• Home
  • /
  • Disebut Presenter Introvert, Vincent Rompies Bukan Antisosial

Disebut Presenter Introvert, Vincent Rompies Bukan Antisosial

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Disebut Presenter Introvert, Vincent Rompies Bukan Antisosial

Halodoc, Jakarta - Nama pembawa acara sekaligus mantan pemain bass dari Clubeighties, Vincent Rompies, belakangan menjadi buah bibir di internet. Melalui wawancara yang dilakukan oleh Soleh Solihun di YouTube-nya, Soleh berhasil mengulik kisah hidup Vincent, yang mana ini adalah hal yang sangat jarang dilakukannya. Mulai dari masa remaja, awal kariernya sebagai musisi, hingga kini menjadi pembawa acara yang terkenal.

Uniknya, kebanyakan orang menganggap bahwa Vincent adalah pribadi yang humoris dan senang bercanda. Namun, di menit-menit awal wawancara tersebut, Vincent mengakui bahwa dirinya adalah sosok yang pemalu, introvert, dan kurang percaya diri. Bahkan, ia menyadari bahwa dirinya tidak memiliki teman dekat dan kerap merasa kesepian. Meskipun begitu, Vincent bukan pribadi yang antisosial. Faktanya, ciri kepribadian introvert dan antisosial memang berbeda. 

Baca juga: Introvert itu Pendiam, Masa sih? Ini Faktanya 

Beda Introvert dengan Gangguan Antisosial

Banyak orang keliru berpikir bahwa introvert dan antisosial adalah hal yang sama, padahal keduanya berbeda. Namun, seseorang bisa saja menjadi introvert yang juga antisosial, introvert yang tidak antisosial, atau ekstrovert antisosial. Atau ada juga pilihan tengah di antara semuanya, yaitu ambivert, yang berarti seseorang yang menunjukkan tingkah laku layaknya introvert dan ekstrovert secara seimbang.

Introvert dan kepribadian antisosial jelas memiliki perbedaan. Namun yang dibahas kali ini bukanlah gangguan kepribadian antisosial, yang ditandai dengan pola pengabaian dan pelanggaran hak-hak orang lain. Antisosial yang dimaksud di sini adalah perilaku orang-orang yang secara konsisten menghindari kehadiran orang lain.

Baca juga: Ini 5 Hal yang perlu Diketahui tentang Introvert 

Melansir artikel yang ditulis Kia Wakefield berjudul Are you an introvert or are you antisocial? yang dipublikasikan Introvert, Dear terdapat perbedaan antara introvert dan antisosial yang perlu dipahami, yaitu:

  • Kontak dengan Orang Lain. Introvert baik-baik saja dengan memulai kontak dengan orang lain. Mereka tidak segan untuk ikut makan siang bersama atau pertemuan sesekali. Mereka menikmati kebersamaan dengan orang lain, tetapi mereka perlu lebih banyak penyesuaian seperti dengan siapa mereka bertemu, berapa banyak orang, dan kapan mereka bertemu. Mereka butuh banyak waktu setelah bersosialisasi untuk mengisi energi kembali dengan menyendiri. Namun, orang yang antisosial tidak mau menelepon atau mengirim pesan teks karena mereka menghindari memulai kontak dengan siapa pun. Mereka juga kerap menolak saat diajak menghabiskan waktu bersama.

  • Cara Berkomunikasi. Faktanya, banyak introvert memiliki keterampilan sosial yang hebat, seperti halnya Vincent Rompies. Mereka tertarik pada percakapan tentang ide-ide abstrak dan filosofis. Mereka tidak suka obrolan ringan dan lebih suka percakapan yang membina hubungan yang mendalam. Namun, orang yang antisosial lebih sering terlihat abrasif dan tidak ramah.

  • Memaknai Persahabatan. Pemaknaan persahabatan adalah cara lain untuk memahami perbedaan introvert atau antisosial. Bagi orang introvert, persahabatan adalah kunci untuk menjalani kehidupan yang bahagia. Mereka selektif dalam memilih pertemanan dan tidak membutuhkan waktu sosial sebanyak ekstrovert. Berbeda dengan antisosial, mereka tidak melihat persahabatan sebagai keharusan. Mereka lebih suka dibiarkan sendiri, hanya berinteraksi dengan orang lain ketika itu benar-benar diperlukan.

Baca juga: Kapan Karakter Anak Introvert dan Ekstrovert Terlihat?

Nah, itu sekilas informasi terkait perbedaan antara introvert dan antisosial. Namun, perlu digarisbawahi di sini bahwa saat kamu mengalami masalah psikologis, intervensi dari orang lain seperti psikolog adalah sebuah keharusan. Mereka membantu kamu dalam menjaga kesehatan mental. Kini supaya lebih praktis pun, kamu bisa pergi ke rumah sakit dan buat janji dengan psikolog sebelumnya langsung melalui aplikasi Halodoc

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. Introversion.
Introvert, Dear. Diakses pada 2020. Are You an Introvert or Are You Antisocial?