• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi, meningkatkan risiko terjadinya banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung, stroke, dan ginjal. Meski kamu tidak bisa selalu mengontrol apakah mengalami hipertensi, tetapi ada kebiasaan hidup sehat yang bisa kamu lakukan untuk membantu mencegah hipertensi dan mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan serius di masa depan.

Usia, riwayat kesehatan keluarga, hingga suku menjadi beberapa faktor risiko hipertensi yang tidak bisa kamu kendalikan. Agar bisa mencegah tubuh terserang tekanan darah tinggi, kamu harus berfokus pada faktor risiko yang bisa dikontrol. Nah, berikut ini beberapa gaya hidup sehat yang bisa kamu jalani untuk mencegah tekanan darah tinggi:

  • Jaga Berat Badan

Berat badan menjadi salah satu aspek penting terkait pencegahan hipertensi. Orang yang kelebihan berat badan harus mencoba menurunkannya dengan pola makan yang sehat. Sementara orang dengan berat badan normal harus menghindari terjadinya obesitas. Olahraga rutin dan perubahan pola hidup bisa membantu kamu mendapatkan berat badan ideal.

Baca juga: Obat Darah Tinggi dari Makanan, Konsumsi 7 Makanan Ini

Tanyakan pada dokter atau ahli gizi jenis diet yang tepat untuk kondisi fisik dan kesehatanmu. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc, sehingga tanya jawab menjadi lebih mudah. Salah melakukan diet tidak hanya membuat kamu tidak bisa mendapatkan berat badan ideal, tetapi juga bisa membuat tubuh mengalami kondisi kesehatan yang lebih serius.

  • Kurangi Asupan Garam

Bagi banyak orang, mengonsumsi makanan rendah natrium atau garam bisa membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Semakin tinggi asupan garam, semakin tinggi pula tekanan darah. Kamu bisa menghindari asupan makanan tinggi garam dengan mengurangi konsumsi makanan kemasan dan olahan tinggi natrium, serta tidak menambahkan terlalu banyak garam pada makanan.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Darah Tinggi

  • Olahraga Secara Teratur

Banyaklah melakukan aktivitas fisik untuk mencegah tubuh mengalami tekanan darah tinggi. Semakin banyak olahraga semakin baik, tetapi sedikit pun bisa membantu mengontrol tekanan darah. Olahraga ringan sekitar 30 menit setiap harinya sebelum kamu memulai aktivitas harian sudah sangat cukup untuk membantu menjaga kesehatan. 

  • Batasi Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol berdampak negatif pada tubuh, salah satunya adalah menyebabkan naiknya tekanan darah yang berujung pada hipertensi. Bagi wanita, batas maksimalnya adalah tidak lebih dari satu gelas setiap harinya, sedangkan pada pria, tidak lebih dari dua gelas per hari.

  • Selalu Memantau Tekanan Darah

Pastikan kamu juga selalu memantau tekanan darah secara rutin. Pasalnya, tekanan darah tinggi sering terjadi tanpa adanya gejala, jadi melakukan pemantauan menjadi cara yang paling baik untuk mengetahui apakah tekanan darah masih normal, terlalu rendah, atau justru terlalu tinggi. Setidaknya, lakukan pengecekan setiap bulan sekali.

Baca juga: 6 Cara Ampuh Mengontrol Tekanan Darah

  • Berhenti Merokok

Setiap batang rokok yang kamu hisap akan meningkatkan tekanan darah selama beberapa menit setelah rokok habis, sehingga berhenti merokok adalah cara yang paling baik untuk menghindari terjadinya hipertensi, mengurangi risiko terserang penyakit jantung, paru-paru, dan membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  • Kurangi Stres

Stres kronis dapat menyebabkan hipertensi. Jadi, kamu harus bisa mengendalikannya agar tubuh terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang berbahaya. Kamu bisa melakukan hobi, relaksasi, dan yoga sebagai cara mudah mengendalikan stres.

Tidak hanya bisa membantu mencegah terjadinya hipertensi, membiasakan pola hidup sehat juga bisa membuat tubuh terhindar dari banyak penyakit, terlebih penyakit yang serius dan membahayakan nyawa.



Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. 10 Ways to Control High Blood Pressure Without Medication.
Everyday Health. Diakses pada 2020. 6 Ways to Prevent Hypertension.