• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Fakta Penting 94% Kematian karena COVID-19

Fakta Penting 94% Kematian karena COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Fakta Penting 94% Kematian karena COVID-19

Menurut data pemerintah, 94 persen kematian akibat COVID-19 karena belum divaksinasi. Capaian vaksinasi COVID-19 di negara kita masih di bawah 30 persen. Dari 100 orang hanya 22 orang yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Sebagian masyarakat masih ragu mendapatkan vaksin karena berbagai alasan, mulai dari faktor keamanan hingga  menunggu vaksin yang lebih baik.

Halodoc, Jakarta – Baru-baru ini Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono menyatakan bahwa 94 persen kematian diakibatkan COVID-19 karena belum divaksinasi. Fakta ini menunjukkan betapa pentingnya vaksinasi untuk mencegah infeksi COVID-19.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh World Health Organization (WHO), vaksin COVID-19 sangat penting karena dapat mengurangi risiko terinfeksi virus corona, dan mengurangi keparahan gejala, bahkan kematian ketika terinfeksi virus tersebut. Vaksin juga mencegah penyebaran virus, meningkatkan komunitas yang terlindungi, dan mencegah virus COVID-19 bereplikasi dan memungkinkan mutasi baru. Informasi selengkapnya mengenai fakta vaksinasi COVID-19 bisa dibaca di sini!

Takut dan Menunggu Vaksin yang Dianggap Lebih Baik

Angka kematian karena COVID-19 di Indonesia masih tinggi dikarenakan capaian vaksinasi coronanya masih di bawah 30 persen. Dari 100 orang hanya 22 orang yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Angka ini terbilang masih rendah ditambah lagi capaian vaksinasi Indonesia yang belum merata. Sejauh ini DKI Jakarta dan Bali yang sudah lebih unggul mendapatkan vaksinasi ketimbang daerah-daerah lain di Indonesia. 

Baca juga: Benarkah Efikasi Vaksin Pfizer Turun?

Terdapat berbagai alasan yang membuat masyarakat enggan untuk divaksin. Contohnya, ketakutan akan dampak vaksinasi, pilih-pilih jenis vaksin, melihat tingkat efikasi vaksin, hingga ketidakpercayaan akan COVID-19. 

Padahal, pemerintah telah berulang kali mengatakan bahwa vaksin COVID-19 yang tersedia saat ini aman karena telah melewati berbagai penelitian dan uji klinis. Di samping itu, Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan mengatakan, bahwa vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia. 

Fakta Keamanan Vaksin COVID-19

Buat kamu yang masih ragu dengan vaksin, berikut ini adalah penjelasan dari Centers for Disease Control and Prevention  mengenai pentingnya vaksin COVID-19, dan mengapa kamu tidak perlu khawatir untuk divaksin. 

Baca juga: Ketahui Manfaat Vaksin Booster Buat Tubuh

1. Vaksin COVID-19 aman dan efektif untuk mencegah serangan infeksi terutama yang mengakibatkan kondisi kesehatan parah dan kematian. Terbukti, angka kematian karena COVID-19 lebih besar terjadi pada yang belum mendapatkan vaksinasi. 

2. Vaksin COVID-19 mengurangi risiko orang menyebarkan virus. Ketika kamu sudah mendapatkan vaksinasi, imunitas ataupun sistem kekebalan tubuhmu meningkat sehingga kamu berpeluang lebih kecil untuk menularkannya ke orang lain. 

Seperti vaksin-vaksin pada umumnya, vaksinasi COVID-19 juga bisa memberikan efek samping. Hanya saja efek samping dari vaksin COVID-19 umumnya bersifat ringan. Contohnya seperti pegal pada bagian yang disuntik, nyeri lengan, mengantuk, hingga sakit kepala. Efek samping adalah kondisi normal yang akan hilang dalam beberapa hari.

Baca juga: Masih Bisa Terinfeksi, Ini Gejala COVID-19 Setelah Vaksin Lengkap

Selanjutnya, diperlukan waktu dua minggu setelah vaksinasi bagi tubuh untuk membangun perlindungan (kekebalan) terhadap virus penyebab COVID-19. 

Yuk, lakukan vaksinasi COVID-19 demi mencegah penularan virus corona pada orang-orang di sekitar kita. Hal yang perlu ditegaskan, meski sudah divaksin, kita tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Tujuannya, agar risiko terjangkit virus corona semakin minim. 

Nah, bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai vaksin COVID-19, atau memiliki keluhan kesehatan di tengah pandemi, bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui Halodoc. Lewat Halodoc, kamu juga bisa buat janji pemeriksaan langsung di rumah sakit tanpa harus antre.

Referensi:

Fifarma.org. Diakses pada 2021. Why do Vaccine Have Side Effects
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Key Things to Know About COVID-19 Vaccines
Kata Data.co.id. Diakses pada 2021. Kemenkes: Vaksin yang Tersedia Adalah yang Terbaik untuk Digunakan
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. COVID-19 Vaccines: Get the Facts
Tribunnews.com. Diakses pada 2021. Wamenkes: 94 Persen Kematian Pasien Covid-19 di Indonesia akibat Belum Divaksinasi