• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Faktor Risiko yang Bisa Sebabkan Osteomielitis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Faktor Risiko yang Bisa Sebabkan Osteomielitis

Faktor Risiko yang Bisa Sebabkan Osteomielitis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 09 Februari 2021
Faktor Risiko yang Bisa Sebabkan Osteomielitis

Halodoc, Jakarta – Osteomielitis merupakan penyakit yang terjadi karena ada infeksi pada tulang. Umumnya, infeksi disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Penyakit ini sebenarnya tergolong langka, tapi penanganan perlu segera dilakukan untuk mengatasinya. Osteomielitis yang tidak ditangani dengan tepat bisa menimbulkan sejumlah komplikasi serius. 

Osteomielitis bisa terjadi pada siapa dan di usia berapa saja. Namun, ternyata ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit ini. Pada anak-anak, penyakit ini biasanya menyerang tulang panjang, seperti tungkai dan lengan. Sementara pada orang dewasa, osteomyelitis pada orang dewasa biasanya menyerang tulang pinggul, tungkai, atau tulang belakang. 

Baca juga: Bikin Nyeri, Ini Cara Menangani Osteomielitis

Penyebab dan Faktor Risiko Osteomielitis

Penyebab utama osteomielitis adalah infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Jenis bakteri ini biasanya ditemukan menempel di kulit atau hidung. Namun, biasanya bakteri ini tidak mengganggu dan tidak menimbulkan masalah kesehatan. Pada kondisi tertentu, misalnya saat sistem kekebalan tubuh melemah, bakteri ini bisa berbalik menyerang dan menyebabkan infeksi. 

Infeksi tulang yang satu ini bisa menyerang secara tiba-tiba atau berkembang perlahan, bahkan dalam jangka waktu lama. Pengobatan perlu segera dilakukan untuk menghindari terjadinya komplikasi, termasuk kerusakan permanen pada tulang. Bakteri penyebab penyakit ini bisa masuk hingga ke tulang melalui beberapa cara, di antaranya melalui aliran darah, melalui jaringan atau sendi yang terinfeksi, serta melalui luka terbuka. 

Osteomielitis bisa menyerang siapa saja, tapi ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit ini. Osteomielitis bisa disebabkan oleh sistem imun yang sedang melemah, mengidap penyakit diabetes, anemia sel sabit, HIV/AIDS, atau rheumatoid arthritis. Risiko penyakit ini juga meningkatkan pada orang yang sedang menjalani kemoterapi, pernah mengidap osteomielitis sebelumnya, kecanduan alkohol, serta mengalami obat kortikosteroid dalam jangka waktu lama. 

Baca juga: Benarkah Osteomielitis Dapat Terjadi pada Anak-Anak?

Penyakit osteomielitis juga bisa disebabkan oleh cedera atau luka seperti patah tulang serta baru menjalani operasi tulang. Jika dilihat dari gejalanya, penyakit ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu osteomielitis akut dan kronis. Osteomielitis akut terjadi secara mendadak dan berkembang dalam waktu 7-10 hari. 

Sementara osteomielitis kronis biasanya berkembang perlahan. Pada awalnya, penyakit ini bahkan tidak menimbulkan gejala sama sekali. Gejala osteomielitis mungkin tidak muncul sampai beberapa bulan bahkan beberapa tahun. Hal itu kemudian menyebabkan osteomielitis kronis sering kali sulit bahkan terlambat dideteksi. 

Osteomielitis kronis juga dapat terjadi akibat osteomielitis akut yang tidak ditangani dengan tepat. Penyakit ini juga bisa muncul akibat osteomielitis yang terjadi secara berulang dalam waktu yang lama. Gejala kedua jenis penyakit ini terkadang terlihat mirip, seperti muncul rasa nyeri pada lokasi tulang yang mengalami infeksi, kemerahan dan bengkak pada area yang terinfeksi, serta kekakuan dan sulit digerakkan pada tulang yang mengalami infeksi. 

Penyakit ini juga ditandai dengan gejala keluarnya cairan nanah dari tulang yang terinfeksi, demam dan menggigil, merasa tidak enak badan dan gelisah, mual, lemas, sering merasa kelelahan, serta kehilangan berat badan secara drastis. Jika memiliki faktor risiko penyakit ini, disarankan untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat. 

Baca juga: Sama-Sama Gangguan pada Tulang, Ini Bedanya Osteofit dan Osteomielitis

Biar lebih maksimal, lengkapi dengan konsumsi suplemen atau multivitamin khusus untuk menjaga kesehatan tubuh. Beli vitamin atau produk kesehatan lain dengan aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Osteomyelitis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Osteomyelitis.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Osteomyelitis.
NHS UK. Diakses pada 2021. Osteomyelitis.