• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Fungsi Minyak Zaitun untuk Tingkatkan Kesehatan Jantung

Fungsi Minyak Zaitun untuk Tingkatkan Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia, karena pola hidup tidak sehat yang sering dilakukan zaman sekarang. Selain aktif bergerak, kamu juga disarankan untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Nah, salah satu asupan yang direkomendasikan untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah minyak zaitun. Berikut manfaat minyak zaitun bagi kesehatan organ jantung!

Baca juga: Benarkah Minyak Zaitun Baik untuk Kesehatan Jantung?

Minyak Zaitun Mampu Tingkatkan Kesehatan Jantung

Minyak zaitun diperoleh dari buah pohon zaitun, atau yang memiliki nama lain Olea europaea, yang banyak tumbuh di negara Mediterania. Banyak sekali manfaat minyak zaitun yang dapat diambil, salah satunya adalah meningkatkan kesehatan jantung seseorang. Selain itu, minyak ini banyak digunakan dalam pembuatan kosmetik, sabun, obat-obatan, atau masakan.

Minyak zaitun mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis lemaknya yaitu lemak tak jenuh, yang dapat membantu tubuh dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dan kadar kolesterol total dalam tubuh. Selain itu, minyak ini mampu mempertahankan kadar kolesterol baik yang mampu membantu tubuh dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal juga menyediakan nutrisi baik yang dapat membantu perkembangan dan mengontrol sel-sel dalam tubuh. Asam lemak ini juga dapat membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah. Minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal ini juga mengandung vitamin E, yaitu vitamin yang mengandung antioksidan, sehingga dapat membantu melindungi kesehatan jantung seseorang.

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta tentang Penyakit Jantung

Minyak zaitun bukan hanya mengandung asam lemak tak jenuh dan antioksidan saja, tapi juga mengandung senyawa fenolik yang disebut dengan polifenol, yang dapat melindungi organ jantung dalam tubuh. Kandungan polifenol dalam minyak zaitun dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan kolesterol, mengurangi pembekuan darah, serta melindungi lapisan pembuluh darah arteri.

Minyak zaitun dengan kandungan tinggi polifenol dapat memengaruhi gen yang mengurangi risiko sindrom metabolik dan penyakit jantung. Selain dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kesehatan organ jantung, minyak zaitun juga dapat membantu mengurangi risiko seseorang mengidap diabetes melitus 2 dan kanker. 

Hal tersebut terjadi karena asam lemak tak jenuh tunggal dapat mengontrol kadar insulin dan gula darah dalam tubuh. Kandungan antioksidan dan polifenol dalam minyak zaitun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pertumbuhan sel, serta melindungi sel dari kerusakan. Hal tersebut dapat mengurangi risiko kanker. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat minyak zaitun bagi kesehatan organ jantung silahkan diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Baca juga: Depresi Bisa Jadi Penyebab Penyakit Jantung

Gunakan Secukupnya untuk Mendapatkan Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang dapat memberikan sejumlah manfaat baik bagi tubuh. Namun, kadar konsumsi hariannya juga perlu diperhatikan. Dengan pemakaian yang bijak dan memperhatikan batas konsumsi harian, kamu bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun yang sebenarnya. Meskipun baik untuk dikonsumsi, minyak zaitun merupakan lemak yang mengandung tinggi kalori, sehingga disarankan untuk dipakai secukupnya saja.

Jika pemakaiannya terlalu berlebihan, minyak zaitun dapat menyumbang kalori tambahan dalam tubuh, yang justru dapat menjadi pemicu berbagai penyakit berbahaya. Minyak ini sangat aman digunakan jika diminum secara tepat dan sesuai dengan batasan wajar. Amannya, minyak zaitun digunakan sebanyak 14 persen dari total kalori harian, atau sekitar 2 sendok makan atau sebanyak 28 gram per hari.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Virgin Olive Oil Better for Heart.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the health benefits of olive oil?