Floating Yoga, Apa Kelebihannya?

floating yoga, yoga, manfaat floating yoga
OLAHRAGA 13 September 2018

Halodoc, Jakarta – Tak hanya semakin populer, olahraga yoga saat ini semakin banyak ragamnya. Salah satu jenis yoga yang mulai mencuri perhatian adalah floating yoga. Apa saja kelebihan dari jenis yoga yang satu ini?

Aerial yoga atau lebih dikenal dengan floating yoga memiliki perbedaan dengan yoga pada umumnya. Dalam floating yoga, kamu diharuskan memiliki keseimbangan yang lebih tinggi. Floating yoga dilakukan dengan menggunakan alat bantu yang terbuat dari kain lembut dan menggantung pada langit-langit. Alat ini dikenal dengan istilah swing dan berfungsi untuk menopang tubuh selama melakukan yoga.

Penggunaan kain sebagai penopang tubuh berguna untuk memudahkan kamu dalam melakukan gerakan yoga yang sulit dilakukan saat berpijak di lantai. Jenis olahraga yang satu ini sangat cocok bagi yang suka terhadap tantangan. Selain dari alat bantu, ada hal lain yang menjadi kelebihan dari floating yoga. Apa saja?

1. Melatih Keseimbangan Tubuh

Salah satu kelebihan dari olahraga floating yoga adalah dapat melatih keseimbangan tubuh. Sebab, sebagian besar gerakan dalam floating yoga melawan gravitasi. Hal itu cukup menguntungkan dan membantu melatih keseimbangan dan stabilitas tubuh. Hal ini dibutuhkan untuk melakukan aktivitas harian dengan baik, seperti berjalan, bersepeda, hingga berlari.

2. Meredakan Stres

Rutin melakukan jenis olahraga yang satu ini juga disebut dapat membantu menenangkan tubuh, sehingga terhindar dari stres berkepanjangan. Nyatanya, yoga memiliki manfaat psikologis yang dapat membantu meredakan stres.

Serupa dengan kebanyakan jenis olahraga lain, melakukan gerakan floating yoga juga dapat merangsang tubuh dalam memproduksi hormon “bahagia”, yaitu hormon endorphin, oksitosin, dan dopamin. Ketiga hormon tersebut dapat meningkatkan suasana hati alias mood dan membuat tubuh terasa lebih berenergi.

3. Otot yang Lebih Kuat

Kelebihan lain dari floating yoga adalah dapat melatih sejumlah otot tubuh. Mulai dari otot perut, otot lengan, dan tungkai. Jadi, rutin melakukan floating yoga diyakini bisa membuat otot menjadi lebih kuat dan sehat. Tak hanya itu, memiliki otot tubuh yang kuat berarti memiliki stamina yang kuat pula untuk beraktivitas.

4. Melibatkan Seluruh Tubuh

Banyaknya variasi gerakan dan pose dalam floating yoga, membuat hampir seluruh bagian tubuh aktif. Artinya, melakukan floating yoga akan memberi manfaat sehat untuk tubuh secara keseluruhan. Terutama untuk sebagian besar otot tubuh, dan persendian yang ikut bergerak.

5. Baik untuk Tulang Belakang

Ada yang menyebut bahwa jenis yoga yang satu ini sangat bermanfaat untuk tulang belakang. Sebab, saat melakukan floating yoga, kamu akan menemukan sejumlah gerakan yang mengharuskan membungkukkan dan meregangkan tubuh. Dengan melakukan gerakan ini, penjajaran struktur tulang belakang akan terjadi dan bisa mencegah sakit punggung.

Meski memiliki banyak manfaat, tapi ada baiknya untuk tidak melakukan floating yoga secara berlebihan. Karena terlalu sering melakukannya belum tentu baik, apalagi bagi pemula. Bicarakanlah dengan pelatih atau orang yang ahli untuk membuat jadwal latihan yoga secukupnya saja.

Selain itu, bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit parah yang berisiko, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan floating yoga. Atau jika kamu ragu, coba bicarakan kepada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips memilih olahraga yang paling sesuai dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga:


Rekomendasi Artikel