• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Faktor Penyebab Terjadinya Dehidrasi pada Kulit

3 Faktor Penyebab Terjadinya Dehidrasi pada Kulit

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang menggunakan berbagai macam kosmetik untuk mendapatkan kulit yang segar dan sehat. Meski sudah melakukan semua hal tersebut, terkadang kamu tetap merasakan kulit yang menjadi kering dan lebih sensitif dari biasanya. Kamu dapat mengalami beberapa gejala tersebut disebabkan oleh dehidrasi pada kulit.

Saat seseorang mengalami dehidrasi kulit, keindahan dari bagian terluar tubuh tersebut mungkin juga akan terpengaruh. Beberapa faktor dapat menyebabkan kamu mengalami gangguan pada kulit tersebut. Maka dari itu, pastikan kamu mengetahui faktor-faktor tersebut agar dapat menghindarinya, sehingga kulit yang mulus dan cerah tetap terjaga. Berikut hal yang harus kamu ketahui!

Baca juga: Kurang Minum, Kenali 5 Tanda Dehidrasi pada Kulit

Faktor Penyebab dari Dehidrasi Kulit

Kulit yang mengalami dehidrasi artinya tubuh sedang kekurangan air. Gangguan tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, hingga terlihat kusam. Pola dan corak kulit secara keseluruhan dapat terlihat tampak tidak rata, disertai garis-garis halus yang lebih terlihat. Dehidrasi pada kulit dapat menjadi kondisi sementara dan bahkan seumur hidup. Maka dari itu, kamu harus tahu penyebab dari gangguan ini.

Dehidrasi pada kulit umumnya terjadi saat cuaca sedang panas dan kering, yang membuat cairan tubuh banyak keluar. Meski begitu, banyak orang yang salah diagnosis gangguan ini dengan kulit kering. Seseorang yang mengalami dehidrasi kulit disebabkan kekurangan air, sedangkan kulit kering karena kekurangan minyak pada kulit. Selain itu, kulit kering termasuk dalam jenis kulit, tetapi dehidrasi disebabkan oleh kondisi.

Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari dehidrasi kulit agar tidak tertukar dengan kulit kering. Berikut beberapa penyebabnya:

  1. Stres

Seseorang yang mengalami stres berlebihan dan tidak dapat dikendalikan dapat memengaruhi kesehatan tubuh, salah satunya adalah kesehatan kulit. Saat tubuh sedang stres, produksi hormon kortisol secara berlebihan akan terjadi. Kortisol berguna sebagai pengatur metabolisme dan kemampuan tubuh untuk menahan air. Jika terganggu, dehidrasi dapat terjadi yang dapat membuat kulit menjadi kusam.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lengkap terkait beberapa penyebab dari dehidrasi pada kulit, dokter dari Halodoc dapat menjawabnya. Kamu juga dapat meminta saran terkait beberapa cara untuk menjaga kulit tetap sehat. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Baca juga: 5 Dampak Dehidrasi pada Kulit Saat Puasa

  1. Kualitas dan Temperatur Air

Air yang kamu gunakan untuk mandi dapat mengandung kadar magnesium, timbal, dan seng yang tinggi. Hal tersebut mampu meninggalkan lapisan tipis pada kulit yang menyebabkan kekeringan. Selain itu, suhu air juga dapat memengaruhi hidrasi pada kulit. Air panas dapat meningkatkan sensitivitas dan peradangan pada kulit, sehingga menyebabkan terjadinya dehidrasi. Cobalah untuk menggunakan air dingin menjaga kulit tetap terhidrasi. Selain itu, air dingin juga dapat mengaktifkan sistem saraf simpatik yang dapat memerangi rasa stres.

  1. Produk Perawatan Kulit

Beberapa produk yang kamu gunakan untuk membuat kulit lebih cerah dapat memberi manfaat atau dampak buruk bagi beberapa orang. Kandungan pH yang digunakan pada kosmetik tersebut dapat memengaruhi kelembapan pada kulit, sehingga dehidrasi kulit dapat terjadi. Selain itu, beberapa obat kimia topikal yang mengandung zat dehidrasi dan iritasi dapat menyembuhkan jerawat. Meski begitu, beberapa efek samping juga dapat terjadi karena penggunaan produk tersebut.

Baca juga: 4 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan dehidrasi kulit pada seseorang. Dengan mengetahui beberapa pemicunya, kamu dapat menghindari semua hal tersebut agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Referensi:
Oo Hawaii. Diakses pada 2020. 10 Reasons Your Skin is Dehydrated.
Healthline. Diakses pada 2020. Is My Skin Dehydrated?