• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Diet Kentang Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini Caranya

Diet Kentang Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini Caranya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Saat ini, banyak sekali jenis diet yang efektif untuk menurunkan berat badan. Kalau kamu salah satu orang yang sedang ingin menurunkan berat badan tapi tetap ingin mengonsumsi karbohidrat, mungkin kamu bisa mencoba teknik diet kentang. Banyak orang yang menganggap kalau diet untuk menurunkan berat badan harus menghindari karbohidrat. Padahal tidak demikian, karbohidrat tetap dibutuhkan oleh tubuh sebagai pasokan energi saat kamu menjalani diet. 

Diet kentang dinilai mampu menurunkan berat badan hingga satu pon atau sekitar 0,45 kg sehari dengan hanya makan kentang polos. Selain efektif menurunkan berat badan, kentang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan usus dan memberikan banyak nutrisi supaya kamu tetap berenergi saat menurunkan berat badan.

Baca juga: Turun Berat Badan Tanpa Merasa Diet, Lakukan Hal Ini

Cara Melakukan Diet Kentang

Diet kentang termasuk jenis diet yang sederhana dan mudah dilakukan. Berikut beberapa aturan yang perlu kamu ketahui saat ingin menjalani diet kentang:

  • Hanya mengonsumsi kentang sudah dimasak. 
  • Konsumsi kentang selama tiga sampai lima hari.
  • Konsumsi kentang sebanyak 0,9–2,3 kg kentang setiap hari.
  • Jangan menambahkan kentang dengan makanan lain, termasuk bumbu dan topping, seperti saus tomat, mentega, krim asam, dan keju.
  • Kamu boleh menambahkan garam, tapi sebisa mungkin hindari menggunakannya. 
  • Hanya minum hanya air putih, teh atau kopi tanpa gula selama diet.
  • Hindari melakukan olahraga berat dan rutin berolahraga ringan.
  • Jika diharuskan minum obat, minum obat biasa seperti yang sudah diresepkan oleh dokter. Namun, hindari penggunaan suplemen makanan yang tidak diresepkan.

Hal lain yang wajib kamu perhatikan adalah cara memasak kentang yang akan dikonsumsi. Hindari menggoreng kentang atau kentang yang diproses secara berlebihan. Merebus atau mengukus kentang adalah cara yang paling baik untuk mengolahnya. 

Seberapa Efektif Diet Kentang Ampuh Menurunkan Berat Badan?

Sejauh ini, belum ada studi khusus terkait diet kentang yang dapat menurunkan berat badan hanya karena kalorinya sangat rendah. Namun, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa hampir semua jenis diet yang membatasi kalori mampu menurunkan berat badan. 

Meskipun mengonsumsi 2–5 0,9–2,3 kilogram kentang setiap hari kelihatannya banyak, nyatanya jumlah kalori yang kamu dapatkan hanya berkisar 530–1.300 kalori. Jumlah tersebut jauh lebih sedikit daripada rata-rata asupan harian orang dewasa.

Baca juga: Begini Tips Agar Konsisten saat Diet

Menariknya, kentang mengandung senyawa proteinase inhibitor 2 yang membantu mengurangi rasa lapar dengan memperlambat pencernaan. Melansir dari Healthline, satu studi menemukan bahwa tikus yang diobati dengan senyawa kentang ini mengonsumsi lebih sedikit makanan secara signifikan dan kehilangan lebih banyak berat badan dibandingkan dengan tikus yang tidak diobati. Namun, efek ini belum dipelajari pada manusia.

Meskipun diet kentang mungkin efektif untuk menurunkan berat badan dalam jangka pendek, diet ini bukanlah solusi jangka panjang. Kentang memang mengandung banyak nutrisi, tetapi tidak mengandung semua nutrisi yang kamu butuhkan untuk menjaga kesehatan secara optimal. Selain itu, diet sangat rendah kalori terbukti memperlambat metabolisme dan menurunkan massa otot. 

Baca juga: Cara Mencegah Makan Berlebihan saat Harus Selalu di Rumah

Bila kamu mengidap penyakit tertentu namun ingin mencoba teknik diet ini, sebaiknya bicarakan dengan dokter terlebih dahulu. Kamu dapat menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk bertanya terkait hal ini. Hanya dengan smartphone yang kamu punya, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Potato Diet Review: Does It Work for Weight Loss?.
Origins Medicine. Diakses pada 2020. Potatoes for gut health and weight loss: The Potato Hack.