Gejala Asam Urat yang Terjadi di Usia Muda

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Gejala Asam Urat yang Terjadi di Usia Muda

Halodoc, Jakarta – Asam urat dikenal sebagai penyakit “orang tua” karena banyak menyerang orang di atas usia 40 tahun. Padahal, penyakit ini juga bisa terjadi pada orang yang berusia muda, seperti 20 atau 30 tahun, lho. Gejala asam urat pada usia muda sama seperti gejala penyakit ini pada umumnya, yaitu rasa nyeri yang menyiksa pada area sendi, dan kadang disertai pembengkakan.

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Asam Urat

Perlu diketahui bahwa penyakit asam urat merupakan kondisi ketika kadar asam urat berlebihan di dalam tubuh, sehingga membentuk kristal monosodium urat dan menumpuk pada jaringan tubuh dan sendi. Umumnya, penumpukan kristal terjadi pada persendian jari tangan, kaki, atau bagian tubuh lain seperti lutut dan pergelangan tangan.

Pada tahap awal, penyakit ini memang biasanya tidak memberikan gejala yang berarti. Namun seiring bertambahnya penumpukan kristal, keluhan berupa nyeri hebat pada sendi dan jaringan di sekitarnya dapat terjadi. Jika kamu mengalami gejala seperti itu, segera download dan gunakan aplikasi Halodoc untuk berdiskusi dengan dokter lewat chat, dan beli obat yang diresepkan dokter melalui aplikasinya juga.

Baca juga: Ini Batas Kadar Asam Urat yang Normal Bagi Pria

Penyebab Terjadinya Asam Urat

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan peningkatan dan penumpukan asam urat dalam tubuh, yang kemudian berkembang menjadi penyakit asam urat, yaitu:

  • Jenis kelamin. Penyakit asam urat lebih rentan terjadi pada pria. Namun setelah wanita memasuki masa menopause, risiko untuk mengalami asam urat juga dapat meningkat.

  • Faktor genetik. Penyakit asam urat dapat diturunkan dari orangtua. Jadi, jika kamu memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit asam urat, risiko kamu untuk mengalami kondisi serupa juga akan meningkat.

  • Makanan. Asam urat dapat terbentuk dan meningkat jumlahnya di tubuh jika mengonsumsi makanan tertentu yang mengandung kadar purin yang tinggi. Jenis makanan yang tinggi purin adalah daging, makanan laut, jeroan, kacang-kacangan, dan minuman beralkohol.

  • Obesitas. Memiliki berat badan berlebih dapat membuat tubuh memproduksi asam urat dalam jumlah yang lebih banyak, sehingga lama-kelamaan kadarnya akan berlebihan dan menumpuk di dalam tubuh.

  • Kondisi medis tertentu. Pada beberapa kasus, penyakit asam urat dapat terjadi sebagai komplikasi dari kondisi medis tertentu, seperti hipertensi, diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung, dan ginjal.

  • Obat-obatan. Ada beberapa jenis obat yang dapat memicu tingginya kadar asam urat. Oleh karena itu, kamu tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, dan mengikuti instruksinya dalam penggunaan obat.

Baca juga: Waspadai Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Bagaimana Cara Mencegah Asam Urat di Usia Muda?

Penyakit asam urat di usia muda sebenarnya dapat dicegah, kok. Beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan adalah:

  • Miliki pola makan sehat dan seimbang dan kurangi konsumsi makanan tinggi purin, seperti daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, dan sayur hijau.

  • Hindari minuman yang mengandung pemanis buatan fruktosa seperti soda, dan minuman beralkohol.

  • Lakukan olahraga secara rutin, setidaknya sebanyak lima kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit per hari.

  • Jaga berat badan tetap ideal.

  • Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Hal ini penting agar bisa mendeteksi sejak dini jika ada gangguan kesehatan yang dialami. Semakin dini terdeteksi, peluang kesembuhan setiap penyakit dapat semakin tinggi.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. Gout: Symptoms, causes, treatment.