• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gaya Hidup Sehat yang Perlu Diterapkan Pengidap Hipertiroidisme

Gaya Hidup Sehat yang Perlu Diterapkan Pengidap Hipertiroidisme

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Gaya Hidup Sehat yang Perlu Diterapkan Pengidap Hipertiroidisme

Halodoc, Jakarta – Hipertiroidisme adalah suatu kondisi ketika tiroid membuat terlalu banyak T4, T3, atau keduanya. Tetraiodothyronine (T4) dan Triiodothyronine (T3) dihasilkan oleh hormon tiroid yang mengontrol bagaimana sel menggunakan energi. 

Kelenjar tiroid mengatur metabolisme melalui pelepasan hormon-hormon ini. Jumlah T4, T3, atau keduanya yang tinggi dapat menyebabkan tingkat metabolisme yang terlalu tinggi. Hipertiroidisme menyebabkan detak jantung yang cepat, tekanan darah tinggi, dan tremor tangan. Gaya hidup sehat dapat membantu menangani kondisi hipertiroidisme. Gaya hidup sehat seperti apa yang perlu diterapkan untuk pengidap hipertiroidisme?

Baca juga: 5 Penyakit yang Bisa Menyerang Kelenjar Tiroid

Pola Makan Sehat untuk Pengidap Hipertiroidisme

Diet yang sehat dan seimbang dapat membantu penanganan hipertiroidisme. Pengidap penyakit ini perlu menjaga keseimbangan sayuran, buah-buahan, biji-bijian sehat, dan sumber protein tanpa lemak.

Namun, jika kamu sedang menjalani perawatan untuk hipertiroidisme dan telah kehilangan banyak berat badan, ada beberapa kondisi di mana dokter akan merekomendasikan kamu untuk menambah berat badan. 

Beberapa jenis makanan berikut direkomendasikan untuk dikonsumsi:

1. Salmon 

Ikan salmon memiliki lemak sehat yang berkontribusi untuk menjaga berat badan. Terutama pada orang dengan kondisi tiroid yang terlalu aktif, yang cenderung terus-menerus mengalami penurunan berat badan. Kamu perlu menghindari ikan air asin karena mengandung yodium berlebih yang ditemukan di perairan laut. 

2. Lentil 

Ini adalah sumber protein dan serat yang baik tanpa lemak jenuh yang tidak ditemukan dalam daging.

3. Makanan Rendah Yodium

Pola makan sehat pengidap hipertiroidisme juga termasuk diet rendah yodium. Pasalnya, terlalu banyak yodium dapat memperburuk gejala hipertiroid. 

Tiroid dengan mudah dapat menyerap yodium dan makan terlalu banyak yodium dapat memperburuk gejala hipertiroid. Garam beryodium, keju, susu, telur, dan ikan air asin adalah jenis makanan yang perlu dihindari.

Baca juga: 7 Manfaat Salmon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jumlah Olahraga yang Tepat untuk Berat Badan yang Sehat

Olahraga teratur dapat membuat kamu merasa lebih fit dan membantu meningkatkan kesehatan jangka panjang. Orang dengan hipertiroidisme direkomendasikan untuk melakukan latihan kardiovaskular yang dapat meningkatkan mood sekaligus kepadatan tulang. 

Olahraga dapat mencegah penambahan berat badan berlebih dan juga membantu mengendalikan nafsu makan. Itulah sebabnya olahraga dapat membantu penanganan penyakit ini. 

Ada baiknya kamu berdiskusi dengan dokter untuk menentukan berat badan yang dianggap sesuai untuk kondisi hipertiroidisme yang kamu alami. Pasalnya, kondisi hipertiroidisme masing-masing orang bisa berbeda. 

Pengidap kondisi ini tidak akan selalu mengalami penurunan berat badan. Begitu juga untuk pengidap hipertiroidisme dengan jenis yang berbeda. Mereka tidak memerlukan olahraga berlebih, karena detak jantung dan laju metabolisme sudah meningkat saat istirahat.

Berbagai kondisi dapat menyebabkan hipertiroidisme. Penyakit Graves, gangguan autoimun, adalah penyebab paling umum. Penyakit ini dapat menyebabkan antibodi merangsang tiroid untuk mengeluarkan terlalu banyak hormon. Selain itu, penyakit Graves lebih sering terjadi pada wanita daripada pria dan cenderung berjalan dalam keluarga yang menunjukkan hubungan genetik. 

Baca juga: Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

Itulah informasi mengenai hipertiroidisme dan gaya hidup yang perlu diterapkan untuk orang yang mengalami gangguan fungsi hormon tiroid ini. Kalau kamu masih punya pertanyaan mengenai penyakit ini ataupun isu kesehatan lainnya bisa ditanyakan melalui aplikasi Halodoc. Belum download aplikasinya? Yuk, segera download sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Hyperthyroidism.
Everyday Health. Diakses pada 2021. Diet and Lifestyle Tips to Help Manage Hyperthyroidism.