• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Fenugreek Bisa Atasi Diabetes? Cek Faktanya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Fenugreek Bisa Atasi Diabetes? Cek Faktanya

Fenugreek Bisa Atasi Diabetes? Cek Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 September 2022

“Biji fenugreek memiliki senyawa yang bersifat antidiabetes. Berkat senyawa tersebut, fenugreek bisa membantu mengatasi diabetes dengan berbagai cara.”

Fenugreek Bisa Atasi Diabetes? Cek FaktanyaFenugreek Bisa Atasi Diabetes? Cek Faktanya

Halodoc, Jakarta – Fenugreek merupakan tanaman herbal yang sudah lama digunakan sebagai pengobatan alternatif atau tradisional. Banyak orang mengonsumsi tanaman herbal tersebut yang sudah diolah menjadi suplemen, karena fenugreek dipercaya bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Diabetes adalah salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan mengonsumsi fenugreek. Sebab tanaman herbal tersebut dipercaya memiliki sifat antidiabetes yang bisa membantu menurunkan gula darah pada pengidap diabetes. Yuk, simak manfaat fenugreek untuk diabetes lebih jauh di sini.

Manfaat Fenugreek untuk Diabetes

Biji fenugreek (trigonella foenum graecum) dipercaya bermanfaat bagi pengidap diabetes. Hal itu karena biji tersebut kaya akan serat larut yang bisa membantu menurunkan gula darah, dengan memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. 

Beberapa penelitian pada hewan juga sudah menunjukkan bahwa fenugreek memiliki senyawa yang bersifat antidiabetes. Berikut manfaat senyawa tersebut untuk mengatasi diabetes:

1. Meningkatkan sensitivitas insulin

Sensitivitas insulin mengacu pada bagaimana sel-sel tubuh merespon insulin. Ketika sensitivitas insulin tinggi, sel-sel tubuh menggunakan glukosa lebih efektif yang menyebabkan gula dalam darah menjadi lebih rendah.

Nah, sebuah studi eksperimental tahun 2018 mengamati peserta yang mengonsumsi biji fenugreek selama 10 hari. Para peneliti menyimpulkan bahwa tanaman herbal tersebut memang bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Menunda pengosongan lambung

Pengosongan lambung merupakan durasi yang dibutuhkan makanan untuk meninggalkan sistem pencernaan, seseorang setelah mereka memakannya. Diabetes bisa menyebabkan pengosongan lambung yang cepat, yang mengakibatkan lonjakan gula darah sementara. Lonjakan ini dapat menyebabkan komplikasi dan gejala gastrointestinal.

Penelitian 2020 pada tikus jantan dengan diabetes menunjukkan bahwa biji fenugreek bisa menunda pengosongan lambung, sehingga mencegah kenaikan kadar glukosa darah setelah makan.

3. Mengurangi penyerapan glukosa di usus

Pada pengidap diabetes, tubuh tidak membuat cukup insulin atau tidak dapat menggunakannya secara efektif seperti yang seharusnya. Hal itu menyebabkan gula darah meningkat, yang bisa menyebabkan masalah serius seiring waktu. Beberapa masalah serius yang bisa terjadi akibat diabetes, antara lain penyakit ginjal, penyakit jantung, dan kehilangan penglihatan.

Orang dengan diabetes cenderung memiliki konsentrasi glukosa yang tinggi di usus, dan peningkatan protein yang mengangkut natrium, dan glukosa bisa meningkatkan risiko hiperglikemia atau gula darah tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa biji fenugreek mampu menurunkan tingkat penyerapan glukosa, sehingga bisa mencegah hiperglikemia.

4. Meningkatkan toleransi glukosa

Beberapa uji klinis menunjukkan bahwa biji fenugreek juga bisa memperbaiki sebagian besar gejala metabolik, yang terkait dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 pada manusia. Caranya dengan menurunkan kadar glukosa darah dan meningkatkan toleransi glukosa.

Ada juga penelitian dari India mengenai khasiat fenugreek. Di riset tersebut para peneliti menambahkan 100 gram bubuk biji fenugreek tanpa lemak, ke dalam makanan sehari-hari pasien dengan diabetes yang bergantung pada insulin (tipe 1). 

Hasilnya, secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah puasa, meningkatkan toleransi glukosa, menurunkan kolesterol total, kolesterol ‘jahat’ atau LDL, dan trigliserida.

Tips Mengonsumsi Fenugreek

Biji fenugreek memiliki rasa yang pahit dan pedas. Mereka sering digunakan dalam campuran rempah-rempah. Pada masakan India, fenugreek digunakan sebagai campuran dalam kari, acar, dan saus lainnya. Kamu bisa mengonsumsi biji tanaman herbal tersebut dengan menambahkannya ke dalam teh hangat atau menaburkan bubuk biji fenugreek di atas yoghurt.

Itulah penjelasan mengenai fenugreek yang bermanfaat untuk mengatasi diabetes. Bila kamu mengalami tanda-tanda gula darah tinggi, seperti mudah lelah, haus terus menerus, mual dan muntah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. 

Kamu bisa berobat ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi terlengkap.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Can fenugreek help manage diabetes?.
Diabetes.co.uk. Diakses pada 2022. Fenugreek and Diabetes.
Healthline. Diakses pada 2022. Diabetes: Can Fenugreek Lower My Blood Sugar?