Gagal Ginjal Dapat Sebabkan Perikarditis, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Gagal Ginjal Dapat Sebabkan Perikarditis, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Banyak yang mengira kalau gagal ginjal hanya berkaitan dengan organ tersebut. Padahal, gagal ginjal bisa menimbulkan sederet masalah lainnya bila tak ditangani dengan tepat. 

Gagal ginjal sendiri merupakan kondisi fungsi ginjal yang menurun karena kerusakan ginjal. Nah, salah satu masalah lain yang bisa diidap gagal ginjal, contohnya perikarditis. Masih asing dengan penyakit ini? 

Gegara Bakteri Hingga Cedera pada Dada

Berbicara perikarditis tak lepas dari organ jantung. Perikarditis sendiri merupakan iritasi dan peradangan pada lapisan tipis berbentuk kantong yang melapisi jantung (perikardium). Perikardium ini punya peran menjaga jantung agar tak berpindah posisi, dan melindunginya dari gesekan atau infeksi dari jaringan lain.

Baca juga: Ketahui Pencegahan Perikarditis Sejak Dini

Lantas, apa yang menyebabkan perikarditis? Sayangnya, kebanyakan kasus perikarditis tak diketahui pasti penyebabnya. Namun, ada beberapa dugaan kalau penyakit ini berkaitan dengan beberapa hal. Mulai dari infeksi bakteri, infeksi virus, serangan jantung, atau kanker dari organ yang menyebar ke perikardium. 

Selain itu, perikarditis juga bisa disebabkan oleh kondisi pasca operasi jantung, penyakit peradangan autoimun (lupus atau rheumatoid arthritis), hingga cedera pada dada.

Kembali ke pertnyaan di atas, lalu apa hubungannya gagal ginjal dan perikarditis? 

Ginjal dan Jantung Punya Keterkaitan

Gagal ginjal pada dasarnya memang bisa menyebabkan terjadinya perikarditis. Lebih tepatnya gagal ginjal akut kondisi ketika ginjal rusak secara mendadak, sehingga tak bisa berfungsi. Nah, perikarditis merupakan salah satu dari beberapa komplikasi gagal ginjal akut. 

Nah, ginjal dan jantung ini saling bahu-membahu dalam menjaga kebaikan fungsi tubuh. Jantung memompa darah segar beroksigen ke seluruh tubuh, memastikan setiap sel dan organ berfungsi baik. 

Ginjal sendiri termasuk salah satu organ yang menerima asupan darah segar. Ginjal bertugas mengontrol tekanan darah, memproduksi sel darah merah, membersihkan darah, hingga mengeluarkan produk limbah dan kelebihan air dalam tubuh. 

Dengan kata lain, tanpa ginjal darah akan mengandung banyak limbah dan air. Sementara itu, tanpa jantung ginjal tak akan mendapatkan dasar segar berisi oksigen. 

Baca juga: 5 Tanda Awal Gagal Ginjal yang Perlu Diketahui

Jadi, tanpa bantuan ginjal jantung akan bekerja lebih keras, bahkan tak berfungsi sama sekali. Nah, hal inilah yang ujung-ujungnya bakal menimbulkan masalah jantung, salah satunya perikarditis. Bahkan, penyakit ginjal dapat secara langsung memengaruhi peluang seseorang terserang penyakit jantung.

Keduanya Punya Kemiripan

Coba tebak, apa kesamaan dari jantung dan ginjal? Ternyata keduanya sama-sama berasal dari dua faktor risiko utama, diabetes, dan hipertensi. Dalam kasus ini, ambil contoh hipertensi.

Ginjal yang rusak akan gagal mengatur tekanan darah. Kok bisa? Pasalnya sistem hormon ginjal yang mengatur tekanan darah, aldosteron, jadi bekerja terlalu keras untuk meningkatkan suplai darah ke ginjal. Alhasil, jantung pun harus memompa semakin banyak darah, dan akhirnya harus bekerja semakin berat. Padahal, jantung sudah terlebih dulu terbebani oleh tekanan darah tinggi. 

Andaikan dibiarkan dalam waktu lama, tekanan darah tinggi bisa membuat ginjal gagal bekerja. Tak cuma itu, hipertensi juga bisa menimbulkan masalah jantung dan stroke. 

Ada juga penyakit lainnya yang bisa berkaitan dengan kondisi ginjal dan jantung. Penyakit ginjal kronis juga bisa menyebabkan anemia. Nah, bila seseorang mengidap anemia, maka jantung dan organ-organ lain tak akan mendapatkan cukup oksigen. Jantung akhirnya akan memompa lebih banyak darah agar kebutuhan organ-organ terpenuhi. 

Kondisi jantung yang bekerja ekstra ini bisa menyebabkan masalah. Mulai dari serangan jantung atau mungkin perikarditis.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
American Heart Association (Diakses pada 2019). What is Pericarditis?
National Institute of Health (Diakses pada 2019). MedlinePlus. Pericarditis 
Mayo Clinic (Diakses pada 2019). Diseases and Conditions. Acute Kidney Failure