• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Endovenous Laser Treatment (EVLT) untuk Mengatasi Varises

Endovenous Laser Treatment (EVLT) untuk Mengatasi Varises

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Istilah varises merupakan kondisi yang merujuk pada pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang dipicu oleh adanya penumpukan darah dalam pembuluh tersebut. Jika sudah mengalami penumpukan darah, pembuluh akan tampak berwarna gelap, membengkak, dan menonjol. Kondisi ini paling sering terjadi pada area tungkai, terutama betis. 

Varises yang terjadi pada area tungkai lebih banyak dialami oleh wanita ketimbang pria. Penumpukan darah dalam pembuluh tersebut juga dapat terjadi karena pertambahan usia, obesitas, faktor keturunan, serta sering berdiri dalam waktu yang lama. Lantas, apakah endovenous laser treatment (EVLT) dapat mengatasi varises? Berikut penjelasan selengkapnya!

Baca juga: Kenali VenaSeal, Pengobatan untuk Mengatasi Varises


Mengatasi Varises dengan Endovenous Laser Treatment (EVLT)

Semakin hari, pengobatan varises memiliki metode pengobatan yang efektif dan memiliki banyak kelebihan. Nah, salah satu metode pengobatan varises yang baru ditemukan adalah endovenous laser treatment (EVLT). Metode ini dilakukan dengan menggunakan laser yang ditembakkan ke pembuluh darah yang mengalami penumpukan darah. Laser tersebut kemudian akan melancarkan aliran darah dengan memecah penumpukan darah dalam pembuluh tersebut.

Baca juga: Ketahui Cara Menghilangkan Varises Secara Alami


Bagaimana Cara Kerja Endovenous Laser Treatment (EVLT)?

Sebelum tindakan dilakukan, dokter akan menjelaskan secara rinci apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan prosedur ini, serta kemungkinan komplikasi apa yang bisa saja terjadi. Peserta juga diwajibkan untuk memberitahu mengenai kondisi kesehatan yang tengah mereka alami. Apakah mereka menggunakan obat pengencer darah atau tengah mengidap alergi tertentu.

Perawatan endovenous laser treatment (EVLT) dilakukan menggunakan pencitraan seperti ultrasound untuk memeriksa vena. Bagi pengidap alergi zat kontras, disarankan untuk memberitahu dokter terlebih dulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian, berikut tindakan saat prosedur dan setelah tindakan dilakukan.

  • Proses Perawatan EVLT

Prosedur ini akan dilakukan dengan membius area tempat masuknya kateter dan ke seluruh area vena yang terpengaruh. Saat proses penyuntikan, akan ada sedikit rasa tidak nyaman. Namun setelah obat bius bereaksi, proses dapat dilanjutkan dengan rasa nyaman. 

Saat bius sudah bereaksi, dokter akan membuat sayatan kecil melalui kulit tempat di mana kateter dimasukkan. Setelah itu, kateter akan diarahkan pelan-pelan ke dalam vena yang terkena varises. Setelah sesuai pada tempatnya, dokter akan memasukkan serat laser melalui kateter yang akan menghasilkan panas di sepanjang vena.

Setelah sampai dalam tahap tersebut, kateter akan dikeluarkan, dan serat laser tersebut bekerja dengan sendirinya di dalam vena, hingga vena mengecil secara bertahap. Saat vena sudah mengecil, hal tersebut membuktikan jika darah dalam pembuluh darah tidak lagi menumpuk.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Varises selama Masa Kehamilan

  • Setelah Proses EVLT Dilakukan

Setelah prosedur selesai, luka akan dibalut dengan perban. Peserta akan diberikan petunjuk bagaimana menggunakan bebat kompresi atau perban untuk menekan kaki selama beberapa hari atau beberapa minggu pertama setelah tindakan dilakukan. Peserta akan disarankan untuk bergerak, agar sirkulasi darah dapat kembali normal dengan lebih cepat.

Segera temui dokter di rumah sakit terdekat saat kamu mengalami komplikasi setelah prosedur dilakukan, ya! Bukan hanya saat terjadi komplikasi saja, kamu juga diharuskan untuk melakukan kunjungan untuk memastikan bahwa kamu benar-benar telah pulih. Saat kunjungan, dokter akan melakukan pemeriksaan guna mengetahui apakah pembuluh vena telah mengecil atau belum.

Referensi:
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2020. Endovenous Laser Varicose Vein Surgery.
Healthline. Diakses pada 2020. Varicose Veins.