• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Enggak Hanya Sehat, Ini 3 Khasiat Masker Susu Kambing

Enggak Hanya Sehat, Ini 3 Khasiat Masker Susu Kambing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Sudah banyak orang yang tahu jika susu sapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Namun, sebenarnya bukan hanya susu sapi yang memiliki banyak manfaat. Susu kambing juga baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan susu kambing memiliki pH yang hampir sama dengan pH kulit manusia dan bertekstur ringan, sehingga membuat susu kambing lebih mudah diserap kulit dibanding susu lainnya.

Susu kambing juga memiliki banyak kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan kulit. Ditambah lagi, susu kambing mengandung protein dan vitamin yang berperan untuk menghaluskan kulit, membantu menghilangkan sel kulit mati, dan membantu proses regenerasi kulit. Susu kambing juga memiliki kandungan alpha-hydroxyl acid (AHA) yang berperan sebagai pembersih sel kulit mati, serta membantu menghilangkan jerawat dan noda.

Baca juga: Manfaat Susu Untuk Wajah dan Resep Maskernya

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat di dalam susu kambing, tak mengherankan jika banyak produsen menjadikan susu kambing sebagai bahan dasar produk kecantikannya. Salah satunya dengan menjadikan susu kambing sebagai masker wajah. Lantas, apa saja manfaat masker susu kambing yang perlu diketahui?

1. Membuat Kulit Menjadi Lebih Kenyal

Semakin bertambah usia, produksi kolagen kulit akan berkurang sehingga memengaruhi  elastisitas kulit dan berisiko memunculkan banyak tanda-tanda penuaan. Ini termasuk munculnya kulit keriput dan kulit mengendur. Itu mengapa kolagen dibutuhkan untuk membantu menghambat proses penuaan, serta meningkatkan elastisitas serta kelembaban kulit. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi susu kambing atau menggunakan masker wajah berbahan dasar susu kambing. Sebab, susu kambing mengandung vitamin C yang bisa merangsang produksi kolagen dalam tubuh.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Masker susu kambing juga bisa mencerahkan kulit, termasuk kulit wajah. Ini karena susu kambing mengandung asam laktat membuat kulit tetap terhidrasi, sehingga bisa meningkatkan kelembaban dan kecerahan kulit. Masker susu kambing juga berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam dan berjerawat, sehingga wajah tetap cerah dan bersinar.

Baca juga: 7 Jenis Susu yang Perlu Diketahui Serta Manfaatnya

3. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah kondisi kulit yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti munculnya keriput dan flek hitam di usia yang relatif masih muda. Tanda penuaan dini bisa dilihat dari adanya tanda kerut yang muncul pada bagian dahi, mata, punggung, pipi, dan tangan. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kurangnya produksi kolagen dalam tubuh akibat bertambahnya usia. Dengan menggunakan masker susu kambing, kamu bisa mencegah terjadinya penuaan dini karena susu kambing bisa merangsang produksi kolagen dalam tubuh.

Itulah tiga manfaat masker susu kambing untuk kecantikan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu perlu mengombinasikan penggunaan masker wajah dengan penerapan gaya hidup sehat. Selain mengonsumsi susu kambing secara langsung, kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengolah susu kambing menjadi masker. Atau, kamu bisa membeli produk kecantikan berbahan dasar susu kambing yang telah banyak dijual di pasaran. Misalnya, dengan membeli produk lulur, body lotion, atau sabun berbahan dasar susu kambing.

Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat susu kambing, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!