19 April 2018

Gaya Makan Baru, Inilah 5 Nutrisi Dasar bagi Vegan

Gaya Makan Baru, Inilah 5 Nutrisi Dasar bagi Vegan

Halodoc, Jakarta – Diet menjadi salah satu aktivitas yang semakin digemari dari waktu ke waktu, terutama oleh wanita. Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih kurus dan langsing, diet juga disinyalir akan menjadikan tubuh lebih sehat. Ini tak mengherankan, karena saat berdiet, kamu memilah dan membatasi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Nah, diet vegetarian adalah metode yang paling banyak dipilih. Gaya makan untuk vegetarian jenis ini menuntut seseorang untuk mengganti asupan daging serta karbohidrat berlebih dengan sayur dan buah. Diet vegetarian pun katanya menjadi jenis diet terbaik untuk menurunkan berat badan berlebih. Berikut ini adalah nutrisi dasar yang perlu diperhatikan oleh para vegan (sebutan untuk para pelaku diet vegetarian) saat menjalani diet vegetarian.

Kalsium

Kalsium amat penting untuk menunjang kekuatan gigi dan tulang. Tak hanya itu, nutrisi ini juga penting untuk perbaikan fungsi saraf. Bagi orang dewasa, asupan kalsium yang dibutuhkan setiap harinya adalah sebesar 1.000 – 2.000 miligram. Agar terpenuhi, kamu bisa mengonsumsi sayuran seperti rumput laut, brokoli, dan sawi. Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi juga bisa kamu temukan pada buah pisang.

Protein

Nutrisi selanjutnya yang harus kamu cukupi saat menjalankan gaya makan untuk vegetarian adalah protein, yang banyak ditemukan pada kedelai, telur, dan berbagai biji-bijian. Tubuh orang dewasa membutuhkan protein sebesar 45 gram untuk wanita dan 55 gram untuk pria setiap harinya. Meski demikian, sebaiknya kamu jangan mengonsumsi kedelai terlalu berlebihan, karena kedelai mengandung zat sisa berupa asam fitat. Akibatnya, makanan yang kamu konsumsi sulit dicerna dan diserap oleh tubuh.

Baca juga: Inilah Fakta Diet Mayo agar Diet Lebih Berfaedah

Asam Lemak Esensial

Selain protein, tubuh juga memerlukan asupan lemak untuk menyerap dan mencerna vitamin A, D, E, dan K yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, lemak juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, memberikan energi, dan mengatur kolesterol. Dalam tubuh, asupan lemak harian yang dibutuhkan adalah sebanyak 1–2 sendok makan saja. Sumber lemak bisa kamu dapatkan dari mentega, minyak kelapa, atau minyak wijen.

Vitamin B12

Semua vitamin penting untuk tubuh. Oleh karena itu, asupan hariannya tetap perlu kamu perhatikan. Jangan sampai fokusmu akan diet membuatmu lupa untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang justru penting agar kesehatanmu kamu tetap prima. Nah, salah satu vitamin yang penting saat kamu sedang menjalani diet atau gaya makan untuk vegetarian adalah vitamin B12.

Beberapa vegan memilih untuk tidak mengonsumsi telur atau susu dan lebih memilih jamur atau tanaman hasil laut sebagai gantinya. Tidak salah kok, karena semua jenis jamur yang bisa dikonsumsi memiliki kandungan vitamin B12 yang tinggi. Vitamin ini akan menjaga setiap organ tubuh untuk tetap bekerja sesuai fungsinya, juga mempertahankan keseimbangan tubuh.

Baca juga: Penggemar Matcha, Ini Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Zat Besi dan Zinc

Nutrisi dasar terakhir yang dibutuhkan oleh Vegan adalah Zat Besi dan Zinc. Kedua nutrisi ini ada pada semua jenis sayuran. Rajin mengonsumsi sayuran tak hanya akan menyehatkan badan, asupan zat besi dan zinc pada tubuh pun terpenuhi.

Perlu diketahui bahwa tubuh tidak memroduksi zinc, sehingga kamu harus banyak makan sayuran untuk mencukupinya. Zinc sendiri berfungsi untuk membantu proses sintesis DNA, sistem pertahanan tubuh, dan membantu kinerja indera penciuman dan perasa.

Sementara itu, konsumsi zat besi yang dianjurkan untuk tubuh setiap harinya adalah sebesar 18 miligram bagi wanita yang berada pada rentang usia 19 – 55 tahun. Untuk wanita yang usianya di atas 50 tahun, asupan zat besi yang dibutuhkan adalah sebesar 8 miligram, sama dengan kebutuhan untuk pria dewasa. Sumber makanan dengan kandungan zat besi tinggi di antaranya bayam, kangkung, kacang polong, dan kol.

 

Tak boleh sembarangan, melakukan diet pun juga ada caranya. Agar diet yang kamu lakukan tidak salah, tanyakan saja langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play Store dan App Store. Selain berdiskusi dengan dokter, melalui aplikasi Halodoc, kamu juga bisa melakukan pembelian vitamin tanpa harus keluar rumahYuk, download sekarang!