20 April 2018

Enggak Makan Daging, Jadi Vegan Bisa Lebih Sehat?

Enggak Makan Daging, Jadi Vegan Bisa Lebih Sehat?

Halodoc, Jakarta – Saat ini gaya hidup sehat mulai digemari masyarakat. Mulai dari diet sehat hingga mengatur pola makan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menjadi vegetarian. Ada 3 tipe vegetarian:

  1. Vegan adalah gaya hidup dengan mengatur pola makan tidak mengonsumsi produk hewani dan juga turunannya seperti susu dan telur.
  2. Lakto vegetarian adalah vegetarian yang masih mengonsumsi susu.
  3. Lakto Ovo Vegetarian adalah vegetarian yang masih mengonsumsi turunan dari produk hewani seperti keju, susu dan telur.

Selain menjaga kesehatan, menjadi vegetarian juga bisa meningkatkan kualitas lingkungan, lho. Namun apakah dengan tidak mengonsumsi daging, kita bisa menjadi lebih sehat?

Alasan terbanyak orang-orang beralih menjadi vegetarian adalah keinginan untuk mengurangi penyakit yang disebabkan oleh konsumsi daging merah. Selain itu ada beberapa hal positif yang akan dirasakan kesehatan tubuh kita.

 

  • Berat Badan Turun

 

Riset yang diterbitkan pada Journal of the Academy of Nutritions and Dietecs, orang yang mulai mengurangi atau tidak mengonsumsi daging bisa menurunkan berat badannya hingga 5 kilogram tanpa memiliki jadwal olahraga khusus.

 

  • Risiko Kanker Berkurang

 

Menurut WHO, beberapa daging olahan bisa menyebabkan kanker. Nah, dengan memutuskan menjadi vegetarian atau vegan, sepertinya kamu bisa mengurangi risiko penyakit kanker.

 

  • Risiko Sakit Jantung Berkurang

 

Ternyata tidak hanya penyakit kanker yang bisa dihindari dengan tidak mengonsumsi daging, risiko penyakit jantung pun akan berkurang. Ini terjadi karena tidak ada lagi nutrisi dari daging yang menyebabkan reaksi mikroba di usus yang menjadi pemacu penyakit jantung.

 

  • Mendapatkan Asupan Makanan yang Bergizi

 

Pola makan vegetarian mencegah asupan kolesterol dan lemak tinggi. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir kekurangan protein karena tidak mengonsumsi daging. Karena, protein bisa kamu dapatkan dari sumber lain seperti kedelai yang tentunya sangat aman bagi kesehatan kamu.

(Baca juga: Mau sehat dan Langsing? Perhatikan Cara Diet Vegetarian Ini)

Kamu Perlu Memperhatikan Kandungan Gizi yang Kamu Konsumsi

Menurut ahli gizi, Jaime Mass, menjadi vegetarian bukan berarti bisa menjadi lebih sehat dibanding yang bukan vegetarian. Setiap kali kamu berhenti mengonsumsi jenis makanan tertentu, tentu ada risiko bahwa kita akan kehilangan kandungan gizi dari makanan tersebut. Ini sama saja seperti kamu berlebihan mengonsumsi satu jenis makanan. Bagi vegetarian yang masih mengonsumsi turunan dari produk hewani, kamu hanya perlu memikirkan sumber asupan protein untuk tubuh kamu. Beberapa makanan pengganti daging yang bisa memenuhi protein kamu:

  1. Tahu memiliki 20 gram protein/4 buah.
  2. Tempe memiliki 31 gram protein/4 potong.
  3. Kacang merah memiliki 16 gram protein/cangkir.
  4. Edamame memiliki 11 gram protein/cangkir.
  5. Kacang polong memiliki 7,5 gram protein/cangkir.

Sedangkan bagi seorang vegan, kamu perlu memperhatikan jumlah zat besi, kalsium, vitamin B12, dan seng yang masuk ke dalam tubuh kamu. Untuk menjaga kesehatan kamu, kamu perlu mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi untuk kesehatan tubuh kamu.

Jika kamu mau mengetahui lebih banyak mengenai pola makan vegetarian, kamu bisa menghubungi dokter di aplikasi Halodoc, lho. Kamu bisa bertanya di mana saja dengan dokter melalui fitur Contact Doctor, bisa melalui Voice Call atau Video Call. Yuk, langsung saja download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.