• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Diet, Ini Kebutuhan Kalori yang Dibutuhkan Tubuh

Diet, Ini Kebutuhan Kalori yang Dibutuhkan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Diet, Ini Kebutuhan Kalori yang Dibutuhkan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan diet atau mengatur pola makan menjadi lebih sehat. Ya, diet tidak hanya untuk menurunkan berat badan, namun juga memberikan manfaat pada kesehatan kulit maupun organ tubuh lainnya. Beragam jenis diet bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan tubuh.

Baca juga: Program Diet yang Tepat Bagi Kamu yang Sibuk

Ingin cepat mendapatkan hasil yang diinginkan, banyak orang yang melakukan diet dengan cara yang salah dan hanya mengurangi porsi makan. Padahal, kondisi ini dapat menyebabkan tubuh kekurangan kalori dan mengganggu fungsi kerja tubuh. Jika dibiarkan terus-menerus, maka dapat mengakibatkan dampak buruk pada kesehatan. Ketahui kebutuhan kalori yang dibutuhkan per harinya agar proses diet berjalan dengan baik.

Ketahui Kalori yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Tentunya, menjalani diet tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Tentunya kamu harus menjalankan diet secara secara agar tubuh tidak kekurangan asupan kalori. Melansir dari Healthline, berbagai makanan sehat dapat menjadi sumber kalori bagi tubuh, seperti sayuran, buah, gandum, hingga kacang-kacangan. 

Tubuh membutuhkan asupan kalori untuk menjalankan fungsi tubuh menjadi optimal. Untuk itu, per harinya setiap wanita membutuhkan sekitar 2000 kalori, sedangkan pria 2500 kalori per harinya. Hal ini disesuaikan kembali dengan usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Baca juga: Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

Laki-laki membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan wanita. Selain itu, seseorang yang memiliki aktivitas lebih padat membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan orang yang tidak memiliki aktivitas padat. Namun, apa pun keinginan saat melakukan diet, ketahui dengan tepat jumlah asupan kalori yang seharusnya kamu konsumsi setiap harinya melansir dari Web MD:

  1. Untuk menjaga berat badan yang kamu miliki saat ini, sebaiknya penuhi kebutuhan kalori per hari. Bagi wanita penuhi kebutuhan 1.800-2.000 kalori, sedangkan pria, 2.400-2.600 kalori per hari. Tentunya, kekurangan kalori membuat berat badan turun sedangkan kelebihan kalori akan menyebabkan kenaikan berat badan.
  2. Untuk menurunkan berat badan, tiap individu disarankan untuk mengurangi 500 kalori yang dibutuhkan per hari. Menurut Michelle Davenport, ahli nutrisi dari California, AS, saat menjalani proses diet, wanita yang aktif membutuhkan minimal 1.200-1.400 kalori per hari. Hal ini perlu dilakukan agar kesehatan tubuh tetap optimal dan terhindar dari berbagai dampak dari kekurangan kalori.
  3. Selain menurunkan berat badan, kamu juga harus tahu cara yang tepat untuk menaikkan berat badan. Kamu harus tahu terlebih dahulu apa penyebab kamu mengalami kekurangan berat badan atau underweight. Jika underweight disebabkan karena kekurangan nutrisi dan gizi tentunya hal ini perlu diatasi bersama dokter maupun ahli nutrisi. Jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter untuk mengatasi kekurangan berat badan yang kamu alami.

Itulah ulasan mengenai kalori yang dibutuhkan selama menjalani diet. Tidak ada salahnya untuk selalu mencari tahu jenis diet yang akan kamu lakukan agar kalori dalam tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

Sebaiknya hindari kekurangan kalori yang ekstrem pada tubuh. Asupan kalori yang sangat rendah biasanya berkisar pada angka 800-1000 kalori per harinya. Kondisi ini yang tidak segera diatasi dapat berdampak buruk pada kesehatan, meningkatkan risiko sembelit, diare, hingga mengalami kelelahan terus-menerus. 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. How Many Calories Do You Really Need
Women’s Health. Diakses pada 2020. How Many Calories Do You Need While Dieting?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. What’s a Good Way To Gain Weight if You’re Underweight?
Healthline. Diakses pada 2020. How Many Calories Should You Eat per Day to Lose Weight?
Healthline. Diakses pada 2020. Balanced Diet