• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Fakta Seputar Vernix Caseosa pada Bayi Baru Lahir
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Fakta Seputar Vernix Caseosa pada Bayi Baru Lahir

Fakta Seputar Vernix Caseosa pada Bayi Baru Lahir

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 Januari 2022

“Kebanyakan orang menganggap vernix caseosa adalah lapisan lemak yang terbentuk pada kulit bayi akibat ibu hamil terlalu banyak makan makanan berlemak. Padahal kenyataannya, lapisan ini adalah pelindung bayi dari air yang ada di dalam rahim. Ingat, bayi di dalam kandungan ibu akan berenang selama 40 minggu, dan selama itu pula ia dilindungi oleh lapisan ini.”

Fakta Seputar Vernix Caseosa pada Bayi Baru Lahir

Halodoc, Jakarta – Kamu pernah mendengar banyak mitos yang beredar saat bayi baru lahir. Salah satunya adalah kemunculan lapisan lemak yang disebut-sebut terjadi karena kebiasaan ibu yang terlalu sering makan makanan berlemak saat hamil. Padahal, lapisan tersebut adalah vernix caseosa, yang ternyata punya banyak manfaat untuk bayi baru lahir.

Vernix caseosa adalah lapisan pelindung pada kulit bayi yang mirip, seperti lemak atau keju. Faktanya, lapisan ini berkembang di kulit bayi saat di dalam kandungan dan jejak zat ini masih muncul di kulit bayi baru lahir. Lantas, apa saja peran dari lapisan ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Fungsi Vernix Caseosa untuk Bayi

Untuk memahami peran vernix caseosa, pikirkan bagaimana kulit kamu merespons paparan air yang terlalu banyak. Setelah berenang atau mandi, tidak butuh waktu lama bagi jari dan kulit untuk keriput. Nah, cairan ini memiliki efek pelindung bagi bayi dari cairan yang ada di dalam kandungan. 

Ingat, bayi akan berenang dalam cairan ketuban selama 40 minggu. Lapisan inilah yang melindungi kulit bayi yang belum lahir dari cairan. Tanpa perlindungan ini, kulit bayi akan pecah-pecah atau berkerut di dalam rahim.

Vernix caseosa berkontribusi pada bayi yang membuat kulitnya terasa sangat lembut. Ia juga melindungi kulit bayi dari infeksi saat di dalam kandungan. Jumlah vernix caseosa pada kulit bayi akan berkurang semakin dekat dengan hari perkiraan lahir dan akan sangat normal jika bayi cukup bulan tetap memiliki zat tersebut di kulit mereka.

Namun, jika kamu melahirkan melewati hari perkiraan lahir, bayi memiliki lapisan yang lebih sedikit. Selain itu, bayi prematur cenderung memiliki lebih banyak vernix caseosa daripada bayi cukup bulan.

Manfaat Vernix Caseosa

Sebetulnya, manfaat vernix caseosa tidak terbatas pada kehamilan saja. Lapisan ini juga bermanfaat bagi bayi selama dan setelah melahirkan. Terlepas dari seberapa sedikit atau seberapa banyak zat yang tersisa di kulit bayi setelah lahir, pertimbangkan untuk menyimpan vernix caseosa di kulit bayi selama mungkin. Ini berarti kamu harus menunda mandi pertama.

Nah, beberapa manfaat vernix caseosa ini, antara lain: 

  • Bersifat Antimikroba

Bayi yang baru lahir memiliki sistem kekebalan yang rapuh yang berarti mereka lebih rentan terhadap penyakit. Menyusui akan membantu meningkatkan sistem kekebalan bayi, tetapi ini bukan satu-satunya pilihan. Lapisan ini juga dapat melindungi bayi baru lahir dari infeksi setelah lahir. Ini karena lapisan tersebut mengandung antioksidan, serta sifat anti-infeksi dan anti-inflamasi.

  • Pelicin Jalan Lahir

Lapisan ini tidak hanya menyediakan penghalang pelindung untuk cairan di dalam rahim. Ia juga dapat mengurangi gesekan saat bayi melewati jalan lahir saat melahirkan.

  • Membantu Mengatur Suhu Tubuh Bayi

Selama kehamilan, tubuh ibu memainkan peran penting dalam mengatur suhu tubuh bayi. Namun, bayi membutuhkan waktu untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri setelah lahir. Inilah mengapa penting untuk membungkus bayi dengan selimut dan menjaga suhu ruangan yang nyaman. 

Selain itu, dengan menjaga lapisan ini pada kulit bayi selama mungkin secara alami, maka ini dapat menstabilkan suhu tubuhnya.

  • Melembapkan Kulit Bayi

Lapisan ini juga berkontribusi dalam membuat kulit bayi yang lebih lembut dan halus saat lahir dan setelah melahirkan. Zat seperti keju ini merupakan pelembap alami untuk bayi, ia akan melindungi kulit mereka dari kekeringan dan pecah-pecah.

Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai vernix caseosa. Namun, jika kamu merasakan ada gejala yang mengkhawatirkan terjadi pada bayi, maka jangan tunda untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Kini kamu juga bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit menggunakan aplikasi Halodoc supaya lebih mudah. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Benefits of the Vernix Caseosa During Pregnancy and Delivery.
What to Expect. Diakses pada 2022. Vernix Caseosa: Wash It Off Baby After Birth or Rub It In?
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Is Vernix Caseosa?