Dewi Hughes Sukses Turunkan Berat Badan Melalui Hipnoterapi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Dewi Hughes Sukses Turunkan Berat Badan Melalui Hipnoterapi

Halodoc, Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan Dewi Hughes? Bagi anak kelahiran 90-an mungkin tidak asing dengan wanita ini. Dewi Hughes pernah bermain dalam film Petualangan Sherina dan menjadi presenter di sejumlah acara televisi. Wanita kelahiran Bali ini dari dulu telah dikenal dengan tubuhnya yang berisi dan hijabnya yang ikonik. Namun, baru-baru ini ia hadir ke publik setelah sukses menurunkan berat badannya hingga mencapai 90 kilogram dalam waktu 15 bulan.

Baca Juga: Jalani Real Food, Dewi Hughes Sukses Turunkan Berat Badan

Melansir dari Tempo, Dewi Hughes menerapkan pola makan real food dengan mengonsumsi semua jenis makanan yang tumbuh disinari matahari, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan lain-lain. Selain mengonsumsi real food, Dewi Hughes berhenti mengonsumsi gula dan garam. Usut punya usut, ternyata kunci keberhasilan dietnya adalah hipnoterapi. Hipnoterapi membantu dirinya agar tidak tergoda untuk mengonsumsi gula, garam, nasi, dan produk olahan lainnya.

Apa Itu Hipnoterapi?

Hipnoterapi adalah jenis terapi yang menggunakan prosedur hipnosis. Hipnosis bisa dibilang adalah sebuah alat yang digunakan beberapa terapis dalam membantu seseorang untuk mencapai keadaan relaksasi total. Hipnosis memiliki konsep bahwa pikiran sadar dan tidak sadar kita mampu fokus dan berkonsentrasi pada pengulangan verbal dan citra mental. Ini bertujuan untuk membuka pikiran terhadap sugesti, sehingga seseorang mampu mengubah perilaku, emosi, dan kebiasaannya.

Bentuk terapi alternatif ini telah sudah sering digunakan untuk membantu mengubah kebiasaan seseorang, mulai dari mengompol, menggigit kuku, merokok hingga menurunkan berat badan. Hipnosis bisa menjadi lebih efektif daripada diet dan olahraga saja bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Ini karena pikiran dapat dipengaruhi untuk mengubah kebiasaan seperti makan berlebihan. Namun, seberapa efektif terapi ini bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

Penting untuk dicatat bahwa belum ada penelitian yang mendukung hipnosis sendirian mampu menurunkan berat badan. Sebagian besar orang yang berhasil, hipnosis perlu dikombinasikan dengan kebiasaan lain, seperti pola makan, olahraga dan konseling. 

Bagaimana Hipnoterapi Bantu Turunkan Berat Badan?

Selama hipnoterapi, terapis memulai sesi dengan menjelaskan cara kerja hipnosis. Kemudian terapis akan membahas tujuan pribadi pasien. Dari situlah, terapis mulai berbicara dengan suara lembut dan menenangkan untuk membantu pasien rileks dan membangun perasaan aman. Setelah mencapai kondisi pikiran yang lebih reseptif, terapis akan memberikan cara untuk membantu pasien untuk mengubah kebiasaan makan atau berolahraga atau cara lain untuk mencapai penurunan berat badan.

Kata-kata atau pengulangan frasa tertentu yang diberikan terapis mulai memengaruhi pikiran pasien di tahap ini. Terapis juga membantu pasien agar memvisualisasikan diri untuk mencapai tujuan melalui berbagi gambaran mental yang jelas. Untuk menutup sesi, terapis akan membantu pasien keluar dari hipnosis dan kembali ke keadaan awal. Panjang sesi hipnosis dan jumlah sesi total yang dibutuhkan bisa bervariasi tergantung pada tujuan masing-masing. Beberapa orang mungkin dapat merasakan sedikit hasilnya dalam 1-3 sesi.

Baca Juga: Turun Berat Badan Tanpa Merasa Diet, Lakukan Hal Ini

Jadi, apakah kamu terinspirasi oleh Dewi Hughes dan ingin mencoba hipnoterapi? Kalau kamu masih ingin tahu informasinya lebih lanjut, kamu dapat bertanya kepada dokter Halodoc. Lewat aplikasi, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :
Tempo. Diakses pada 2019. Dewi Hughes Turunkan Berat Badan Dibantu Hipnoterapi, Apa Itu?. 
Healthline. Diakses pada 2019. Hypnotherapy for Weight Loss: Does It Work?.
Healthline. Diakses pada 2019. Can Hypnosis Help You Lose Weight?.