• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Flu Tiba-Tiba Menyerang saat Liburan? Atasi dengan Cara Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Flu Tiba-Tiba Menyerang saat Liburan? Atasi dengan Cara Ini

Flu Tiba-Tiba Menyerang saat Liburan? Atasi dengan Cara Ini

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 Juli 2022

“Bila flu tiba-tiba menyerang saat liburan, kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengatasinya. Makan sup ayam, minum teh panas, dan serta minum madu sebelum tidur malam adalah cara yang bisa kamu coba.”

Flu Tiba-Tiba Menyerang saat Liburan? Atasi dengan Cara IniFlu Tiba-Tiba Menyerang saat Liburan? Atasi dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Meski terlihat sepele, terserang flu tiba-tiba menyerang saat liburan adalah hal yang bisa sangat mengganggu. Tak hanya merugikan diri sendiri, kamu mungkin juga akan menularkan virus ke teman perjalanan. Bukannya liburan yang indah, hal ini malah bisa menyebabkan petaka. 

Penyebaran virus flu memang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Biasanya penyakit ini bisa sembuh dengan mengonsumsi cukup asupan nutrisi dan istirahat. Namun, ada beberapa jenis makanan yang dapat dipilih untuk mempercepat proses pemulihan tubuh ketika flu menyerang tiba-tiba. Simak selengkapnya di sini!

Flu Tiba-Tiba Menyerang, Ini Pengobatannya 

Ada banyak penyebab flu, mulai dari terinfeksi virus, daya tahan tubuh yang menurun, ataupun kurang istirahat. Bila kamu sedang dalam perjalanan ke luar kota untuk liburan atau bekerja, jangan bingung mengatasi flu yang menyerang tiba-tiba. Kamu bisa melakukan beberapa hal seperti: 

 1. Makan Sup Ayam

Makan sup ayam dapat membantu mengembalikan vitalitas tubuh yang menurun akibat serangan flu. Sup ayam adalah makanan yang kaya akan nutrisi dan dapat memberi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsi satu mangkuk sup ayam selagi panas dapat meningkatkan fungsi tubuh dalam melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Sup ayam juga mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan  sistem imun tubuh dalam melawan gejala flu.

Fungsi itu didapatkan dari senyawa carnosine dalam dada ayam dan kaldu ayam. Carnosie dapat membantu tubuh menghambat peradangan oksida nitrat yang biasanya datang bersama dengan gejala flu. Selain itu, uap sup ayam yang terkena aliran udara dan lendir di hidung dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

2. Minum Jus Sayuran

Kandungan antioksidan dari sayuran dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, pertahanan tubuh dalam melawan virus penyebab penyakit pun ikut meningkat.

Segelas jus sayur rendah sodium dapat membantu pemulihan flu. Kamu bisa memilih sayuran hijau yang segar dan mengolahnya menjadi segelas jus. Bisa juga dengan mengombinasikannya dengan buah-buah segar seperti jeruk, apel, ataupun buah naga.    

3. Konsumsi Air Jahe Hangat

Jahe dapat membantu meringankan sakit perut dan mual, bahkan jahe pun telah terbukti dapat melawan peradangan yang terjadi dalam tubuh. Selain mengolah jahe sendiri, kamu juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsmsi jahe dalam bentuk jamu atau minuman. 

Jahe akan memberi efek hangat ke dalam tubuh dan membuat tidur lebih nyenyak, dengan demikian kamu akan merasa lebih baik pada keesokan paginya dan siap untuk melanjutkan aktivitas. 

4. Menjaga Asupan Cairan dengan Minum Teh Panas

Secangkir teh panas dapat menambah antioksidan dalam tubuh. Beberapa jenis teh yang dapat kamu jadikan pilihan adalah teh oolong atau teh gelap, seperti black tea.

Menghirup uap teh juga dapat membantu melancarkan jalan pernapasan yang tersumbat saat flu. Kamu bisa menambah satu sendok madu dan potongan lemon untuk meningkatkan khasiat dari teh.

5. Minum Madu Sebelum Tidur

Madu dapat menjadi obat alami untuk mengobati batuk, dan waktu terbaik untuk mengonsumsi madu adalah di malam hari. Buat anak-anak, mengonsumsi dua sendok teh madu sebelum tidur malam  dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Jika kamu sedang flu, mengonsumsi madu 30 menit sebelum tidur dapat mengurangi hidung tersumbat pada malam hari sehingga kualitas tidur malam menjadi lebih baik. 

Cara Mencegah Penularan Flu

Mengingat flu sangat mudah menular, ada baiknya kamu melakukan beberapa langkah pencegahan. 

  • Sering cuci tangan dengan air hangat dan sabun.
  • Gunakan tisu untuk menjebak kuman saat batuk atau bersin.
  • Buang tisu bekas secepat mungkin.
  • Batasi aktivitas dengan orang terdekat, supaya flu tidak menyebar.

Di masa pandemi COVID-19 saat ini, baik COVID-19 dan flu dapat menyebar secara bersamaan. Kamu perlu waspada dan menjaga kesehatan secara lebih intens. Pastikan kamu sudah menjalani vaksinasi dan booster untuk mendapatkan perlindungan maksimal. 

Kamu tidak perlu khawatir bila tiba-tiba terserang flu. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc  di mana pun dan kapan pun. Lewat Halodoc, kamu bisa bertanya langsung ke dokter dan mendapatkan rekomendasi perawatan dan penanganan tepat. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2022. Flu. 
WebMD. Diakses pada 2022. 9 Tips to Ease Flu Symptoms.