• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gaya Hidup Sehat Bisa Mencegah Batu Ginjal

Gaya Hidup Sehat Bisa Mencegah Batu Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Gaya Hidup Sehat Bisa Mencegah Batu Ginjal

Halodoc, Jakarta - Dari banyaknya penyakit yang bisa menyerang ginjal, batu ginjal adalah salah satu yang harus diwaspadai. Batu ginjal terjadi akibat pembentukan materi keras (seperti batu) yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal ini bisa terbentuk di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter, kandung kemih, hingga uretra. 

Pembentukan batu ginjal ini dipicu oleh limbah dalam darah. Limah ini yang bisa membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Hati-hati materi ini bisa semakin keras dan menyerupai batu seiring waktu. Hal yang perlu diwaspadai, batu ginjal yang dibiarkan tanpa penanganan, bisa memicu berbagai komplikasi serius. Pertanyaannya, seperti apa gaya hidup sehat untuk mencegah batu ginjal?

Baca juga: Minum Infused Water Bisa Mencegah Batu Ginjal, Benarkah?

1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah cara terbaik untuk mencegah batu ginjal. Ingat, bila tubuh tidak mendapatkan cukup cairan, maka produksi urine juga menurun.

Keluarnya urine yang rendah berarti urine lebih pekat, dan kecil kemungkinannya untuk melarutkan garam urine yang menyebabkan batu ginjal. Cobalah minum sekitar delapan gelas cairan setiap hari atau setara dengan 1,5-2 liter. Namun, bila dirimu berolahraga atau mengeluarkan banyak keringat, tubuh memerlukan cairan tambahan. 

Baca Juga: Begini Metode untuk Mengobati Batu Ginjal

2. Kurangi Asupan Garam

Asupan garam yang berlebihan meningkatkan risiko batu ginjal kalsium. Menurut Urology Care Foundation, terlalu banyak garam dalam urine mencegah kalsium diserap kembali dari urine ke darah. Kondisi ini yang menyebabkan kalsium urine tinggi sehingga menyebabkan batu ginjal.

Sementara itu, mengonsumsi lebih sedikit garam membantu menjaga kadar kalsium urine lebih rendah. Semakin rendah kalsium dalam urine, maka semakin rendah risiko terbentuknya batu ginjal.

Oleh sebab itu, hindari makanan yang banyak mengandung natrium atau garam. Contohnya seperti makanan olahan (seperti keripik, dll), sup kalengan, sayuran kaleng, makanan yang mengandung monosodium glutamat, hingga makanan yang mengandung natrium nitrat.

3. Batasi Makanan yang Kaya Oksalat

Beberapa batu ginjal terbuat dari oksalat, senyawa alami yang ditemukan dalam makanan yang mengikat kalsium dalam urine untuk membentuk batu ginjal. Nah, membatasi makanan kaya oksalat mampu menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Lantas, apa saja makanan yang banyak mengandung oksalat? 

  • Bayam.
  • Cokelat.
  • Ubi jalar.
  • Kopi.
  • Bit.
  • Kacang kacangan.
  • Produk kedelai.
  • Dedak gandum.

Baca juga: Perlukah Operasi untuk Atasi Batu Ginjal?

4. Kurangi Konsumsi Protein Hewani

Cara mencegah batu ginjal bisa dengan membatasi atau mengurangi asupan protein hewani. Makanan tinggi protein hewani bersifat asam dan meningkatkan asam urine. Asam urine yang tinggi menyebabkan asam urat dan batu ginjal kalsium oksalat. Oleh sebab itu, batasilah asupan daging sapi hingga unggas. 

5. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Gaya hidup sehat untuk mencegah batu ginjal bisa dilakukan dengan menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini karena obesitas dapat menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan jumlah kalsium dalam urine. 

Selain itu, tingkat keasaman urine pada orang yang obesitas lebih tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal. Jaga berat badan tetap ideal dengan pola makan sehat, rutin berolahraga, dan memiliki kualitas tidur yang baik setiap harinya. 

Bagaimana, tertarik mencoba hal-hal di atas demi terhindari dari batu ginjal? Ingat, batu ginjal bukan penyakit yang dapat dipandang sebelah mata. Bila dibiarkan tanpa penanganan, batu ginjal bisa memicu komplikasi serius.

Contohnya obstruksi ureter, perdarahan saat berkemih (akibat keluarnya batu pada ureter), infeksi yang menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah (bakteremia), hingga kerusakan ginjal permanen.

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah pada ginjal atau keluhan kesehatan lainnya, bisa memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit. Praktis, kan? 



Referensi:
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. Health A-Z. Kidney Stones.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Disease & Conditions. Kidney Stones.
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Ways to Prevent Kidney Stones