Ganggu Aktivitas, Ini 2 Cara Atasi Nyeri Gigi Bungsu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ganggu Aktivitas, Ini 2 Cara Atasi Nyeri Gigi Bungsu

Halodoc, Jakarta - Gigi bungsu adalah gigi terakhir yang menembus gusi ketika seseorang mencapai usia 20-an. Gigi ini tumbuh di bagian paling belakang mulut seseorang. Biasanya ada empat gigi bungsu dengan satu di masing-masing sudut terjauh dari gusi atas dan bawah. Rasa sakit pada gigi bungsu dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi dalam beberapa kasus membutuhkan perawatan di rumah sakit atau operasi gigi.

Baca Juga: Apakah Semua Orang Akan Tumbuh Gigi Bungsu?

Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk mencabut gigi bungsu mereka. Ini karena gigi dapat menyebabkan gusi terasa sangat sakit dan mengganggu aktivitas makan. Lantas, adakah perawatan alami untuk meredakan sakit gigi sebelum dicabut?

Gejala Nyeri Gigi Bungsu 

Sebagian orang yang tumbuh gigi bungsu mungkin tidak mengalami masalah sama sekali, sementara yang lain memiliki gejala yang jelas. Tumbuhnya gigi bungsu dapat menembus gusi atau hanya tumbuh setengah atau sebagian saja. Gigi bungsu yang tumbuh sebagian dapat menyebabkan makanan mudah  terperangkap, sehingga seseorang mungkin akan lebih sulit untuk membersihkan gigi lebih sulit. 

Bagi seseorang yang mengalami gigi bungsu yang tumbuh sebagian, rasa sakitnya cenderung lebih hebat ketimbang gigi yang telah menembus gusi. Gejala nyeri akibat tumbuhnya gigi bungsu yaitu:

  • Rasa sakit atau bengkak di sekitar rahang;

  • Gusi merah, bengkak, atau berdarah;

  • Bau mulut;

  • Perasaan tidak enak di mulut;

  • Sulit membuka mulut.

Baca Juga: Menjelang Operasi Gigi Bungsu, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Kapan Gigi Bungsu Perlu Dihilangkan?

Kamu mungkin bertanya-tanya, kapan dan kondisi seperti apa gigi bungsu boleh tetap dibiarkan, dicabut atau harus dioperasi. Apabila kamu mengalami sakit gigi akibat tumbuhnya gigi bungsu, sebaiknya periksakan ke dokter. Biasanya, tumbuhnya gigi bungsu yang tidak menimbulkan masalah, dokter mungkin menyarankan untuk membiarkannya.

Namun, jika rasa nyeri tidak kunjung menghilang meski gigi telah tumbuh sepenuhnya, dokter mungkin menyarankan untuk mencabut gigi. Sedangkan pada kasus gigi tumbuh sebagian, dokter mungkin perlu menjalankan prosedur operasi. Dokter memutuskan untuk tidak melakukan tindakan apapun, gigi tetap harus dipantau untuk kemungkinan masalah gigi lain. 

Cara Mengurangi Nyeri Gigi Bungsu

Sebelum memeriksakan kondisi gigi bungsu ke dokter, berikut perawatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri, yaitu:

  1. Kumur Air Garam

Salah satu cara paling populer untuk meredakan sakit gigi adalah berkumur dengan air garam. Membilas gusi dengan air hangat dan garam dapat membunuh bakteri berbahaya dan meredakan sakit gigi. Selain melukai gusi, gigi bungsu dapat melukai gigi yang lain dan menimbulkan luka. Jadi, menjaga mulut tetap bersih dari bakteri dengan berkumur air garam adalah solusi yang tepat.

Baca Juga: Baru Tumbuh, Mengapa Gigi Bungsu Terasa Sakit?

  1. Aspirin

Aspirin yang biasa digunakan untuk meredakan sakit kepala ternyatajuga bekerja untuk meringankan sakit gigi bungsu. Sebelum konsumsi aspirin, perhatikan baik-baik labelnya dan jangan mengonsumsi lebih dari dosis yang disarankan. Hindari mengonsumsi aspirin terus menerus  tanpa pengawasan dari dokter. Kalau kamu butuh aspirin, belinya lewat aplikasi Halodoc saja. Setelah dipesan melalui aplikasi Halodoc, obat diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam.

Itulah informasi terkait nyeri gigi bungsu yang perlu kamu ketahui. Pastikan untuk rutin mengunjungi dokter gigi untuk mendeteksi tumbuhnya gigi bungsu maupun membersihkan plak-plak yang bisa menimbulkan infeksi.

Referensi:
Medical News Today (Diakses pada 2019). Ways to relieve painful wisdom teeth.
Healthline (Diakses pada 2019). What You Should Know About an Impacted Wisdom Tooth.