• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Efektif Atasi Diare, Ini 9 Manfaat Buah Salam bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Efektif Atasi Diare, Ini 9 Manfaat Buah Salam bagi Kesehatan

Efektif Atasi Diare, Ini 9 Manfaat Buah Salam bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Desember 2022

"Selain daunnya, buah salam juga memiliki manfaat kesehatan, salah satunya mengatasi diare. Sifat antiseptiknya mampu membunuh bakteri dan parasit penyebab diare."

Efektif Atasi Diare, Ini 9 Manfaat Buah Salam bagi KesehatanEfektif Atasi Diare, Ini 9 Manfaat Buah Salam bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Buah salam termasuk buah-buahan yang jarang diketahui di Indonesia. Umumnya, kalau mendengar salam, yang familiar adalah daunnya karena sering digunakan sebagai bumbu masakan. Nah, bagian buahnya ternyata kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan obat tradisional, lho!

Minum rebusan air buah salam sebanyak tiga kali sehari diyakini bisa mengobati diare. Kandungan asam lauratnya berfungsi sebagai antiseptik yang mampu membasmi bakteri dan parasit penyebab diare. 

Berbagai Manfaat Buah Salam

Selain diare, berikut sederet manfaat buah salam lainnya:

1. Obat radang

Radang tenggorokan terasa nyeri sehingga menyulitkan seseorang untuk menelan. Nah, buah salam ternyata bisa menjadi alternatif pengobatan tradisional untuk menangani kondisi ini. Sifat anti bakterinya dapat membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Kamu bisa memakan buahnya langsung untuk mendapatkan manfaat ini. 

2. Mengelola diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis dan bisa memburuk seiring waktu. Itu sebabnya, pengidapnya kudu mengontrol pola makan seperti diet karbo dan berhenti mengkonsumsi makanan manis. Nah, buah salam termasuk buah-buahan yang aman karena minim kandungan glukosanya. Malahan, kandungan antioksidan dalam buah ini membantu merangsang hormone insulin sehingga kadar glukosa lebih terkontrol.

3. Mengobati asam urat

Buah salam juga bisa mengurangi efek gejala asam urat, terutama saat kondisinya kambuh. Lagi-lagi kandungan antioksidannya yang membantu mengobati asam urat. Rebus buah salam, lalu minum airnya untuk mendapatkan manfaat ini. 

4. Obat maag

Ketidakseimbangan bakteri dalam saluran cerna bisa memicu asam lambung. Buah salam mengandung sifat antibakteri sehingga bisa membasmi bakteri jahat yang ada di dalam lambung. Dengan demikian, gejala naiknya asam lambung bisa teratasi. Kamu bisa mengonsumsi buahnya langsung atau meminum air rebusannya untuk memperoleh khasiat ini. 

5. Mengatasi kolesterol 

Antioksidan yang terdapat pada buah salam mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini bermanfaat bagi seseorang yang sering mengalami kenaikan kadar kolesterol. Jangan sepelekan naiknya kadar kolesterol karena bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Mulai dari hipertensi, penyakit jantung sampai stroke.    

6. Menjaga kesehatan

Buah sama mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata maupun mencegah gangguan mata. Konsumsi buah ini secara rutin untuk merasakan khasiatnya.    

7. Memperlancar aliran darah 

Sering kram dan kesemutan adalah tanda kalau aliran darah sedang tidak lancar. Sebab, kandungan antioksidan dalam buah ini bisa memperlancar aliran darah. 

8. Mengatasi sembelit

Mengonsumsi buah salam secara rutin juga bisa mengatasi sembelit alias susah BAB.  Kandungan seratnya berfungsi meningkatkan pergerakan usus dan melunakan tinja sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Kamu perlu mengonsumsi buahnya secara langsung untuk mendapatkan manfaat ini. 

Punya keluhan kesehatan? Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
SF Gate. Diakses pada 2022. Do Bay Trees Produce Berries?
Drugs.com. Diakses pada 2022. Bayberry.
WebMD. Diakses pada 2022. Bayberry – Uses, Side Effects, and More.