• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Disebut Hormon Cinta, Ini Fungsi Hormon Oksitosin dalam Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Disebut Hormon Cinta, Ini Fungsi Hormon Oksitosin dalam Tubuh

Disebut Hormon Cinta, Ini Fungsi Hormon Oksitosin dalam Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 November 2022

“Dikenal sebagai hormon cinta, ada berbagai fungsi hormon ini dalam tubuh. Seperti misalnya, merangsang kontraksi saat persalinan hingga meningkatkan ikatan emosional antara orang tua dan anak.”

Disebut Hormon Cinta, Ini Fungsi Hormon Oksitosin dalam TubuhDisebut Hormon Cinta, Ini Fungsi Hormon Oksitosin dalam Tubuh

Halodoc, Jakarta – Oksitosin adalah hormon kuat yang bertindak sebagai neurotransmitter pada otak. Hormon ini diproduksi pada bagian hipotalamus yang kemudian dikeluarkan melalui kelenjar pituitari. Hormon ini juga dikenal sebagai hormon cinta karena berkaitan langsung dengan proses reproduksi, persalinan, hingga menyusui.

Tidak ada salahnya mengetahui berbagai fungsi hormon oksitosin dalam tubuh agar kamu mampu untuk menjaga produksi hormon ini dengan baik. Selain itu, ada juga berbagai hal yang bisa membantu kamu dalam meningkatkan hormon oksitosin dalam tubuh, berikut ulasannya!

Inilah Fungsi Hormon Oksitosin

Ada dua fungsi utama dari hormon oksitosin pada wanita, yaitu untuk merangsang proses kontraksi rahim saat persalinan dan merangsang jaringan pada payudara untuk membantu menyusui setelah melahirkan.

Tidak hanya itu, oksitosin juga berfungsi untuk membawa pesan kimia di otak dan memiliki banyak peran penting yang berkaitan dengan perilaku manusia dan interaksi sosial, seperti:

  • Munculnya gairah seksual dalam tubuh.
  • Keterikatan romantis.
  • Keterbukaan, kepercayaan, hingga sikap hangat dengan orang lain.

Selain itu, hormon ini juga berkaitan langsung dengan emosi seseorang. Hormon ini mampu mengurangi tingkat stres dan gangguan kecemasan yang dialami oleh seseorang.

Hormon oksitosin yang baik dalam tubuh membuat keterikatan emosional antara orang tua dan anak menjadi lebih baik. Peningkatan hormon ini dikaitkan dengan keterlibatan pengasuhan yang penuh kasih sayang, termasuk:

  • Lebih sering melakukan pengecekan terhadap anak.
  • Sering memberikan sentuhan kasih sayang pada anak.
  • Sering melakukan komunikasi atau bernyanyi untuk anak.
  • Rutin menjaga kebersihan diri.

Tentunya kebiasaan tersebut akan membuat hubungan orang tua dan anak menjadi lebih baik lagi.

Cara Meningkatkan Hormon Oksitosin

Hormon ini dikenal sebagai hormon cinta atau hormon bahagia. Sangat mudah bagi pasangan suami istri untuk meningkatkan hormon ini dengan cara berpelukan, berciuman, hingga melakukan aktivitas seksual. Dengan begitu, ikatan emosional pasangan dapat meningkat dan semakin kuat.

Selain itu, ada berbagai cara lainnya yang bisa membantu kamu meningkatkan hormon ini, seperti:

1. Lakukan Yoga

Yoga dikenal sebagai salah satu jenis olahraga yang mampu menurunkan stres, meningkatkan kualitas tidur, hingga membuat kualitas hidup membaik. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2013, kegiatan ini pun bisa digunakan untuk meningkatkan hormon oksitosin.

2. Pijat

Kunjungilah tempat pijat profesional agar kamu bisa melakukan perawatan diri. Rutin melakukan pijat menjadi salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan hormon oksitosin. Selain itu, kesehatan fisik juga akan tetap terjaga dengan baik.

3. Ungkapkan Perasaan Sayang pada Orang Lain

Jangan lupa untuk selalu mengungkapkan perasaan dengan orang lain. Ungkapkan rasa sayang dan perhatian pada orang tua, pasangan, anak, atau teman untuk meningkatkan hormon ini. 

Kamu bisa menunjukkan rasa sayang dengan ungkapan kata atau tindakan yang membuat mereka merasa diperhatikan dan disayangi.

4. Memasak Bersama

Jika kamu ingin kegiatan yang berbeda dari biasanya, cobalah untuk memasak bersama pasangan atau teman. Nyatanya, kegiatan ini mampu membantu kamu untuk meningkatkan hormon oksitosin. 

Selain memasak, berbagi makanan dengan orang lain juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan hormon ini. 

Itulah berbagai hal yang bisa membantu kamu meningkatkan hormon ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan agar kamu terhindar dari berbagai kondisi yang bisa memicu penyakit. 

Lakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat ketika mengalami keluhan kesehatan yang tidak membaik. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Why Is Oxytocin Known as the ‘Love Hormone’? And 11 Other FAQs.
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Ways to Boost Oxytocin.