• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gejala Awal Meningitis yang Harus Diwaspadai
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gejala Awal Meningitis yang Harus Diwaspadai

Gejala Awal Meningitis yang Harus Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Desember 2021
Gejala Awal Meningitis yang Harus DiwaspadaiGejala Awal Meningitis yang Harus Diwaspadai

“Meningitis ditandai dengan peradangan pada cairan dan selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Kondisi ini perlu diatasi dengan langkah yang tepat, yaitu dengan melihat gejala awal yang muncul.”

Halodoc, Jakarta – Sebagian besar kasus meningitis memang disebabkan oleh infeksi virus. Meski begitu, infeksi bakteri, parasit, dan jamur bisa menjadi penyebab lain. Ini gejala meningitis yang harus segera diatasi:

1. Demam

Gejala meningitis yang biasanya pertama muncul adalah demam. Kondisi ini menjadi pertanda kekebalan tubuh tengah berperang melawan infeksi yang masuk. Ada baiknya segera periksakan diri jika gejala ini muncul.

2. Leher Terasa Kaku

Jika kamu sering mengalami kaku pada leher akibat posisi yang salah, coba waspadai lebih dulu. Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi pertanda meningitis di awal kemunculannya.

3. Mual dan Muntah

Mual dan muntah menjadi gejala meningitis awal selanjutnya. Kondisi ini membuat pengidapnya malas untuk makan, yang berakibat pada penurunan berat badan secara signifikan.

4. Sakit Kepala

Sakit kepala menjadi salah satu pertanda meningitis di awal kemunculannya. Kondisi ini kerap dialami oleh pengidap seminggu setelah terinfeksi, bahkan bisa disertai dengan pingsan. Rasa sakit umumnya muncul secara tiba-tiba.

5. Sulit Fokus

Gejala meningitis awal yang terakhir adalah kesulitan untuk fokus. Bukan itu saja, pengidap juga mengalami linglung dan cenderung tidak menyadari telah melakukan banyak aktivitas sebelumnya.

Itulah beberapa gejala meningitis awal yang harus segera diatasi. Semakin cepat penanganan dilakukan, maka semakin tinggi persentase pengidap untuk mencapai kesembuhan.

Jika bingung tentang apa yang harus dilakukan, kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter lewat aplikasi Halodoc terlebih dulu. Ingat, kematian menjadi komplikasi paling parah yang bisa saja terjadi.

Jadi, pastikan sejumlah gejala meningitis diatasi dengan langkah perawatan yang tepat dan cepat. Download Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan informasi kesehatan menarik lainnya, ya!

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Meningitis.
NHS UK. Diakses pada 2021. Meningitis.
WebMD. Diakses pada 2021. Meningitis Symptoms Warning Signs.