23 January 2018

Fakta Soal Test Pack Kadaluwarsa

Fakta Soal Test Pack Kadaluwarsa

Halodoc, Jakarta – Fakta test pack kadaluwarsa, sudahkah kamu tahu? Salah satu cara mudah dan praktis untuk mengecek kehamilan adalah dengan menggunakan test pack. Karena itu, kebanyakan wanita akan menggunakan test pack untuk mengecek kehamilannya.

Test pack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini adalah hormon kehamilan yang akan diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim.

Tapi, pernah enggak sih kamu penasaran, apakah test pack punya tanggal kadaluwarsa? Nah, untuk menjawab rasa penasaran kamu, simak beberapa fakta tentang test pack kadaluwarsa di sini, yuk!

Test Pack Bisa Kadaluwarsa

Sama halnya dengan makanan, test pack juga punya tanggal kadaluwarsa. Jadi, sebelum digunakan, kamu perlu mengecek tanggal kadaluwarsa test pack pada bungkusnya. Karena, jika kamu menggunakan test pack lebih dari tanggal kadaluwarsa, hasilnya bisa jadi tidak akurat.

Batas Tanggal Kadaluwarsa

Tanggal kadaluwarsa test pack beragam, tergantung kapan test pack tersebut diproduksi. Namun secara umum, jangka waktu test pack layak digunakan adalah sekitar 2-3 tahun dari waktu produksinya. Jadi, jika kamu ingin membeli test pack, pastikan kamu bisa membeli test pack yang batas tanggal kadaluwarsanya 6 bulan atau lebih dari waktu kamu membeli.

Test Pack Menjadi Tidak Akurat

Secara umum, test pack mempunyai keakuratan sebesar 97-99 persen. Namun, jika kamu menggunakan test pack kadaluwarsa, keakuratan test pack menjadi berkurang. Penggunaan test pack kadaluwarsa dapat memberikan hasil negatif palsu atau posisitif palsu. Saat test pack memasuki masa kadaluwarsa, bahan kimia yang berperan mendeteksi kadar hCG pada urine mulai kehilangan sensitivitasnya. Akibatnya, hasil yang ditunjukkan bisa keliru. Jadi, pastikan untuk selalu mengecek tanggal kadaluwarsa test pack sebelum kamu menggunakannya, ya.

Perlu Dilakukan Cek Ulang

Jika kamu sudah menyadari bahwa test pack yang digunakan sudah kadaluwarsa, maka, kamu tidak bisa bergantung pada hasil yang ditunjukkan pada alat tersebut. Kamu perlu membeli test pack yang baru, setidaknya dengan batas tanggal kadaluwarsa 6 bulan atau lebih dari waktu kamu membelinya. Kamu bisa melakukan cek kehamilan kembali dengan test pack baru, untuk membuktikan hasil test pack yang pertama.

Tidak Ada Efek Samping

Test pack tidak secara langsung kontak dengan tubuh, melainkan dengan urin saja. Jadi, penggunaan test pack kadaluwarsa tidak akan memberikan efek samping terhadap kesehatan.

Jadi, sebelum membeli test pack, kamu perlu mengecek tanggal kadaluwarsanya agar hasil yang ditunjukkan bisa akurat. Jika kamu punya keluhan dengan alat reproduksi, kamu bisa bicara ke dokter melalui aplikasi Halodoc lho. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call, dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan dimana saja.

Jika kamu penasaran dengan kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, kamu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.