Dikonsumsi Saat Sahur, Bisakah Sayur Bikin Kenyang Lebih Lama?

manfaat sayur saat sahur

Halodoc, Jakarta - Serat tinggi yang terkandung dalam sayur akan membuat kamu kenyang lebih lama. Karena kenyang, kamu akan terhindar dari keinginan untuk makan camilan atau makan makanan yang tidak sehat. Serat mengandung kalori dalam jumlah rendah, sehingga enggak akan membuat seseorang jadi gemuk walaupun dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Jadi, jangan takut mengalami obesitas jika terlalu banyak mengonsumsi sayur. Nah, selain bisa bikin kenyang lebih lama, berikut manfaat lainnya dari sayur yang dikonsumsi saat sahur.

Baca juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Jika Berolahraga Saat Puasa

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kamu perlu mengonsumsi banyak sayur, saat berpuasa atau tidak, agar pencernaan kamu lancar. Apalagi saat berpuasa, seseorang akan mengalami perubahan pola makan. Hal ini bisa saja jadi pemicu terjadinya sembelit atau susah buang air besar, karena metabolisme tubuh akan menjadi lambat karena asupan yang masuk ke dalam tubuh hanya sedikit.

Nah, dengan mengonsumsi sayur yang mengandung serat tinggi, dinding usus lebih mengembang karena sayur meningkatkan kemampuan gerak peristaltik usus. Kondisi ini akan membuat sisa makanan tercerna dengan mudah dan tidak mengendap terlalu lama di dalam usus. Selain itu, serat juga bisa meningkatkan berat dan ukuran feses karena ia menyerap air, sehingga membuat feses jadi lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan.

Dengan demikian, mengonsumsi banyak sayur saat sahur bisa mencegah kamu mengalami konstipasi selama bulan puasa. Sayur yang baik untuk menjaga pencernaan adalah sayur berwarna hijau, seperti bayam, daun selada, brokoli, dan lain-lain.

Baca juga: Rentan Dehidrasi, Haruskah Olahraga Saat Puasa?

  • Membantu Menjaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

Berpuasa dapat membuat tubuh dehidrasi. Maka dari itu, mengonsumsi sayur saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, karena sayur memiliki banyak kandungan air. Jangan lupa untuk minum dengan pola delapan gelas setiap hari untuk menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik. Tiga gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan dua gelas sebelum tidur.

  • Sayur Menjaga Stamina Tubuh saat Puasa

Kamu bisa memilih sayur dengan kandungan air tinggi, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Serat dalam sayur dan buah bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh, sehingga stamina tubuh tetap terjaga. Selain itu, dengan mengonsumsi sayur, maka kebutuhan tubuh akan karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat akan terpenuhi. Badan pun akan terasa bugar pada siang hari.

Karbohidrat merupakan energi utama bagi tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat saat sahur diperlukan untuk membantu melepaskan energi secara perlahan, sehingga energi dalam tubuh tidak cepat habis dan kamu bisa kenyang lebih lama. Selain karbohidrat, protein juga sangat diperlukan tubuh. Untuk itu kamu bisa konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan, daging, serta telur saat sahur dan berbuka.

Baca juga: 5 Tips Olahraga Saat Puasa

Untuk menjaga tubuh kamu saat berpuasa, kuncinya adalah makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Selain itu, jangan lupa untuk tidur dengan cukup untuk menjaga tubuh kamu agar tetap fit, ya! Jika kamu mempunyai masalah kesehatan saat menjalani ibadah puasa, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!