Ganggu Kenyamanan, Ini Gejala Alami Kutu Rambut

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ganggu Kenyamanan, Ini Gejala Alami Kutu Rambut

Halodoc, Jakarta - Banyak orang bingung apakah dirinya terserang kutu rambut jika kerap merasa gatal di kepalanya. Padahal, belum dapat dipastikan juga apabila hal tersebut disebabkan oleh parasit kecil yang menempel di kepala tersebut. Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan gangguan yang terjadi agar pengobatannya tidak salah.

Seseorang yang mengidap gangguan kutu rambut harus segera mendapat pengobatan karena gatal yang timbul dapat sangat mengganggu. Maka dari itu, penting untuk mengetahui gejala-gejala apa saja yang dapat timbul ketika mengidap kutu rambut agar tidak salah diagnosis. Berikut beberapa gejala yang dapat kamu pastikan!

Baca juga: Penyebab Kutu Rambut dan Cara Mengatasinya

Gejala yang Timbul Ketika Mengidap Kutu Rambut

Kutu rambut adalah sejenis serangga kecil yang memakan darah dari kulit kepala manusia. Gangguan ini disebut juga dengan pediculosis capitis, yang paling sering terjadi pada anak-anak. Salah satu penyebab seseorang mengalami gangguan ini disebabkan terjangkit langsung dari seseorang yang mengidap gangguan ini melalui penggunaan alat yang sama.

Walau begitu, seseorang yang terjangkit kutu rambut bukan berarti pertanda jika orang tersebut tidak menjaga kebersihan diri atau lingkungannya. Selain itu, kutu tersebut tidak membawa penyakit seperti halnya infeksi pada bakteri atau virus. Namun, gangguan yang timbul karena kutu rambut ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Maka dari itu, penting untuk memastikan gangguan yang menyerang benar disebabkan oleh kutu atau bukan dengan cara melihat gejala yang timbul. Berikut adalah beberapa gejala dari kutu rambut yang dapat terjadi:

  1. Gatal

Gejala yang paling utama ketika seseorang mengidap kutu rambut adalah merasakan gatal pada kulit kepala, yang dapat menjalar hingga leher dan telinga. Gangguan ini adalah reaksi alergi yang pasti terjadi ketika kulit kepala terkena air liur kutu tersebut. Walau begitu, gejala ini tidak langsung terjadi, butuh waktu dua hingga enam minggu setelah terjangkit.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Kutu Rambut

  1. Menemukan Telur Kutu

Gejala lainnya yang dapat timbul ketika kamu terserang kutu rambut adalah menemukan telur kutu di batang rambut. Hal ini paling mudah ditemukan di sekitar telinga dan garis rambut leher. Telur yang sudah kosong mungkin akan lebih mudah dikenali karena warnanya yang lebih terang dan berada jauh dari kulit kepala. Namun, ditemukannya telur kutu belum tentu pertanda terdapat kutu aktif di kepalamu.

Dengan mengetahui beberapa gejala-gejala dari kutu rambut, kamu dapat menghindari gangguan lainnya yang mungkin terjadi. Selain itu, jika kamu mempunyai pertanyaan lanjutan terkait gangguan ini, dokter dari Halodoc siap menjawabnya. Caranya mudah, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

  1. Terasa Pergerakan di Kepala

Kamu juga dapat mengindikasikan diri mengidap kutu rambut jika pada kepala terasa ada yang bergerak, terutama di malam hari. Selain itu, kutu tersebut kerap aktif saat gelap, sehingga seseorang yang mengidapnya akan kesulitan untuk tidur. Kamu juga akan sulit untuk menemukan kutu tersebut karena hewan kecil tersebut takut dengan cahaya. 

Baca juga: Ini 6 Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

  1. Mengalami Iritasi Kepala

Iritasi di kepala juga termasuk salah satu gejala yang dapat timbul sebagai dampak dari rasa gatal yang terus terjadi, sehingga kerap digaruk. Seseorang yang mengalami iritasi karena sulit menahan rasa gatal dapat bersifat ringan hingga berat, dan mungkin saja menimbulkan ruam. Gangguan ini juga dapat menimbulkan infeksi bakteri yang dapat menimbulkan bahaya lainnya.

Itulah beberapa gejala yang dapat kamu ketahui terkait gejala yang timbul ketika seseorang mengidap kutu rambut. Dengan mengetahui beberapa gejala ini, kamu dapat mengambil langkah jitu untuk membunuh penyebab rasa gatal pada kepala tersebut. Akhirnya, aktivitasmu akan kembali seperti sedia kala karena sudah tidak terasa lagi gatal di kepala.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Head lice.
AAD. Diakses pada 2020. Head Lice: Signs And Symptoms.