Fibromyalgia Dapat Dicegah dengan 3 Langkah Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Fibromyalgia Dapat Dicegah dengan 3 Langkah Ini

Halodoc, Jakarta - Setelah melakukan kegiatan yang berlebihan, tubuh dapat merasakan nyeri pada otot. Walau begitu, ternyata kamu mungkin saja mengalami nyeri otot tanpa melakukan kegiatan yang melelahkan. Gangguan nyeri otot tersebut bisa disebabkan oleh fibromyalgia.

Kelainan fibromyalgia ini terjadi karena otak mengalami gangguan dalam mengartikan sinyal rasa sakit. Sehingga, tubuh kamu mengalami perasaan nyeri pada tulang dan otot. Kondisi ini bisa membuat aktivitas menjadi terganggu. Maka dari itu, kamu harus mencegah sebelum terjadi. Berikut ini cara pencegahannya!

Baca juga: Ini Cara Pengobatan untuk Mengurangi Fibromyalgia

Cara Mencegah Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah kondisi yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada otot, tendon, dan persendian di seluruh tubuh, terutama pada tulang belakang. Hal ini disebabkan oleh perubahan fungsi dan kimia dari tubuh sehingga otak salah mengartikan sinyal yang timbul.

Gangguan fibromyalgia yang terjadi tidak berhubungan dengan cedera otot, saraf, dan sendi. Selain itu, hal ini tidak berkaitan dengan perbaikan otot yang tidak memadai atau kerusakan yang serius pada tubuh. Pengidap gangguan ini juga tidak berisiko untuk menyebabkan gangguan muskuloskeletal lainnya.

Selain itu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait fibromyalgia, dokter dari Halodoc dapat menjawab kebingungan tersebut. Kamu bisa langsung melakukan tanya jawab dengan dokter ahli. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone, ya! 

Walau begitu, nyeri otot ini mungkin saja memengaruhi aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, beberapa hal harus kamu lakukan agar penyakit ini tidak terjadi. Berikut ini cara mencegah terjadinya fibromyalgia agar tidak terjadi, yaitu:

  1. Tidur yang Cukup

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya fibromyalgia adalah tidur yang cukup. Kurang tidur menyebabkan peradangan pada otot dan sendi yang merupakan gejala dari kelainan pada muskuloskeletal. Pola tidur yang buruk menimbulkan lebih banyak rasa sakit, terutama pada otot.

Maka dari itu, coba untuk selalu tidur tepat waktu setiap malam dan menerapkan kebiasaan tidur yang baik. Jauhkan barang-barang elektronik sebelum kamu tidur agar tidak mengganggu kebiasaan baik tersebut. Kamu juga bisa melakukan meditasi atau membaca agar cepat mengantuk dan akhirnya tertidur.

Baca juga: Kenapa Wanita Lebih Berisiko Mengidap Fibromyalgia?

  1. Kurangi Rasa Stres

Kamu juga bisa menyebabkan gangguan nyeri pada otot tersebut disebabkan tingkat stres yang tinggi. Peradangan pada otot dan sendi mungkin saja sejalur dengan perasaan stres yang menyerang. Coba untuk menghilangkan hal yang menyebabkannya agar tingkat stres menurun. 

Selain itu, kamu bisa melakukan relaksasi dan akupunktur untuk menurunkan tingkat stres. Latihan intensitas sedang juga merupakan cara yang baik untuk menghilangkan kepenatan di pikiran. Beberapa orang mungkin saja mengonsumsi alkohol dan obat-obatan untuk mengatasi stres. Hal ini menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk.

  1. Melakukan Diet yang Seimbang

Makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi kesehatan hingga memperburuk gejalanya. Dengan melakukan diet yang seimbang dan menghindari beberapa makanan, kamu bisa mengurangi peradangan yang terjadi. Cobalah untuk selalu menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Baca juga: Tidak Bisa Sembuh, Fibromyalgia Buat Orang Merasa Sakit di Sekujur Tubuh

Itulah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya fibromyalgia. Hal tersebut untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat dan aktivitas tetap berjalan seperti sedia kala. Selain itu, jika kamu sudah kerap mengalami nyeri otot dan sendi, ada baiknya langsung menemui dokter untuk memastikannya.

Referensi:
Cleveland Clinic.Diakses pada 2019.Fibromyalgia
Health Line.Diakses pada 2019.Fibromyalgia Prevention