• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Diet Gluten Free, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan?

Diet Gluten Free, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Gluten adalah protein yang ditemukan di sebagian besar biji-bijian seperti jagung, beras, dan quinoa. Diet bebas gluten biasanya diadopsi oleh orang yang memiliki masalah kesehatan terkait konsumsi gluten. Selain terkait kondisi kesehatan tertentu, diet gluten dinilai baik untuk meningkatkan kesehatan, penurunan berat badan, serta meningkatkan energi. Informasi selengkapnya mengenai manfaat diet gluten bisa dibaca di sini!

Baca juga: Benarkah Diet Bebas Gluten Bisa Mengatasi Masalah Celiac?

Manfaat Diet Gluten Free

Makanan bebas gluten telah menjadi tren dan ada banyak perdebatan mengenai manfaat kesehatan dan risiko menerapkan diet gluten free. Gluten hadir di hampir semua makanan mulai dari roti dan sereal hingga makanan ringan, minuman, dan bahkan saus. 

Tadi sudah disebutkan kalau diet gluten free memang diperlukan untuk orang yang intoleransi terhadap gluten. Selain itu, diet gluten free ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaatnya!

1. Meningkatkan Energi

Orang yang memiliki sensitivitas gluten sering mengalami kelelahan kronis. Ini karena mengonsumsi produk gluten merusak usus yang pada gilirannya mengganggu penyerapan beberapa nutrisi termasuk zat besi. 

Kekurangan zat besi ini menyebabkan anemia yang menyebabkan kelelahan yang melemahkan dan intoleransi aktivitas. Beralih ke diet bebas gluten akan memberi kesempatan usus untuk sembuh dan ini akan memulihkan penyerapan nutrisi dan meningkatkan tingkat energi.

2. Berat Badan Sehat

Gejala penyakit celiac dan intoleransi gluten adalah diare, kembung, gas, dan kelelahan. Hal ini menyebabkan kekurangan nutrisi dan dalam banyak kasus, penurunan berat badan yang parah dan tidak terkontrol. Diet bebas gluten akan membantu mendapatkan kembali berat badan yang hilang serta nutrisi.

Baca juga: Inilah 7 Makanan yang Dilarang untuk Pengidap Celiac

3. Menghilangkan Kembung

Jika kamu mengidap penyakit celiac atau intoleransi gluten, kamu cenderung mengalami gas berlebih dan kembung setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Beralih ke diet bebas gluten, kamu akan melihat perbedaan langsung karena gangguan pencernaan yang kamu alami telah hilang dan perut lebih rata.

4. Mengurangi Nyeri Sendi

Penyakit seliaka dan intoleransi gluten umumnya dikaitkan dengan saluran pencernaan, tetapi efeknya dapat menjangkau lebih kompleks. Penyakit celiac menyebabkan reaksi kekebalan yang tidak normal, hal itu meningkatkan risiko peradangan. 

Baca juga: Vegetarian Memiliki Risiko Tertinggi Terkena Anemia

Inilah sebabnya pengidapnya kerap mengalami nyeri sendi, terutama di lutut, punggung, dan pergelangan tangan. Diet bebas gluten akan membantu mencegah jenis nyeri sendi ini.

5. Mengurangi Frekuensi Sakit Kepala

Usus dan otak berhubungan erat. Orang dengan intoleransi gluten dan penyakit celiac lebih mungkin mengalami sakit kepala migrain. Namun, penelitian menunjukkan bahwa beralih ke diet bebas gluten dapat membantu mengurangi frekuensi sakit kepala ini.

6. Mengurangi Depresi

Orang dengan penyakit celiac lebih mungkin mengalami depresi. Namun, peneliti menemukan bahwa mengikuti diet bebas gluten memiliki efek menguntungkan pada gejala depresi dan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang.

7. Mengurangi Toleransi Laktosa

Orang yang mengidap penyakit celiac atau intoleransi gluten sering juga menunjukkan gejala intoleransi laktosa. Ini karena lapisan usus menghasilkan enzim laktase yang memecah laktosa yang ditemukan dalam produk susu. 

Orang dengan intoleransi gluten mengalami kerusakan pada usus yang mengganggu produksi laktase. Namun, efek ini bersifat sementara, dan diet bebas gluten akan meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi atau bahkan menghilangkan gejala intoleransi laktosa.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Orang dengan penyakit celiac yang tidak terdiagnosis sering mengalami kekurangan kalsium yang parah karena malabsorbsi nutrisi. Malabsorbsi kalsium ini terkait dengan peningkatan risiko masalah tulang seperti osteoporosis dan osteopenia. Mengikuti diet bebas gluten akan membawa pada perubahan signifikan terkait kekurangan kalsium.

Jika kamu mengidap penyakit celiac atau intoleransi gluten dan butuh saran profesional medis, bisa ditanyakan langsung di Halodoc. Kamu bisa menanyakan apa saja dan dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Gluten Free Living. Diakses pada 2020. 10 Supercharged Health Benefits of Eating a Gluten-Free Diet.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gluten Free Diet.