Gejala Mirip, Lupus Sering Dikira Sakit Tipes dan DBD

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Gejala Mirip, Lupus Sering Dikira Sakit Tipes dan DBD

Halodoc, Jakarta – Jangan sepelekan rasa lelah yang terus menerus kamu rasakan dan disertai dengan munculnya ruam pada beberapa bagian kulit. Tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan pada tim medis jika kondisi ini tidak segera pulih.

Baca juga: Cari Tahu Tentang Penyakit Lupus

Beberapa penyakit memiliki gejala yang hampir mirip satu dengan yang lain. Misalnya pada penyakit lupus, tipes, dan DBD. Gejala yang serupa membuat seseorang yang mengalami gejala terkadang keliru mengetahui kondisi yang dialami.

Rasa lelah yang ekstrem, muncul ruam pada kulit khususnya bagian wajah sebenarnya bisa menjadi gejala penyakit lupus. Penyakit lupus adalah penyakit yang disebabkan adanya peradangan atau inflamasi yang disebabkan sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang jaringan dan organ tubuh, seperti kulit, sendi, sel darah, jantung, paru-paru bahkan otak.

Pada kondisi yang sehat, sistem imun menjadi pelindung tubuh dari berbagai ancaman infeksi maupun peradangan dalam tubuh. Namun, seseorang yang mengalami penyakit lupus, justru sistem imun dalam tubuh yang menyerang jaringan maupun bagian tubuh yang sehat. Kondisi ini dikenal sebagai penyakit autoimun.

Jika tidak segera diatasi, kondisi ini menyebabkan peradangan dan kerusakan di berbagai organ maupun bagian tubuh yang diserang oleh sistem imun tubuh. Gejala umum yang muncul adalah rasa lelah yang cukup besar. Kenyataannya, lelah yang berlebihan menjadi tanda penyakit lain dalam tubuh.

Selain merasakan kelelahan yang cukup ekstrim, penyakit lupus juga menyebabkan pengidapnya mengalami kondisi demam. Biasanya, demam yang dialami di atas 38 derajat Celcius. Demam yang terjadi pada pengidap lupus menjadi salah satu respon tubuh terhadap peradangan dan juga infeksi yang terjadi. Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami beberapa gejala yang menjadi tanda dari penyakit lupus.

Baca juga: Jenis Penyakit Lupus dan Cara Mengatasinya

Ketahui gejala yang dialami oleh pengidap lupus lebih banyak, agar kamu bisa membedakan gejala lupus dengan penyakit lain yang hampir serupa dengan gejala lupus, yaitu:

1. Ruam Wajah

Gejala lain yang cukup khas dari penyakit lupus adalah munculnya ruam pada wajah dengan bentuk kupu-kupu di sekitar area pipi hingga hidung. Kondisi ini dikenal juga sebagai butterfly rash. Butterfly rash terjadi pada pengidap lupus disebabkan kulit yang mengalami sensitivitas pada cahaya.

2. Ulkus pada Mulut

Munculnya ulkus pada mulut juga menjadi tanda awal dari penyakit lupus. Biasanya luka muncul pada beberapa bagian mulut, seperti langit-langit mulut, gusi maupun bagian pipi dalam.

3. Nyeri pada Otot dan Dada

Biasanya, pengidap lupus rentan mengalami kondisi nyeri pada otot maupun sendi pada pagi hari. Tidak hanya itu, jari-jari juga terasa kaku. Perhatikan gejala lain yang muncul seperti nyeri dada. Kondisi nyeri pada otot terkadang sering dikaitkan dengan penyakit rematik. Ya, gejala nyeri dada juga dialami oleh pengidap lupus karena adanya peradangan pada selaput paru-paru serta jantung.

Baca juga: Akhirnya, Penyebab Penyakit Lupus Kini Terungkap

4. Gangguan Fungsi Otak

Pengidap lupus rentan alami masalah pada sistem saraf. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini menyebabkan masalah mental dan kecemasan yang berlebihan. Lupus yang menyerang otak dapat menyebabkan seseorang alami kejang bahkan amnesia.

5. Penipisan Rambut

Lupus juga dapat menyebabkan seseorang alami peradangan pada bagian kulit kepala karena rendahnya kadar tiroid dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan kerontokan rambut dan membuat rambut menjadi lebih tipis.

Referensi:
Women’s Health. Diakses pada 2019. 9 Lupus Symptoms In Women That Never Be Ignored
Self. Diakses pada 2019. 9 Signs of Lupus All Women Should be Able to Recognize
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Lupus