Flu Kronis, Waspada Gejala Penyakit Tertentu

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Flu Kronis, Waspada Gejala Penyakit Tertentu

Halodoc, Jakarta - Flu mungkin menjadi salah satu penyakit yang wajar terjadi selama pergantian musim. Namun, bagaimana jadinya jika flu yang kita alami terjadi berkepanjangan? Perlu diketahui bahwa flu yang menahun bisa menunjukkan kondisi yang perlu diwaspadai. Flu ini bukan flu biasa bahkan bisa terjadi karena beberapa penyakit serius lainnya. 

Baca juga: Sering Tertukar, Inilah Bedanya Pilek dan Flu 

Apa Saja Gejala Flu yang Perlu Diwaspadai?

Berikut ini adalah beberapa gejala flu kronis yang perlu diwaspadai, antara lain: 

  • Gejala Berlangsung Lebih dari 2 Pekan. Umumnya orang mengalami flu selama tiga hari saja. Namun, ada kalanya seseorang akan alami flu lebih lama dari itu. Jika flu berlangsung hingga lebih dari 2 pekan meski sudah diobati, kamu wajib waspada. Segera periksakan diri ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan tepat. Gejala flu yang bisa berlangsung lebih dari tiga pekan bisa menjadi gejala dari penyakit seperti asma, pneumonia, atau penyakit paru lainnya.

  • Flu Cepat Kambuh. Setelah dua atau tiga hari sembuh dari flu, tetapi tiba-tiba kamu kembali terserang flu? Di dalam dunia medis ini, kondisi ini bisa menjadi tanda “infeksi super", yakni infeksi sekunder serius yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh melemah akibat dari penyakit ringan.

  • Lendir Berwarna. Keluarnya lendir selama flu adalah hal yang umum, tetapi bagaimana jika lendir tersebut tidak berwarna putih bening? Warna ingus kuning muda berarti tubuh sedang demam saat batuk dan pilek. Ingus kuning juga sebenarnya masih normal. Tetapi jika terjadi bersamaan dengan demam, sakit kepala, atau batuk berdahak, ini pertanda kalau harus segera ke dokter. 

  • Mata Gatal dan Berair. Alami mata gatal dan berair selama flu? Ini bisa jadi pertanda kamu alergi. Tanda-tanda reaksi alergi lainnya adalah gatal biduran, bersin-bersin, lidah bengkak, pusing, hingga kram perut.

  • Berat Badan Turun. Saat sakit kamu mungkin tidak nafsu makan, tetapi jika ini terjadi terus-menerus, dan kamu jadi kehilangan berat badan walaupun sudah memaksa makan, ini adalah pertanda yang patut dicurigai. Berat badan yang turun drastis tanpa sebab dan mengikuti gejala flu bisa menjadi tanda gejala penyakit seperti hipertiroidisme, kanker, infeksi bakteri, atau bahkan HIV.

  • Nyeri Dada dan Jantung Berdebar Lebih Cepat. Ini juga menjadi gejala flu yang perlu diwaspadai, sebab sesuatu yang lebih serius, seperti dehidrasi atau virus yang menyerang jantung atau lapisannya telah terjadi. Selain itu, gejala flu dan batuk yang parah sampai menyebabkan sesak napas, mengi, atau nyeri dada juga tidak boleh diabaikan, sebab ini bisa jadi tanda kamu alami bronkitis atau pneumonia. Sementara itu, nyeri dada, dada sesak, jantung berdebar, dan sesak napas mendadak dapat menandakan emboli paru atau penyumbatan bekuan darah di paru-paru.

Kondisi ini cukup berbahaya sehingga wajib segera buat janji dengan dokter di Halodoc untuk melakukan pemeriksaan. Perawatan yang tepat menghindarkan kamu dari serangan penyakit yang tidak diinginkan.

Baca juga: Ketahui 2 Jenis Sinusitis dan Gejalanya

Adakah Cara Mencegah Flu Berkepanjangan?

Terdapat beberapa langkah pengobatan yang bisa dilakukan untuk mencegah flu terjadi berkepanjangan, yaitu:

  • Pastikan rutin membersihkan tempat tinggal;

  • Rutin berolahraga;

  • Penuhi kebutuhan asupan cairan tubuh dengan baik, bisa dari air minum, sup, atau buah;

  • Konsumsi obat dekongestan dan antihistamin yang diresepkan dokter;

  • Menggunakan masker saat berada di tempat umum;

  • Membersihkan saluran hidung dengan larutan garam;

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa kamu yang memiliki hewan peliharaan, jangan lupa untuk menjaga kebersihan hewan peliharaan secara rutin. Hal ini untuk mencegah berbagai gangguan penyakit yang terjadi karena infeksi.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Common Cold Symptoms: What’s Normal, What’s Not.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Common Cold.