Berbagai Gejala Kanker pada Pria yang Tidak Boleh Diabaikan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Berbagai Gejala Kanker pada Pria yang Tidak Boleh Diabaikan

Halodoc, Jakarta – Kanker bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Namun, ada beberapa jenis kanker yang awal kemunculannya tidak ditandai dengan gejala tertentu. Padahal, deteksi dini kanker sangat dibutuhkan untuk membantu mengatasi dan mencegah penyakit ini berkembang menjadi lebih buruk. Lantas, apa saja gejala kanker yang sebaiknya tidak diabaikan, terutama pada pria? Berikut ulasan selengkapnya!

Hingga kini penyebab pasti kanker masih belum diketahui, tetapi kondisi ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko pria terserang kanker, mulai dari pola makan, gaya hidup tidak sehat, hingga faktor keturunan. Semakin cepat kanker dideteksi dan ditangani, maka akan semakin baik. Untuk pria, ada beberapa gejala awal kanker yang sebaiknya tidak diabaikan! 

Baca juga: 5 Kanker yang Paling Ditakuti Pria

Gejala Kanker yang Tidak Boleh Diabaikan 

Semua bagian tubuh manusia bisa terserang kanker. Kabar buruknya, kebanyakan jenis kanker yang menyerang sering muncul tanpa ada gejala sehingga terlambat dideteksi dan diobati. Ada beberapa jenis kanker yang menyerang pria yang bisa dikenali dengan gejala berupa: 

  • Kesulitan Menelan 

Nyeri pada tenggorokan serta kesulitan menelan bisa menjadi tanda penyakit radang tenggorokan. Namun, hati-hati jika gejala ini terjadi secara berkepanjangan dan malah menjadi semakin buruk. Kesulitan menelan bisa menjadi gejala awal dari kanker tenggorokan atau kanker perut. Umumnya, gejala ini akan disertai dengan muntah dan penurunan darah drastis dalam waktu singkat. 

  • Masalah Buang Air 

Gangguan saat buang air juga bisa menjadi tanda awal kanker. Penyakit ini bisa menyebabkan terjadi perubahan saat BAB atau BAK, seperti disertai darah dan nyeri tak tertahankan. Gejala-gejala tersebut bisa menjadi tanda awal dari kanker usus, kanker ginjal, atau kanker kandung kemih.

  • Perubahan Testikel 

Salah satu jenis kanker yang bisa menyerang pria adalah kanker testis. Kondisi ini ditandai dengan perubahan atau muncul benjolan pada testis pria. Kanker testis juga menyebabkan rasa nyeri pada bagian tersebut. Penyakit ini juga bisa disertai dengan penimbunan cairan di dalam skrotum, terasa berat, dan sakit seperti tertusuk-tusuk.

Baca juga: Awas, Laki-Laki Lebih Berisiko Terkena Kanker Kandung Kemih

  1. Nyeri Berulang 

Kanker juga bisa ditandai dengan nyeri berlebih dan berulang pada bagian tubuh tertentu, misalnya sakit kepala yang terjadi secara terus-menerus dapat menjadi tanda adanya tumor pada otak. Kondisi ini juga bisa menyerang bagian tubuh lain, seperti usus, dubur, dan lainnya. 

  • Kelelahan dan Demam 

Demam berkepanjangan dan tubuh yang mudah merasa lelah meski sudah beristirahat harus diwaspadai. Gejala tersebut nyatanya bisa menjadi tanda awal dari kanker. Tubuh yang selalu merasa lelah bisa menjadi tanda bahwa kanker sedang menyerang jaringan dan berkembang di dalam tubuh. 

  • Perubahan Payudara 

Tidak banyak yang tahu, kanker payudara juga bisa menyerang pria. Penyakit ini ditandai dengan perubahan pada payudara, yaitu muncul benjolan, kulit payudara berkerut, puting masuk ke dalam, nyeri, dan adanya cairan atau darah yang keluar dari puting. Kondisi ini sama sekali tidak boleh disepelekan dan sebaiknya segera ditangani. 

Baca juga: Gejala Kanker Payudara yang Perlu Diketahui

Cari tahu lebih lanjut seputar kanker pada pria dan apa saja gejala yang tidak boleh diabaikan dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Early Symptoms of Cancer in Men.
Web MD. Diakses pada 2020. 15 Cancer Symptoms Men Ignore.
Verywell. Diakses pada 2020. Top Cancer Symptoms Men Shouldn't Ignore.