• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Diet Keto dan Vegan, Lebih Baik Mana?

Diet Keto dan Vegan, Lebih Baik Mana?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Kamu pasti tahu ada banyak sekali jenis diet yang bisa kamu jalani untuk mendapatkan berat badan optimal. Mulai dari diet keto, mediterania, hingga diet ala vegan yang hanya mengonsumsi sayur dan buah tanpa mengonsumsi daging. Nah, diet keto dan vegan memang menjadi pilihan yang diminati oleh masyarakat di seluruh dunia. Namun, di antara keduanya, manakah yang lebih efektif dan baik untuk pola hidup yang lebih sehat?

Sebenarnya, semua jenis diet itu baik dijalankan. Namun, kamu juga perlu tahu, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menjalani pola diet pilihan. Seperti misalnya, kamu harus mengetahui bagaimana riwayat kesehatanmu, apakah ada obat-obatan yang kamu konsumsi dan bisa memengaruhi pola diet yang kamu jalani nantinya. Tidak boleh asal, karena ini justru bisa membuat diet kamu gagal, pun tubuh malah terserang penyakit. 

Diet Keto dan Vegan, Lebih Baik Mana?

Diet vegan memang mengedepankan seseorang untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah. Sementara diet keto mengklaim bisa membakar kalori dan lemak tubuh lebih banyak dibandingkan dengan jenis diet lainnya. Namun, diet tidak hanya sebatas mendapatkan berat badan ideal, tetapi juga bagaimana kamu menjalani pola makan yang baik untuk mendapatkan tubuh yang proporsional. 

Baca juga: Didik Anak dengan Diet Keto, Bolehkah?

Diet keto dijalani dengan mengurangi asupan karbohidrat harian dan menggantinya dengan asupan lemak yang terbilang tinggi. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan karbohidrat, maka lemak akan dipecah menjadi sumber energi cadangan. Pembakaran lemak akan menjadi keton yang kemudian disimpan di dalam organ hati. Proses ini dikenal dengan istilah ketosis. Menjalani diet keto berarti kamu menggunakan lemak sebagai energi, sehingga lemak tubuh pun perlahan akan berkurang. 

Sementara diet vegan sendiri memang membatasi asupan makanan hanya berpusat pada makanan sehat, seperti sayur dan buah. Namun, ternyata ada beberapa jenis diet keto yang perlu kamu pahami, karena ada satu jenis diet vegan yang membuat kamu masih bisa mengonsumsi daging, yaitu flexitarian. Namun, jika kamu memang pure sebagai vegan, kamu memang tidak mengonsumsi makanan hewani dalam bentuk apa pun, bahkan telur sekalipun. 

Baca juga: 5 Fakta yang Harus Diketahui tentang Diet Keto

Lalu, manakah di antara keduanya yang bisa membuat tubuh lebih sehat dan berat badan menjadi lebih ideal? Ternyata, jenis diet yang lebih baik untuk menurunkan berat badan adalah diet yang mengurangi asupan karbohidrat. Jadi, dalam hal ini, diet keto diusung lebih baik daripada diet vegan. Memang, keduanya mampu menurunkan berat badan, tetapi diet keto dianggap lebih efektif dalam membakar lemak, memelihara massa otot, hingga mengurangi terjadinya sejumlah penyakit. 

Pasalnya, diet keto membuat asupan karbohidrat yang masuk ke tubuh kamu menjadi lebih sedikit. Kamu akan menggantinya dengan sumber protein yang akan membuat rasa kenyang singgah lebih lama. Selain itu, lemak tubuh yang terbakar menjadi energi cadangan pun lebih banyak sebagai dampak dari asupan karbohidrat ke tubuh yang berkurang. 

Baca juga: Turunkan Berat Badan Tanpa Merasa Diet, Lakukan Hal Ini

Namun, tentu saja kamu perlu bertanya lebih jauh lagi langsung pada pakar diet yang tepat. Coba gunakan aplikasi Halodoc, karena melalui aplikasi ini, kamu akan mendapatkan informasi kesehatan langsung dari ahlinya, bukan asal cari dan menemukan jawabannya. Kamu bisa bertanya pada dokter sesuai dengan bidangnya, tinggal pilih menu Tanya Dokter dan pilih saja spesifikasinya. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2019. Keto Diet vs. Vegan Diet: Is One Better for Weight Loss?
Women's Health. Diakses pada 2019. What’s Better for Weight Loss: A Vegan Diet or Keto?
NDTV. Diakses pada 2019. Keto or Vegan? Expert Advice on Which Diet is the Better One for Weight Loss.