Gagal Jantung Bisa Dicegah, Intip 4 Cara Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
gagal jantung

Halodoc, Jakarta - Mengidap gagal jantung? Gejala gagal jantung yang muncul bisa kamu atasi dengan melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Namun, perubahan gaya hidup ini harus tetap diiringi dengan berbagai pengobatan gagal jantung untuk menstabilkan kondisi jantung dan kesehatan tubuh lainnya. Gagal jantung masih bisa dicegah, ini caranya!

Gagal Jantung, Apakah Berbahaya?

Gagal jantung merupakan kondisi saat otot jantung menjadi sangat lemah, sehingga tidak bisa memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, diperlukan pengobatan gagal jantung agar tubuh dapat bekerja seperti sedia kala kembali. Kondisi ini bisa membahayakan, karena bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang dapat memicu terjadinya gagal jantung. Di antaranya adalah:

  • Diabetes.
  • Adanya tekanan darah tinggi.
  • Adanya penyakit jantung koroner.
  • Adanya gangguan pada otot jantung.
  • Adanya gangguan pada ritme jantung.
  • Adanya cacat pada jantung sejak lahir.
  • Adanya kerusakan pada katup jantung.
  • Kekurangan sel darah merah, atau anemia.

Baca juga: Ini Bedanya Gagal Jantung dan Serangan Jantung

Gagal jantung merupakan suatu kondisi untuk menggambarkan keadaan jantung yang tidak berfungsi dengan baik dan tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh secara efisien. Kondisi ini berbeda dari serangan jantung maupun lemah jantung. Ada beberapa jenis gagal jantung, yaitu:

  • Gagal jantung sebelah kanan, yaitu adanya kerusakan pada ventrikel kanan jantung yang menyebabkan proses pengambilan oksigen di dalam paru-paru oleh darah tidak berjalan dengan baik.
  • Gagal jantung sebelah kiri, yaitu adanya kerusakan pada ventrikel kiri jantung, sehingga jantung tidak dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh. Kondisi ini menyebabkan tubuh kekurangan darah yang mengandung oksigen.
  • Gagal jantung diastolik, yaitu kondisi ketika jantung sulit terisi darah akibat adanya kekakuan pada otot organ tersebut.
  • Gagal jantung sistolik, yaitu kondisi ketika otot jantung tidak dapat berkontraksi dengan baik, sehingga proses penyaluran darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh menjadi terganggu.

Ini Tanda-tanda Kalau Kamu Mengidap Gagal Jantung

Gagal jantung biasanya akan menimbulkan gejala, seperti:

  • Rasa lelah yang ekstrem.
  • Sesak napas selama beraktivitas atau pun saat beristirahat.
  • Adanya pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, daerah punggung bawah, atau perut.

Jika mengalami gejala-gejala di atas, jangan didiamkan begitu saja, ya! Karena kondisi ini merupakan masalah kesehatan yang berbahaya karena dapat mengancam nyawa pengidapnya. Bahkan, kondisi ini dapat meningkatkan risiko kematian secara mendadak.

Baca juga: Perbedaan Penyakit Gagal Jantung dengan Syok Kardiogenik

Gagal Jantung Masih Bisa Dicegah dengan Cara Ini

Pengidap penyakit gagal jantung diharuskan untuk mengubah gaya hidup dan minum obat dalam jangka panjang, atau bahkan seumur hidup. Beberapa pengidap yang memiliki gejala yang lebih berat terpaksa akan dipasang alat penopang jantung, melakukan operasi, atau bahkan transplantasi jantung.

Berikut ini tips agar kamu terhindar dari penyakit berbahaya ini:

  1. Menjaga berat badan agar tetap ideal dengan berolahraga secara rutin.
  2. Berhenti merokok dan membatasi konsumsi minuman keras.
  3. Mengonsumsi makanan sehat dan batasi asupan lemak, garam, dan gula.
  4. Menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah pada batas normal.

Baca juga: Terlalu Lelah, Hati-Hati Gagal Jantung

Jika kamu mengalami gangguan kesehatan, lebih baik diskusikan langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!