• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Deteksi Kesehatan Anjing dari Perubahan Poop
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Deteksi Kesehatan Anjing dari Perubahan Poop

Deteksi Kesehatan Anjing dari Perubahan Poop

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 29 November 2021
Deteksi Kesehatan Anjing dari Perubahan Poop

“Perubahan warna kotoran bisa berarti apa saja, mulai dari perubahan pola makan atau makan sesuatu yang seharusnya tidak dimakan. Warna oranye pada poop anjing biasanya menandakan anjing memiliki gangguan pada pankreas, sedangkan warna putih atau abu-abu adalah indikasi kalau anjing mengalami gangguan hati.”

Halodoc, Jakarta –  Salah satu cara untuk mengetahui apakah anjingmu dalam keadaan sehat atau tidak adalah dengan melihat keadaan poop-nya. Bentuk, ukuran, warna, dan konsistensi poop dapat menunjukkan apakah anjing memiliki masalah kesehatan internal atau tidak. 

Tinja yang berair bisa menjadi indikasi adanya masalah usus, sementara bentuk kotoran kecil seperti pelet artinya anjing sedang mengalami dehidrasi. Masalah yang lebih serius yang memerlukan kunjungan dokter hewan yang bisa dilihat dari poop anjing adalah lendir, darah, serpihan putih (mungkin cacing pita), atau tinja hitam seperti kopi (kemungkinan pendarahan internal). Informasi selengkapnya mengenai deteksi kesehatan anjing dari perubahan poop bisa dibaca di sini!

Perubahan Warna Poop, Indikasi Gangguan Pencernaan

Secara umum, kotoran anjing harusnya berwarna cokelat yang konsisten. Meskipun mungkin tidak selalu cokelat, hanya saja yang sehat itu poop-nya haruslah ada nuansa cokelat. Perubahan warna kotoran bisa berarti apa saja, mulai dari perubahan pola makan atau makan sesuatu yang seharusnya tidak dimakan. Berikut adalah kondisi kesehatan yang bisa dideteksi dari perubahan warna poop-nya:

1. Hijau

Ini biasanya menunjukkan usus yang bergerak terlalu cepat, sehingga pigmen empedu normal tidak memiliki kesempatan untuk diserap oleh usus. Perubahan warna kotoran hijau juga bisa karena terlalu banyak makan rumput dan beberapa perawatan gigi. Tidak sengaja memakan racun tikus juga bisa menyebabkan perubahan warna poop menjadi hijau. 

2. Oranye

Kotoran yang berwarna oranye sering menunjukkan peradangan pankreas dan masalah pada hati, kandung empedu, atau saluran empedu. Jika anjing makan wortel, itu akan menjadi penyebab lain poop peliharaan berwarna oranye. 

3. Putih atau Abu-abu

Kotoran putih atau abu-abu keputihan sering kali merupakan hasil dari masalah dengan hati, kantong empedu, masalah usus, atau masalah lain dimana pankreas tidak bisa memproduksi enzim penting yang dibutuhkannya. Terlalu banyak makan kalsium dan tulang juga bisa menyebabkan hal ini.

4. Merah

Kecuali jika anjing tanpa sengaja makan buah bit, perubahan warna merah pada poop anjing kemungkinan merupakan indikasi adanya darah pada kotoran. Jika berwarna merah cerah, darah tampak normal, kemungkinan besar pendarahan terjadi di usus besar atau mungkin juga dari kelenjar dubur. Pendarahan juga bisa dikarenakan infestasi cacing, radang selaput usus besar, tumor di usus besar, adanya benda asing (sesuatu yang tersangkut) di usus besar, trauma, atau berbagai masalah lain di dalam usus besar. 

Tekstur Poop dan Keberadaan Benda Asing pada Kotoran

Selain perubahan pada warna, terkadang kamu juga bisa menemukan benda-benda asing pada poop anjing. Jadi, kamu tidak hanya perlu memperhatikan warna kotorannya tetapi juga tekstur termasuk juga keberadaan benda asing di dalamnya. Jika kamu secara rutin melihat penampakan bulu di poop anjing, bisa jadi ini merupakan indikasi anjing memiliki kelainan kulit, misalnya, memiliki kutu, tungau, alergi lingkungan atau makanan.

Lendir yang kental dan berlendir di kotoran anjing kemungkinan merupakan indikasi masalah seperti peradangan di usus besar anjing. Lemak berlebihan dalam kotoran anjing akan muncul sebagai kotoran berminyak. Jenis tinja ini sering menunjukkan bahwa ada terlalu banyak lemak dalam makanan anjing atau anjing peliharaan memiliki masalah pada kandung empedu, pankreas, usus atau masalah penyerapan lemak pada sistem pencernaan.

Itulah informasi mengenai perubahan poop pada anjing. Bicara langsung dokter hewan jika ingin mengetahui kondisi anjing kesayangan. Jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan hewan lainnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. How to Tell If Your Dog’s Poop Is Healthy.
Preventive Vet. Diakses pada 2021. What Your Dog’s Poo Can Tell You About Their Health.