• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gejala Diabetes pada Wanita yang Perlu Diwaspadai
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gejala Diabetes pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

Gejala Diabetes pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Desember 2021
Gejala Diabetes pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

“Diabetes tidak hanya terjadi karena keturunan, tetapi bisa juga disebabkan pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Namun, ternyata, masalah kesehatan ini lebih berbahaya jika terjadi pada wanita. Kenali gejala diabetes pada wanita yang perlu diwaspadai.”

Halodoc, Jakarta – Apabila kamu memiliki anggota keluarga dengan kondisi diabetes, terlebih anggota keluarga inti, sebaiknya kamu mulai memperhatikan kondisi kesehatan tubuhmu dengan pola hidup dan pola makan yang sehat. Pasalnya, diabetes menjadi salah satu masalah kesehatan yang sangat mungkin menurun jika ada riwayat dari anggota keluarga inti. 

Tak hanya itu, diabetes juga ternyata lebih berbahaya apabila terjadi pada wanita. Center for Disease Control and Prevention mengatakan, wanita ternyata empat kali lebih berisiko mengalami masalah kesehatan jantung yang terjadi sebagai komplikasi dari diabetes. Selain itu, wanita pun lebih berisiko mengalami komplikasi diabetes, seperti depresi, penurunan daya lihat, hingga masalah ginjal. 

Ini Gejala-Gejala Diabetes pada Wanita

Diabetes merupakan masalah kesehatan kronis yang ditandai dengan kadar glukosa dalam darah yang tinggi. Glukosa sendiri adalah sumber energi paling utama pada sel tubuh manusia. Akan tetapi, glukosa dalam darah yang berlebihan justru bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan karena tidak mampu diserap oleh tubuh dengan optimal. Kondisi ini tentunya akan meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada organ tubuh. 

Jadi, tentu kamu harus mengetahui apa saja gejala diabetes pada wanita yang perlu diwaspadai, sehingga bisa segera ditangani. Berikut di antaranya:

  • Sering Haus

Wajar jika kamu merasa haus, terlebih jika sedang beraktivitas di luar rumah kala cuaca panas atau setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik. Penyebab lainnya bisa karena kurang minum atau kamu mengonsumsi makanan dengan rasa asin atau pedas. Namun, jika kamu sering haus tanpa sebab, bahkan saat sedang tidak melakukan banyak aktivitas, kamu mungkin mengalami gejala diabetes. Pengidap diabetes selalu merasa tenggorokan kering sehingga mudah haus. 

  • Sering Mengalami Infeksi Saluran Kencing (ISK)

Apakah kamu sering mengalami infeksi saluran kemih (ISK) atau infeksi reproduksi lainnya? Jika iya, kamu perlu berhati-hati karena hal tersebut menjadi salah satu gejala diabetes. Infeksi pada saluran kemih juga bisa diikuti dengan banyak gejala lainnya, seperti infeksi karena jamur. Pasalnya, kadar gula darah yang tinggi akan memungkinkan jamur lebih mudah berkembang. 

  • Penglihatan Menurun

Penyakit diabetes juga mengakibatkan seseorang rentan mengalami penurunan daya penglihatan. Ini karena tingginya kadar glukosa dalam darah bisa menarik cairan dari jaringan tubuh, termasuk pada bagian lensa mata. Jika kamu mengalami hal ini secara tiba-tiba, kamu bisa cek fungsi penglihatan sekaligus mengecek kadar gula dalam darah. 

  • Perubahan Siklus Menstruasi

Wanita yang mengidap diabetes pun bisa mengalami perubahan pada siklus menstruasi. Ini karena perubahan hormon bisa mengakibatkan kadar glukosa di dalam darah menjadi tidak tentu. Dampaknya, menstruasi bisa terjadi lebih lama atau gejala yang muncul menjadi lebih parah. 

  • Sering Buang Air Kecil

Gejala diabetes pada wanita yang perlu diwaspadai lainnya adalah meningkatnya keinginan untuk buang air kecil. Hal ini dikatakan ada hubungan langsung dengan kondisi tenggorokan yang kering dan sering merasa haus yang berdampak pada sering buang air kecil pada pengidap diabetes. 

Itu tadi beberapa gejala diabetes pada wanita yang perlu diketahui dan waspadai. Jadi, pastikan kamu menjaga pola makan dan pola hidup sehat mulai saat ini ya, guna mencegah terjadinya diabetes dan masalah kesehatan kronis di masa mendatang. Jangan lupa konsumsi vitamin jika memang dibutuhkan. Beli lebih mudah lewat aplikasi Halodoc, pilih fitur pharmacy delivery. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di ponselmu!

Referensi: 
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Diabetes and Women
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diabetes Symptoms
Healthline. Diakses pada 2021. Diabetes Thirst
Prevention. Diakses pada 2021. These Are The 8 Diabetes Symptoms Women Need to Watch Out For.