampuh untuk atasi bekas jerawat. Roller pada alat tersebut terdapat jarum-jarum yang sangat kecil. Penerapan alat ini bisa dilakukan pada permukaan wajah yang diinginkan agar kembali mulus.

Manfaat jarum-jarum kecil pada dermaroller adalah untuk “melukai” kulit yang akhirnya merangsang produksi kolagen dan kulit dapat regenerasi. Luka pada permukaan kulit wajah ini juga yang membuat serum pada kulit dapat masuk ke dalam. Jadi, tujuan “melukai” ini agar kulit dapat beregenerasi sehingga bekas jerawat tertutup.

Walaupun dermaroller berguna untuk melukai kulit agar beregenerasi, hal ini tetap aman untuk dilakukan. Sebab, luka yang disebabkan tidak menimbulkan bekas dan dapat menutup dengan sendirinya.

Setelah melakukan perawatan, permukaan kulit area wajah yang diterapkan dapat terlihat kemerahan. Hal ini bisa terjadi bahkan sampai hitungan jam. Jangan khawatir, hal ini terbilang aman untuk dilakukan. Untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus, lakukan perawatan ini sebanyak 4-6 kali.

Metode dermaroller memang direkomendasikan untuk seseorang yang ingin menyamarkan bekas jerawat, stretch marks, keriput, dan masih banyak lagi. Cara ini mampu merangsang regenerasi kulit dan membuat tubuh menyembuhkan diri secara alami. Sehingga, wajah mulus kembali didapatkan dan kepercayaan diri bisa didapatkan. 

Pastikan juga untuk paham jika proses dilakukannya dermaroller harus di lingkungan yang steril. Maka dari itu, cara ini tidak bisa dilakukan di sembarang tempat atau bahkan di rumah karena tingkat sterilnya masih dipertanyakan.

Proses perawatan wajah ini perlu dilakukan di klinik dengan dokter atau ahli kecantikan yang sudah berpengalaman. Hal ini untuk mencegah risiko terjadinya iritasi atau penularan penyakit yang bisa terjadi selama proses penggunaan dermaroller dilakukan.

Lalu, bagaimana proses metode dermaroller ini dilakukan?

Proses Metode Dermaroller

Pertama-tama, area kulit wajah akan diolesi krim anestesi dan didiamkan kurang lebih satu jam. Lalu, roller yang memiliki jarum kecil ini dijalankan pada permukaan kulit yang diinginkan hingga kemerahan atau mengeluarkan sedikit bercak darah. Tahap akhir, wajah diolesi krim yang mengandung serum agar kulit wajah agar lebih cepat sembuh dan bekas jerawat menghilang.

Setelah proses perawatan dermaroller, penting juga untuk memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah area kulit yang mendapatkan perawatan lebih sensitif selama beberapa hari. Maka dari itu, cuci wajah dengan air saja hingga bercak yang ada menghilang. Hindari juga penggunaan makeup dan gunakan pelembap yang mengandung SPF 50 untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan jika kamu benar-benar ingin melakukan metode dermaroller sendiri. Paling utama adalah memastikan alat yang digunakan benar-benar steril dari bakteri atau kuman yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah:

  • Konsumsi suplemen vitamin A dan C sebulan sebelum perawatan dilakukan untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.
  • Gunakan kompres es setelah perawatan jika merasakan sakit.
  • Oleskan serum kulit atau pelembap setelah perawatan dilakukan.
  • Gunakan tabir surya setiap hari setelah metode ini dilakukan karena kulit rentan terbakar.
  • Ulangi perawatan dua hingga tiga kali seminggu.
  • Jauhkan dari area mata saat digunakan.
  • Jangan pernah berbagi penggunaan alat dengan orang lain.

Kamu juga bisa lho melakukan perawatan dermaroller di beberapa klinik atau rumah sakit rekanan dari Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam pemesanan perawatan wajah atau akses kesehatan lainnya bisa dilakukan melalui smartphone. Nikmati kemudahannya sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. How do dermarollers work?
Bebeautiful. Diakses pada 2022. An Expert’s Guide to Dermarollers – How They Work and What They do.