• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gastroparesis Bisa Akibatkan Dehidrasi Berat

Gastroparesis Bisa Akibatkan Dehidrasi Berat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Gastroparesis Bisa Akibatkan Dehidrasi Berat

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu kerap mudah merasakan kenyang meski hanya makan dengan porsi yang sedikit? Bisa jadi kamu mengidap gastroparesis, yang terjadi akibat adanya masalah pada lambung. Selain itu, penyakit ini juga dapat menyebabkan pengidapnya mengalami mual dan muntah, yang mungkin saja mengeluarkan makanan yang belum tercerna. Berikut pembahasan lebih lengkap terkait hal ini!

Dehidrasi Akibat Gastroparesis

Gastroparesis adalah kondisi yang memengaruhi gerakan normal otot di perut yang terjadi secara spontan. Biasanya, kontraksi otot yang kuat akan mendorong makanan melalui saluran pencernaan. Namun, jika kamu mengidap gangguan ini, gerakan otot tersebut menjadi lebih lambat bahkan tidak berfungsi sama sekali. Akhirnya, perut menjadi tidak dapat dikosongkan dengan benar. Hal ini mencegah pengosongan makanan secara normal dan makanan terlalu lama di perut.

Baca juga: Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Alami Gastroparesis

Selain itu, gastroparesis mengganggu pencernaan normal yang menimbulkan mual dan muntah, serta menyebabkan masalah pada kadar gula darah dan nutrisi di dalam tubuh. Meski begitu, penyebab dari gangguan ini tidak diketahui secara pasti. Juga, gangguan pada otot di perut ini tidak mengancam nyawa, tetapi dapat menimbulkan dampak buruk yang membahayakan. Salah satunya adalah dehidrasi yang berat.

Dehidrasi terjadi ketika banyak cairan tubuh yang terbuang dibandingkan yang masuk. Padahal, air memiliki manfaat yang vital pada tubuh. Hal ini dapat disebabkan oleh mual dan muntah yang terus mengeluarkan cairan dari tubuh. Salah satu efek negatif dari dehidrasi yang parah adalah organ tubuh yang tidak berfungsi dengan normal. Selain itu, masalah kesehatan yang serius juga dapat terjadi akibat dehidrasi parah, seperti:

  • Kejang.
  • Gangguan ginjal, dan
  • Syok hipovolemik.

Selain dehidrasi hebat, gastroparesis juga dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang menimbulkan dampak buruk pada tubuh. Berbagai komplikasi tersebut, antara lain:

  • Masalah Pencernaan Makanan: Seseorang yang mengidap gangguan gastroparesis dapat mengalami masalah pada pencernaan makanannya. Makanan yang masuk ke perut tidak tercerna dan mengeras sehingga menjadi massa padat yang disebut juga bezoar. Hal ini dapat menimbulkan mual dan muntah yang dapat mengancam nyawa saat makanan tidak dapat masuk ke usus kecil.
  • Perubahan Kadar Gula Darah: Walaupun gastroparesis yang terjadi tidak menyebabkan diabetes, terjadinya perubahan kecepatan dan jumlah makanan yang masuk ke usus kecil dapat mengakibatkan perubahan kadar gula darah yang tidak stabil. Pada seseorang yang sudah mengidap diabetes, gangguan yang ada menjadi lebih buruk. Dengan begitu, gastroparesis dapat menjadi semakin parah.

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait gangguan gastroparesis yang dapat sebabkan dehidrasi parah, dokter dari Halodoc siap menjawabnya. Kamu dapat memanfaatkan fitur Chat atau Voice/Video Call pada aplikasi Halodoc untuk mendapatkan interaksi dengan dokter terpercaya kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: 4 Pemeriksaan untuk Deteksi Gastroparesis

Cara Menangani Gastroparesis

Berbagai perawatan dapat dilakukan untuk membantu pengelolaan gastroparesis dan meningkatkan kualitas hidup pengidapnya. Meski begitu, perawatan yang dilakukan tergantung dari tingkat keparahan dari kondisi dan gejala yang ada. Cara paling awal yang disarankan oleh dokter adalah mengonsumsi obat untuk mengontrol mual dan muntah, seperti proklorperazin dan diphenhydramine. Selain itu, obat untuk stimulasi otot, seperti metoclopramide dan eritromisin juga dapat diberikan.

Jika kondisi yang ada tidak membaik setelah dilakukan pengobatan, dokter mungkin akan melakukan pembedahan untuk menempatkan selang makanan melalui perut ke dalam usus kecil agar dapat memastikan tubuh mendapat nutrisi. Selain itu, tindakan lainnya yang dapat dilakukan adalah stimulasi listrik lambung. Hal ini berguna untuk merangsang otot perut yang dilakukan dengan membedah bagian lambung.

Baca juga: Nyeri Ulu Hati Bisa Jadi Gejala Gastroparesis

Itulah pembahasan mengenai gastroparesis yang dapat menyebabkan pengidapnya mengalami dehidrasi berat akibat mual dan muntah. Jika kamu kerap merasakan mual dan muntah disertai dengan lebih mudah kenyang, segera periksakan diri untuk memastikan gangguan yang terjadi. Dengan begitu, penanganan segera dapat dilakukan untuk mencegah komplikasi.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gastroparesis.
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Die From Gastroparesis? And How to Treat It