• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Food Preparation Bisa Bikin Hidup Lebih Sehat, Ini Faktanya

Food Preparation Bisa Bikin Hidup Lebih Sehat, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Food Preparation Bisa Bikin Hidup Lebih Sehat, Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Di tengah jadwal hari kerja yang padat, food preparation atau persiapan makan atau yang juga lebih populer disebut dengan meal prep bisa menjadi hal yang sangat menguntungkan. Perencanaan makan ini bisa membantu kamu dan keluarga tetap pada jalur makan yang sehat.

Metode ini umumnya dilakukan oleh mereka yang sedang menjalani diet, dan ini bisa menjadi cara yang sangat menghemat waktu. Meskipun semua jenis persiapan makanan memerlukan perencanaan, tidak ada satu metode yang dianggap benar. Oleh karena itu, jika kamu hendak melakukan food preparation untuk mendapatkan manfaat kesehatan darinya, maka sesuaikan juga dengan preferensi makanan, kemampuan memasak, jadwal, dan tujuan pribadi. Kamu juga perlu mempelajari sendiri apa yang paling cocok untuk kamu lakukan. 

Baca juga: 4 Nutrisi yang Harus Ada dalam Menu Makanan Diet

Manfaat Food Preparation

Food preparation atau meal prep adalah metode yang jelas bisa membuat hidup kamu lebih sehat. Berikut terdapat beberapa manfaat dari food preparation yang akan kamu dapatkan: 

Menghemat Waktu

Alih-alih membuang waktu untuk memikirkan apa yang harus dimasak, atau apakah kamu harus memesan makanan untuk dibawa pulang, food preparation memastikan bahwa kamu selalu memiliki makanan sehat yang siap untuk dimakan saat jam makan. Selain itu, menyiapkan makanan berarti lebih sedikit hidangan, sehingga kamu bisa terhindar dari makan berlebihan yang bisa memicu kenaikan berat badan.

Saat kamu berhasil menghemat waktu, maka ini juga akan membuat kamu lebih banyak waktu istirahat dan terhindar dari rasa stres akibat bingung memilih makanan yang sehat. 

Lebih Hemat

Kadang pola makan sehat cenderung mendapatkan reputasi buruk karena ada beberapa bahan yang terlalu mahal. Namun dengan metode food preparation, kamu akan menghemat uang karena kamu dapat membeli bahan dalam jumlah besar, membekukan makanan tambahan untuk nanti, dan yang terpenting, menghabiskan lebih sedikit uang untuk makan di luar.

Uang yang biasa kamu habiskan untuk makan di luar ini juga bisa kamu alihkan, seperti untuk membeli bahan makanan yang lebih sehat, atau bahkan untuk biaya member di pusat kebugaran.

Baca juga: 4 Diet Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Bisa Mengatur Porsi Makan 

Faktanya, makanan yang kamu beli di restoran cenderung memberikan lebih dari ukuran porsi yang disarankan. Begitu banyak orang yang makan berlebihan setiap hari dan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang diperlukan bisa memicu kelebihan berat badan. 

Jadi, saat kamu menyiapkan makanan sendiri, kamu dapat mengontrol porsi, dan kamu yang tahu persis bahan apa yang akan dimasukkan ke dalam tubuh. Karena itu, menyiapkan makanan telah menjadi kebiasaan baru untuk mencapai target berat badan ideal yang mudah dilakukan. 

Menurunkan Tingkat Stres

Mencari tahu apa yang harus dibuat untuk makan malam mungkin tampak sederhana. Namun, bagi sebagian orang, berjuang dengan kebingungan memilih makanan setiap hari bisa membuat stres. Saat menyiapkan makanan untuk seminggu, kamu jadi tidak harus terlibat dalam sumber stres itu setiap hari.

Mendapatkan Keterampilan Praktis Baru

Jika kamu ingin lebih percaya diri di dapur, menyiapkan makanan bisa menjadi cara belajar yang hebat. Persiapan makanan dapat membantu kamu menemukan resep baru. Kemampuan memasak kamu pun jadi bertambah. 

Menciptakan Hubungan yang Lebih Baik dengan Makanan

Saat kamu menyiapkan makanan, kamu akan belajar lebih banyak tentang nutrisi dan bagaimana memperlakukan makanan sesuai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan begini, kamu memiliki hubungan yang lebih baik dengan makanan, kamu jadi tahu jenis makanan apa yang harus lebih sering di makan dan mana yang harus dihindari. 

Baca juga: Begini Cara Diet Mediterania Bisa Turunkan Berat Badan

Meski food preparation sangat bermanfaat, kamu juga tetap perlu memastikan bahwa tubuh mendapatkan cukup nutrisi. Kamu pun bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin setiap hari. Kini di toko kesehatan Halodoc kamu juga bisa beli suplemen atau vitamin yang paling sesuai untukmu. Dengan layanan antar, kamu jadi lebih mudah beli kebutuhan kesehatan tanpa perlu keluar rumah. Praktis bukan? Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Harvard University – School of Public Health. Diakses pada 2021. Meal Prep Guide.
Key to Food UK. Diakses pada 2021. The Benefits Of Meal Prepping.
Select Health. Diakses pada 2021. 7 Benefits of Meal Prepping.