• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Efektifkah Mengatasi Vertigo dengan Minum Air Jahe?

Efektifkah Mengatasi Vertigo dengan Minum Air Jahe?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan istilah vertigo. Bagi seseorang yang pernah mengalaminya, sensasi rasa berputar di sekelilingnya pasti sudah bisa dibayangkan. Hal tersebut akan membuat pengidapnya sulit untuk bekerja dan beraktivitas seperti biasa. Jangankan untuk beraktivitas, untuk beristirahat saja rasanya sungguh tidak nyaman. Bukan hanya terjadi dalam beberapa menit atau jam saja, vertigo dalam kasus yang parah bisa terjadi terjadi selama beberapa hari.

Vertigo merupakan kondisi yang muncul karena berbagai hal. Pada beberapa kasus, vertigo terjadi karena seseorang mengidap infeksi virus atau bakteri yang menyerang telinga bagian dalam. Infeksi tersebut kemudian memicu timbulnya peradangan. Pada kasus yang lain, vertigo menjadi pertanda adanya sejumlah penyakit berbahaya, seperti multiple sclerosis, tumor, stroke, dan perdarahan otak. Lantas, apakah gejala vertigo yang muncul dapat diatasi dengan air jahe?

Baca juga: Kenali Tanda dan Penyebab Vertigo Berikut Ini

Begini Skema Air Jahe Mampu Mengatasi Vertigo

Terkadang gejala vertigo tidak bisa mereda hanya dengan mengonsumsi obat-obatan dari dokter. Jika setelah mengonsumsi obat yang telah diresepkan dan gejala yang dialami tidak juga membaik, kamu bisa meringankan dengan bahan sederhana. Jahe salah satunya. Jahe bukan hanya ampuh dalam mengatasi mual, muntah-muntah, dan pusing saja, tetapi juga dapat melancarkan peredaran darah menuju otak.

Saat otak mendapatkan suplai oksigen yang cukup dari darah, maka gejala vertigo dapat diatasi dengan baik. Jika vertigo disebabkan karena adanya infeksi virus atau bakteri, jahe berperan sebagai anti radang yang dapat menyembuhkan dengan lebih cepat. Mengatasi vertigo dengan menggunakan jahe dapat dilakukan dengan menyeduh akar jahe atau jahe bubuk dengan air hangat atau teh.

Untuk mendapatkan rasa yang lebih, kamu bisa menambahkan daun mint dalam seduhan guna mengurangi rasa mual akibat sensasi rasa berputar yang muncul. Jahe bukan hanya berperan dalam mengatasi peradangan saja, tetapi juga mampu mencegah dehidrasi yang dapat memperparah gejala vertigo. Untuk lebih jelas mengenai manfaat jahe dalam mengatasi vertigo, kamu bisa mendiskusikan hal ini dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Baca juga: Hati-Hati, 7 Kebiasaan Ini Dapat Memicu Vertigo

Rempah Lain yang Mampu Mengatasi Vertigo

Perlu kamu ketahui bahwa gejala vertigo yang muncul bukan hanya sensasi rasa berputar saja. Gejala yang muncul juga akan berbeda-beda pada setiap orang. Umumnya gejala akan ditandai dengan beberapa hal berikut ini:

  • Keringat dingin.
  • Telinga berdenging.
  • Gangguan penglihatan.
  • Gangguan pendengaran.
  • Tidak mampu menjaga keseimbangan tubuh.
  • Mual dan muntah-muntah karena pusing.
  • Gerakan mata yang tidak wajar.

Saat gejala muncul sangat parah dan tidak dapat ditahan, pengidap bisa saja kehilangan kesadaran dan pingsan. Untuk mengatasi vertigo, bukan hanya jahe saja yang memiliki manfaat tersebut. Berikut ini sejumlah rempah-rempah yang juga dapat mengatasi vertigo:

  • Ginkgo Biloba

Rempah yang satu ini mampu melancarkan peredaran darah menuju kepala, otak, dan telinga bagian dalam. Selain itu, tanaman herbal yang satu ini kaya akan antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel serta saraf otak. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menyeduh daun ginkgo biloba kering dengan bersama dengan daun teh dalam air hangat.

  • Lada Merah

Lada merah kaya akan kandungan capsaicin yang mampu menyeimbangkan trombosit dalam tubuh. Bukan itu saja, kandungan tersebut juga dapat melancarkan aliran darah menuju otak dan telinga bagian dalam. Dengan begitu, sakit kepala akibat vertigo dapat diatasi. Untuk mendapatkan manfaatnya, lada merah bisa diolah sebagai bumbu masakan atau mencampurnya dengan air lemon.

  • Ketumbar

Ketumbar berguna sebagai anti radang yang mampu melawan infeksi virus atau bakteri penyebab vertigo. Bukan itu saja, ketumbar juga kaya akan zat besi yang dapat membantu menambah dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Baca juga: Ketahui Bahaya yang Disebabkan oleh Vertigo

Jika kamu mengalami sejumlah reaksi alergi setelah mengonsumsinya, sebaiknya segera hentikan dan jangan konsumsi bahan tersebut. Jika sejumlah bahan tersebut tidak mampu meredakan vertigo yang kamu alami, segera temui dokter di rumah sakit terdekat.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Vertigo.
Healthfully. Diakses pada 2020. Herbs for Vertigo.
Dr. Emily Kane. Diakses pada 2020. Vertigo: Natural Treatment.