• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gejala Dini Kanker Tenggorokan yang Perlu Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gejala Dini Kanker Tenggorokan yang Perlu Diketahui

Gejala Dini Kanker Tenggorokan yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 Desember 2021
Gejala Dini Kanker Tenggorokan yang Perlu Diketahui

“Jangan abaikan batuk dan sakit tenggorokan yang tidak membaik dalam beberapa waktu. Kedua kondisi tersebut bisa menjadi gejala dini kanker tenggorokan. Selain itu, perubahan suara menjadi serak, sulit menelan, adanya sensasi mengganjal di tenggorokan menjadi gejala lain yang perlu diwaspadai sebagai gejala dini kanker tenggorokan.”

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan abaikan jika batuk dan sakit tenggorokan terjadi terus-menerus dan tidak menunjukkan kondisi yang membaik. Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan terkait keluhan kesehatan untuk mengetahui penyebab gejala yang kamu alami.

Batuk dan sakit tenggorokan bisa menjadi beberapa gejala dini dari kanker tenggorokan. Untuk itu, diperlukan pendeteksian lebih dini agar kondisi ini dapat lebih mudah diatasi dengan pengobatan dan perawatan yang tepat. Yuk, cari tahu lebih banyak gejala dini kanker tenggorokan agar kamu lebih waspada terhadap kondisi kesehatan.

Waspada Gejala Dini Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan adalah kondisi ketika muncul sel-sel abnormal atau sel kanker pada bagian tenggorokan (faring) atau kotak suara (laring). Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab dari kanker tenggorokan. 

Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker tenggorokan, seperti human papillomavirus (HPV), kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol berlebihan, kurang mengonsumsi buah dan sayur, serta memiliki riwayat keluarga dengan kanker tenggorokan.

Meskipun kanker tenggorokan menjadi jenis penyakit kanker yang jarang ditemukan, tidak ada salahnya mengenali gejala dini kanker tenggorokan agar kamu lebih waspada terhadap penyakit ini.

Gejala dini kanker tenggorokan biasanya meliputi:

  1. Batuk

Batuk biasanya akan ditandai dengan kondisi batuk yang tidak kunjung membaik. Batuk yang disebabkan kanker tenggorokan bisa berlangsung cukup lama. Jika kanker tenggorokan sudah cukup parah, biasanya batuk juga akan disertai dengan munculnya darah.

  1. Perubahan Suara

Sel kanker yang muncul pada tenggorokan mampu mengubah suara pengidap kanker tenggorokan. Biasanya, suara akan menjadi serak hingga sulit dimengerti oleh orang lain.

Perubahan suara dapat terjadi ketika sel kanker memengaruhi pita suara (glotis). Gejala ini sangat umum dialami di awal penyakit ini muncul. 

Jadi, jangan abaikan jika kamu mengalami perubahan suara atau serak selama 2 minggu terus menerus. Segera lakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab perubahan suara.

  1. Rasa Tidak Nyaman di Tenggorokan

Kanker tenggorokan menyebabkan pengidapnya merasa kondisi tidak nyaman pada tenggorokan. Hal ini membuat pengidap kanker tenggorokan memiliki keinginan untuk membersihkan area tenggorokan dengan melakukan batuk kecil.

Selain itu, rasa tidak nyaman dapat muncul karena adanya rasa nyeri pada tenggorokan yang tidak membaik. Kondisi tidak nyaman pada bagian tenggorokan akan disertai dengan rasa nyeri pada area telinga.

  1. Kesulitan Menelan

Pengidap kanker tenggorokan dapat mengalami kesulitan mengunyah dan menelan jika kondisi kanker sudah dalam tingkat parah. Gejala ini membuat pengidap kanker tenggorokan mengalami penurunan nafsu makan yang kerap disertai penurunan berat badan.

  1. Benjolan di Area Leher

Benjolan pada pengidap kanker tenggorokan dapat terjadi ketika sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening yang terdekat.

Sebaiknya jangan abaikan beberapa keluhan kesehatan yang terkait dengan kanker tenggorokan. Jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab keluhan kesehatan yang kamu alami.

Ada beberapa pemeriksaan yang bisa mendiagnosis kanker tenggorokan, seperti melakukan biopsi, tes darah, pemeriksaan melalui CT scan, X-Rays, MRI, hingga endoskopi untuk memastikan kondisi tenggorokan.

Yuk, buat janji di rumah sakit terdekat untuk melakukan berbagai pemeriksaan menggunakan aplikasi Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play. Dengan begitu, pemeriksaan yang akan kamu jalankan dapat berjalan lancar tanpa antre!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Throat Cancer.
Web MD. Diakses pada 2021. What You Need to Know About Throat Cancer.
Healthline. Diakses pada 2021. What is Throat Cancer?
Cancer Council. Diakses pada 2021. Throat Cancer.
American Cancer Society. Diakses pada 2021. Signs and Symptoms of Laryngeal and Hypopharyngeal Cancers.