• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Diet Fast 800, Ampuh Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Diet Fast 800, Ampuh Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang sudah mulai memperhatikan kesehatan tubuhnya secara keseluruhan. Hal tersebut terlihat dengan banyaknya metode diet baru yang tercetus. Dengan begitu, sekarang banyak pilihan pola makan untuk menurunkan berat badan sesuai kemauan orang yang ingin melakukannya.

Salah satu metode diet yang sedang marak dibahas dan disebut-sebut efektif untuk menurunkan berat badan adalah diet fast 800. Cara ini disebut-sebut dapat memberikan hasil yang cepat pada seseorang yang melakukannya. Lalu, bagaimana langkah-langkah dan pilihan makanan apa saja yang harus dikonsumsi? Berikut bahasannya!

Baca juga: Intermittent Fasting, Diet Ala Jennifer Aniston

Diet Fast 800 Ampuh Turunkan Berat Badan

Hal yang harus kamu tahu adalah diet fast 800 merupakan suatu program gaya hidup digital yang dibuat secara personal dengan menjadikan makanan sehat sebagai intinya. Disebut-sebut metode penurunan berat badan ini dapat menurunkan berat badan hingga 9,9 kilogram setiap delapan minggu.

Selain untuk menurunkan berat badan, seseorang mungkin saja berkeinginan untuk memperbaiki pola makan sehari-hari. Dengan perencanaan makan ini, setiap orang yang melakukannya dapat menyesuaikan kebiasaan gaya hidup dengan cara yang sehat dan berkelanjutan.

Menurut Dr Michael Mosley, inti dari diet fast 800 adalah memperpanjang waktu puasa pada malam hari. Diet ini dilakukan dalam 12 minggu dengan konsumsi makanan yang sangat rendah kalori. Oleh karena itu, diet ini dianggap dapat menurunkan berat badan secara substansial dan membalikkan gangguan diabetes tipe 2 pada tubuh.

Pendekatan dari diet fast 800 akan menimbulkan tantangan, serta membutuhkan tekad, perencanaan, dan fokus. Namun, hasil yang dirasakan untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan gula darah dirasa sangat tepat. Penurunan berat badan dapat mencapai 10-20 persen, tergantung dari berat awal seseorang.

Terdapat tiga tingkatan yang berbeda untuk mendapatkan hasil maksimal dalam melakukan diet fast 800. Kamu harus melakukan pembatasan 800 kalori per hari selama 12 minggu. Setelah itu, kamu akan berlanjut menerapkan metode 5:2 dan perencanaan Mediterania. Berikut penjelasannya:

Tahap 1

Pada tahap diet fast 800 ini, kamu akan mengasup makanan dan minuman sebanyak 800 kalori yang dilakukan setiap hari dalam dua minggu. Hal ini harus menyebabkan ketosis ringan yang berhubungan dengan pembakaran lemak pada tubuh.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Cepat Turunkan Berat Badan

Tahap 2

Pada tahap ini terdapat metode 5:2, yang artinya 5 hari makan sehat dan dua hari puasa. Jadi, metode 800 kalori per hari dilakukan dalam dua hari tersebut dan kamu harus puasa selama 14 jam semalaman. Saat ini, kamu disarankan mengonsumsi lebih sedikit makanan olahan dan perbanyak masak di rumah.

Beberapa makanan yang wajib kamu makan adalah perbanyak sayuran dan buah-buahan, serta biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain itu, kamu juga harus mengonsumsi ikan berlemak dan susu. Walau begitu, konsumsi gula harus benar-benar dikurangi seperti halnya dengan karbohidrat yang berasal dari tepung.

Tahap 3

Tahap terakhir dari diet fast 800 adalah perencanaan ala Mediterania untuk seseorang yang ingin menjaga kesehatan tubuhnya. Kamu telah mencapai berat badan yang kamu inginkan, maka jaga berat badan tersebut. Kamu harus mengonsumsi makanan yang rendah gula dan karbohidrat dalam jumlah yang sedikit.

Manfaat dari Diet Fast 800

Selain untuk mendapatkan berat badan yang ideal, terdapat beberapa manfaat lainnya yang dapat kamu rasakan saat menjalankan pola diet tersebut. Berikut beberapa manfaat dari diet fast 800:

  • Seseorang yang melakukan diet Mediterania mempunyai kemungkinan 30%  persen lebih rendah untuk mengalami kehilangan nyawa karena serangan jantung atau stroke. Selain itu, hal ini dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 50 persen.

  • Manfaat lainnya yang dapat terjadi adalah gangguan diabetes tipe 2 yang menyerang dapat lebih mudah untuk diatasi dengan metode ini. Dengan berat badan yang menurun, gula darah dalam tubuh lebih mudah untuk diolah.

Baca juga: Adakah Efek Samping Lakukan Intermittent Fasting?

Banyak orang yang menginginkan berat badan yang ideal dan bingung cara untuk memulainya. Maka dari itu, kamu dapat bertanya pada dokter dari Halodoc perihal metode menurunkan berat badan yang tepat. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan.

Referensi:
Good to know. Diakses pada 2020. The Fast 800 Diet explained with recipes for breakfast, lunch and dinner
The fast 800. Diakses pada 2020. Lose Weight, Stay Healthy, Live Longer