Gaya Hidup Bisa Sebabkan Sinusitis Kronis, Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
sinusitis kronis

Halodoc, Jakarta - Pengidap sinusitis kronis akan ditandai dengan meradang atau membengkaknya rongga sinus selama lebih dari sepuluh minggu. Sinusitis kronis juga akan menyebabkan pengidapnya kesusahan dalam bernapas. Pasalnya, lendir akan menumpuk pada saluran pernapasan.

Awal kemunculannya, pengidap akan kesulitan bernapas melalui hidung. Namun, seiring berjalannya waktu, akan timbul pembengkakan pada area mata dan wajah yang disertai dengan rasa nyeri. Apakah sinusitis kronis dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat?

Baca juga: Apakah Sinusitis Harus Selalu Dioperasi?

Gaya Hidup Bisa Sebabkan Sinusitis Kronis, Benarkah?

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dapat memicu terjadinya sinusitis kronis. Pasalnya, hawa panas yang diisap dalam rokok akan merangsang organ di sekitar hidung, sehingga menimbulkan iritasi dan memperbesar kemungkinan timbulnya sinusitis. 

Selain merokok, beberapa hal yang dapat memicu terjadinya sinusitis kronis, antara lain:

  • Septum Hidung Bengkok

Septum merupakan dinding yang berada di antara kedua lubang hidung. Membengkoknya dinding ini otomatis akan menghambat saluran sinus dan memicu terjadinya sinusitis.

  • Mengidap Polip Hidung

Polip hidung merupakan jaringan yang tumbuh di dalam saluran hidung. Bentuknya akan menyerupai anggur dan tergantung di dalam hidung. Pengidap polip hidung dapat mengalami penyumbatan saluran sinus dan memicu terjadinya sinusitis.

  • Mengidap Infeksi Saluran Pernapasan

Pengidap infeksi saluran pernapasan akan mengalami peradangan dan penebalan pada selaput sinus. Akibatnya, aliran lendir di hidung akan terhambat. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur.

  • Mengalami Trauma pada Area Wajah

Retak atau kerusakan tulang wajah akibat cedera atau tindakan operasi dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan.

Untuk itu, segera diskusikan dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc untuk mengetahui langkah apa yang harus kamu lakukan. Sinusitis kronis akan ditandai dengan adanya cairan kental dari hidung, penyumbatan pada hidung, kesulitan bernapas, nyeri dan bengkak di sekitar mata, kening, dan hidung, serta berkurangnya indra penciuman.

Baca juga: 15 Tips Agar Sinusitis Tak Mudah Kambuh

Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Sinusitis Kronis

Selain dengan obat-obatan, kamu bisa mengatasi sinusitis kronis dengan melakukan beberapa langkah berikut di rumah.

  • Jaga sirkulasi ruangan agar tetap baik. Jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin agar terhindari dari debu dan kotoran.

  • Jika sinusitis kumat, kamu bisa mengatasinya dengan menghirup uap dari air panas pada sebuah wadah. Uap ini akan melancarkan hidung yang tersumbat.

  • Gunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat, kemudian diperas. Letakkan handuk ini pada wajah kamu selama beberapa waktu untuk mengatasi pembengkakan pada area wajah.

  • Basuh hidung dengan air garam. Air garam ini dapat membantu menjaga kelembapan hidung.

  • Banyak minum air putih untuk membantu mengencerkan lendir dalam hidung dan mengurangi penyumbatan pada sinus.

  • Tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tekanan di sekitar sinus, serta mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman pada hidung.

  • Beristirahat dengan cukup. Kalau bisa beristirahatlah lebih lama dari biasanya untuk mempercepat proses penyembuhan.

Baca juga: Gejala Awal Sinusitis yang Sering Disalahartikan

Langkah-langkah perawatan rumahan tersebut dapat bermanfaat bagi sebagian orang. Namun, jangan dipaksakan jika memang perawatan tidak berhasil pada dirimu. Segera hubungi dokter jika gejala sinus muncul dalam beberapa hari dan tidak kunjung membaik. Penanganan yang tepat akan menghindari kamu dari komplikasi yang akan terjadi.

Referensi:
Cleveland Clinic (Diakses pada 2019). Chronic Sinusitis.
WebMD (Diakses pada 2019). Sinusitis Treatments and Home Remedies.