Dikira Sehat, 4 Makanan Ini Bisa Berbahaya untuk Tubuh (Bagian 2)

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Dikira Sehat, 4 Makanan Ini Bisa Berbahaya untuk Tubuh (Bagian 2)

Halodoc, Jakarta - Tubuh manusia membutuhkan asupan makanan yang akan diubah menjadi energi agar kamu mempunyai tenaga untuk beraktivitas. Banyak asupan yang harus kamu penuhi setiap hari terhadap tubuh. Namun, mungkin saja makanan yang kamu lihat sehat ternyata dapat memberi dampak buruk terhadap kesehatan.

Makanan berbahaya tersebut memang terlihat dapat memberi kebugaran bagi tubuh dan memenuhi kebutuhan kalori sehari-hari. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berbahaya tersebut, penyakit mungkin akan datang menyerang. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat berbahaya bagi tubuh!

Baca juga: 5 Makanan yang Berbahaya bagi Kesehatan Otak

Makanan Berbahaya yang Dikira Sehat untuk Tubuh

Semua orang pasti ingin tetap sehat dengan cara menjaga pola makan dan makanan yang diasup. Ternyata, makanan yang kamu asup mungkin saja dapat menyebabkan hal yang berbahaya dalam waktu yang lama. Beberapa penyakit yang parah dapat terjadi seiring berjalannya waktu.

Padahal, kamu merasa makanan yang dikonsumsi tersebut sudah terbilang sehat. Ketidaktahuan ini yang memang seiring berjalannya waktu menjadi bom waktu yang akan meledak kapan pun di masa mendatang. Untuk itu, kamu harus tahu makanan yang berbahaya bagi tubuh agar kamu menguranginya. Berikut daftarnya:

  1. Saus Salad Rendah Lemak

Salah satu makanan berbahaya bagi tubuh yang ternyata tidak sehat adalah saus salad rendah lemak. Hal tersebut disebabkan oleh sumber gula dan garam yang tersembunyi di dalam kandungan tersebut. Penumpukan tersebut dapat berbahaya bagi jantung.

Ketika lemak dihilangkan, gula umumnya akan ditambahkan untuk mempertahankan rasa dan tekstur. Makanan yang rendah lemak atau kalori belum tentu menyehatkan bagi tubuh. Maka dari itu, lebih baik kamu mengonsumsi salad tersebut tanpa campuran sausnya meski rasanya agak hambar.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait makanan yang berbahaya bagi tubuh, dokter dari Halodoc siap membantu. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi tersebut. Mudah bukan?

Baca juga: Sadar Atau Tidak, 5 Makanan Lebaran Ini Berbahaya Tidak Baik untuk Kesehatan

  1. Camilan Bebas Lemak

Makanan berbahaya lainnya yang dapat memberi dampak buruk bagi tubuh adalah camilan yang tertulis bebas lemak. Makanan tersebut digadang-gadang dapat menurunkan berat badan dan mempertahankan gaya hidup yang lebih sehat. Padahal, kenyataannya tidak sesuai dengan iklan yang kamu tonton.

Hal yang perlu kamu tahu adalah kebanyakan produk yang tertulis bebas lemak, kandungan di dalamnya akan digantikan dengan gula. Maka dari itu, sangat penting untuk melihat berapa banyak kandungan gula yang terkandung pada label makanan. Selain itu, banyak alternatif lain yang masih menyehatkan.

  1. Jus Sayuran Hijau

Jenis lainnya makanan berbahaya yang memberi dampak buruk pada tubuh kamu adalah jus sayuran hijau. Hal tersebut terjadi karena porsi yang berlebih saat kamu meminumnya. Sebagian besar botol yang disuguhkan setelah pemesanan umumnya terdiri dari dua porsi atau lebih menjadi satu. Maka dari itu, kalori dan gula juga akan lebih banyak dalam satu kali minum.

Baca juga: Hati-hati, Makanan Sehat Ini Ternyata Bisa Berbahaya

  1. Caper

Salah satu biji-bijian berwarna hijau yang banyak orang sangka menyehatkan ternyata memberi dampak buruk bagi tubuh adalah caper. Makanan ini tidak mengandung kalori, tetapi dapat meningkatkan natrium di dalam tubuh. Umumnya, biji ini diasamkan dengan air garam asin, sehingga mengonsumsi satu sendok makan saja mengandung 400 miligram sodium.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 40 Worst Foods for Your Heart, According to Cardiologists and Dietitians