03 August 2018

Gerakan ala Kayla Itsines, Bikin Tubuh Kencang Tanpa Alat

olahraga tanpa alat, kayla itsines,

Halodoc, Jakarta – Seorang pelatih kebugaran asal Adelaide, Australia, Kayla Itsines baru-baru ini menciptakan program latihan yang diberi nama Bikini Body Guide (BBG). Program tersebut sukses mencuri perhatian dan banyak digandrungi pencinta olahraga. Pasalnya, olahraga yang dirancang oleh wanita berusia 26 tahun ini dikenal sederhana dan bisa dilakukan di rumah tanpa menggunakan alat apapun.

Meski demikian, gerakan-gerakan yang ada dalam BBG disebut efektif untuk membuat tubuh berkeringat. Melansir situs Kaylaitsines.com, sebenarnya gerakan-gerakan pada program ini merupakan jenis olahraga high intensity interval training (HIIT).

Wanita muda tersebut mulanya menyusun program BBG untuk memudahkan dirinya saat diminta menjadi instruktur olahraga. Sebab, tidak semua peralatan olahraga bisa dibawa-bawa dengan mudah. Pada program BBG, seseorang akan diminta untuk melakukan beberapa gerakan dalam rentang waktu yang sudah ditentukan pula. Dari semua set yang diharuskan untuk dilakukan, total waktu olahraga ini akan berlangsung selama 28 menit dalam satu hari.

Dalam waktu tersebut, olahraga yang akan dilakukan mencakup kombinasi antara olahraga bebas dan kardio. Ada beberapa jenis gerakan yang harus dilakukan, mulai dari lunge, push up, mountain climb, dan leg raise. Agar lebih jelas, yuk simak 5 jenis gerakan alas Kayla Itsines yang bisa bikin tubuh kencang tanpa alat!

Baca juga: Bentuk Otot Tubuh dengan Olahraga Kalistenik

 

  • Rebound Lunge

 

Gerakan ini menjadi salah satu latihan yang bertujuan untuk melatih area kaki. Untuk melakukan rebound lunge, mulailah dengan berdiri tegak dan luruskan badan. Setelah itu, tekut kaki kanan ke depan hingga membentuk sudut 90 derajat. Pada saat yang bersamaan, letakkan kaki yang lain ke arah belakang hingga posisi tubuh seperti sedang berlutut. Ulangi gerakan sebanyak 15 kali lalu ganti ganti posisi kaki yang sebelumnya di belakang, jadi di depan.

 

  • Split Squat

 

Gerakan ini hampir mirip dengan squat biasa, hanya saja gerakan yang dilakukan sedikit dimodifikasi. Untuk melakukan split squat, berdirilah posisi tubuh yang tegak. Kemudian, buka kaki sambil memundurkan bokong seperti gerakan squat biasa, namun letakkan tangan di bagian depan menyentuh lantai. Setelah itu, lompatlah kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Baca juga: Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan dengan Teman

 

  • Laydown Pushup

 

Salah satu cara mengencangkan tubuh ala Kayla Itsines adalah dengan melakukan gerakan laydown pushup. Tujuannya adalah untuk mengencangkan otot-otot di sekitar lengan dan dada. Untuk melakukannya, ambil posisi tubuh tengkurap atau menghadap ke lantai. Kemudian letakkan lutut di lantai, angkatlah tubuh dengan memusatkan kekuatan di tangan lalu turunkan. Ulangi gerakan ini selama beberapa kali.

 

  • Shoulder Taps

 

Dasar dari gerakan ini adalah posisi plank. Setelah posisi tubuh sempurna, angkatlah salah satu tangan lalu arah ke bahu. Lakukan gerakan ini secara bergantian pada masing-masing tangan. Kemudian, ulangi gerakan sebanyak 15 kali.

 

  • Leg Raises

 

Leg raises dilakukan dengan tubuh berbaring di lantai. Kemudian, letakkan kedua tangan di kanan dan kiri tubuh. Setelah itu, angkat kedua kaki ke atas dan ulangi sebanyak 15 kali.

Baca juga: Alat Olahraga yang Perlu Ada di Rumah

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.