• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Diabetes dan Asam Urat Sama-Sama Perlu Atur Pola Makan

Diabetes dan Asam Urat Sama-Sama Perlu Atur Pola Makan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

 Halodoc, Jakarta - Saat usia semakin bertambah, tidak bisa dimungkiri bahwa beberapa penyakit akan dengan mudah datang. Biasanya, penyakit-penyakit tersebut adalah akumulasi dari pola makan yang buruk, meski gaya hidup lainnya juga bisa memengaruhi juga. Penyakit yang diduga terjadi karena pola makan yang buruk adalah diabetes dan asam urat. Jika diabetes terjadi karena terlalu banyak makan karbohidrat dan gula, asam urat terjadi karena terlalu banyak makan makanan yang memiliki senyawa purin.

Oleh karena itu, jika kamu mengidap diabetes dan atau asam urat, salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengontrol gejalanya adalah melalui pola makan. Ingin tahu pola makan seperti apa yang baik untuk dua penyakit ini? Berikut ulasannya!

Baca juga: Waspadai 9 Gejala Diabetes yang Menyerang Tubuh

Pola Makan Sehat Pengidap Diabetes

Pola makan sehat untuk pengidap diabetes berarti makan makanan tersehat dalam jumlah sedang dan berpegang pada waktu makan yang teratur. Elemen kuncinya adalah konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Selain baik untuk pengidap diabetes, pola makan ini juga merupakan salah satu pola makan paling sehat untuk semua kalangan. 

Program ini membantu kamu mengontrol gula darah (glukosa), mengatur berat badan, dan mengontrol faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan lemak darah tinggi. Pasalnya, jika kamu makan kalori dan lemak ekstra, tubuh akan menciptakan peningkatan glukosa darah yang tidak dibutuhkan. Jika glukosa darah tidak dijaga, ini dapat menyebabkan masalah serius, seperti kadar glukosa darah tinggi (hiperglikemia) yang, jika terus-menerus, dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang, seperti kerusakan saraf, ginjal, dan jantung.

Diet diabetes didasarkan pada makan tiga kali sehari pada waktu yang teratur. Ini akan membantu tubuhmu menggunakan insulin yang diproduksi tubuhatau melalui pengobatan lebih baik. 

Makanan yang direkomendasikan antara lain karbohidrat sehat seperti dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, seperti buncis dan kacang polong, produk susu rendah lemak, seperti susu dan keju. Kamu juga perlu makan makanan kaya serat, ikan yang menyehatkan jantung, lemak sehat seperti dalam alpukat, kacang, minyak kanola. 

Baca juga: Ini Alasan Diabetes Jadi Penyakit Seumur Hidup

Pola Makan Sehat Pengidap Asam Urat

Penyakit asam urat adalah bentuk arthritis yang menyakitkan yang terjadi ketika terlalu banyak asam urat menumpuk dan membentuk kristal di persendian. Tubuh membuat asam urat setelah memecah zat yang disebut purin, yang ditemukan di banyak makanan.

Salah satu hal yang dapat membantu kamu mengatasi asam urat adalah dengan mengurangi jumlah purin yang dimakan. Ingatlah bahwa meskipun apa yang kamu makan dapat memengaruhi berapa banyak asam urat yang diproduksi tubuh, efeknya kecil dibandingkan dengan pengobatan.

Makanan yang harus dihindari jika kamu mengidap asam urat antara lain: 

  • Minuman keras (seperti vodka dan wiski).
  • Daging merah, domba, dan babi.
  • Daging jeroan, seperti hati, ginjal, dan daging kelenjar seperti timus atau pankreas. 
  • Makanan laut, terutama kerang seperti udang, lobster, teri, dan sarden.
  • Produk fruktosa tinggi seperti soda dan beberapa jus, sereal, es krim, permen, dan makanan cepat saji.

Sementara makanan yang paling baik untuk pengidap asam urat antara lain: 

Produk rendah lemak dan non-susu, seperti yogurt dan susu skim.

  • Buah dan sayuran segar.
  • Kacang, selai kacang, dan biji-bijian.
  • Lemak dan minyak.
  • Kentang, nasi, roti, dan pasta.
  • Telur (secukupnya).
  • Daging seperti ikan, ayam, dan daging merah baik-baik saja dalam jumlah sedang (sekitar 4 hingga 6 ons per hari).
  • Sayuran, untuk sayuran mungkin kamu pernah mendapat informasi bahwa bayam dan asparagus dalam daftar tinggi purin, tetapi penelitian menunjukkan bahwa sayuran tersebut tidak meningkatkan risiko serangan asam urat.

Baca juga: Sering Diabaikan, Inilah Penyebab Utama Asam Urat

Selain pola makan sehat, kamu juga bisa tanyakan tips hidup sehat yang perlu dilakukan pengidap asam urat dan diabetes kepada dokter di Halodoc. Dokter akan memberikan semua saran yang kamu butuhkan terkait hal ini. Ambil smartphone-mu sekarang dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter hanya di Halodoc!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The 16 Best Foods to Control Diabetes.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diabetes Diet: Create Your Healthy-Eating Plan.
Web MD. Diakses pada 2020. Gout Diet: Foods to Eat and Those to Avoid.