02 August 2018

Enggak Cuma Mengurangi Stres, Ini Manfaat Olahraga Bowling

bowling, manfaat bowling, Asian Games 2018

Halodoc, Jakarta - Salah satu olahraga yang berbeda dari yang lain karena terkesan sangat santai seperti sedang bermain adalah olahraga bowling. Namun jangan salah, olahraga satu ini juga akan turut dipertandingkan dalam Asian Games 2018 yang akan dilangsungkan di Jakabaring Bowling Center, Palembang.

Kesan santai dari olahraga bowling ini disebabkan oleh tempat penyelenggaraannya yang biasanya terdapat di pusat perbelanjaan besar. Untuk memainkannya pun kita harus mengeluarkan biaya, sehingga tidak semua orang akan mau secara rutin melakukan olahraga ini.

Prinsipnya dari olahraga bowling juga sangat mudah. Kita hanya diharuskan untuk menggelindingkan bola bowling di sepanjang jalur khusus dan menjatuhkan sepuluh pin bowling yang disusun berbentuk segitiga di ujung jalur. Apabila pinnya jatuh semua dalam sekali tembak, maka disebut strike. Sementara jika masih ada yang tersisa, kamu pun diberikan kesempatan lagi untuk menggelindingkan bola. Apabila pada lemparan kedua pinnya berhasil dijatuhkan semua, maka akan disebut spare. Jika masih ada juga pin yang tersisa, maka disebut dengan open frame (missed).

Karena dilakukan di ruang tertutup dan prinsipnya sangat mudah, olahraga bowling pun dapat menurunkan stres. Tidak hanya itu, beberapa manfaat olahraga bowling yang kamu wajib tahu adalah sebagai berikut:

  1. Membakar Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Olahraga ini mewajibkan kita untuk aktif bergerak, sehingga kalori dalam tubuhmu akan terbakar. Tidak hanya itu, olahraga ini juga membuat kita harus melakukan beberapa gerakan seperti membungkuk, berlari, dan mengangkat bola. Semakin banyak gerakan tercipta, maka semakin banyak juga kalori yang terbakar. Dengan begitu, berat badanmu juga akan berkurang.

Baca juga: Mau Langsing Tanpa Olahraga, Coba Trik Ini

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang terganggu biasanya disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah. Jika hal ini terus dibiarkan, bisa jadi organ-organ tubuhmu akan mengalami kekurangan asupan oksigen dan nutrisi. Nah, dengan melakukan banyak gerakan saat olahraga bowling, maka peredaran darahmu akan lebih lancar. Tubuhmu pun akan semakin sehat dan jauh dari berbagai ancaman penyakit.

  1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke biasanya disebabkan oleh gangguan pada jantung dan pembuluh darah, semisal peredaran darah yang tidak lancar. Dengan olahraga bowling, maka tubuh akan dibuat menjadi aktif bergerak. Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

  1. Melatih Koordinasi dan Konsentrasi

Manfaat olahraga bowling selanjutnya adalah mampu melatih koordinasi antara tangan dan mata kita. Koordinasi yang yang baik antara kedua bagian tubuh tersebut sangatlah penting agar lemparan bola tepat sasaran. Tidak hanya itu, agar bola tepat sasaran kita juga membutuhkan konsentrasi tubuh. Oleh sebab itu, olahraga bowling dapat membuat fokus dan kemampuan motorik kita menjadi lebih baik.

Baca juga: Mana yang Lebih Sehat: Olahraga Sendiri atau Berkelompok?

Manfaat olahraga bowling seperti di atas hanya akan bisa kamu dapatkan jika kamu melakukannya dengan benar. Meski olahraga ini terkesan santai, bukan berarti kamu dapat melewatkan pemanasan. Lakukanlah pemanasan ringan agar tubuh tidak mengalami cedera. Selain itu, karena bola bowling memiliki bobot yang cukup berat, ada baiknya agar kamu membawanya dengan menggunakan dua tangan.

Ternyata mudah bukan untuk membuat tubuh kamu menjadi sehat dan bugar? Selain bisa menyegarkan pikiran, olahraga bowling atau pun olahraga lainnya apabila dilakukan dengan rutin juga bisa membuat kesehatan kamu selalu terjaga. Nah, jika kamu memiliki masalah dengan kesehatan, kamu bisa bertanya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!