• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Gerakan Ini Bisa Redakan Sakit Pinggang

3 Gerakan Ini Bisa Redakan Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Sakit pinggang yang muncul kerap menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Sakit pinggang tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa sakit yang dirasakan dapat hilang timbul atau terasa cukup panjang pada salah satu sisi bagian pinggang atau keduanya. 

Baca juga: Sakit Pinggang Usai Olahraga, Ini Cara Mencegahnya

Umumnya, sakit pinggang yang ringan bisa sembuh dengan sendirinya selama beberapa hari dengan perawatan sederhana di rumah. Tetap beraktivitas juga menjadi cara untuk mengatasi sakit pinggang di rumah. Jadi, jangan ragu untuk melakukan olahraga dan beberapa gerakan untuk meredakan sakit pinggang

Lakukan Gerakan Sederhana untuk Atasi Sakit Pinggang

Umumnya, sakit pinggang disebabkan adanya cedera otot pada pinggang. Cedera dapat terjadi akibat gerakan pada bagian pinggang yang terjadi secara berulang. Melansir National Health Service UK, duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami sakit pinggang, apalagi jika kamu duduk dengan kursi yang tidak nyaman.

Seseorang yang memiliki usia di atas 30 tahun dan kelebihan berat badan berisiko mengalami sakit pinggang. Tidak hanya itu, seseorang yang kurang rajin berolahraga juga berisiko tinggi mengalami sakit pinggang.

Kondisi seperti kehamilan juga dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit pinggang yang diakibatkan bertambahnya berat badan, adanya pelepasan hormon, dan perubahan postur tubuh. Tentunya, gejala sakit pinggang yang dialami akan berbeda sesuai dengan penyebabnya.

Umumnya, pengidap sakit pinggang akan mengalami pinggang yang terasa sangat kaku, rasa nyeri dari bagian bokong hingga kaki, sulit berdiri tegak, dan nyeri yang cukup parah ketika mengangkat benda berat, membungkuk, atau duduk terlalu lama.

Baca juga: Sakit Pinggang saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

Namun, jangan khawatir, kondisi ini dapat diredakan dengan beberapa gerakan yang dilakukan dengan mudah, seperti:

1. Mengencangkan Otot Perut

Jika kamu merasakan sakit pinggang, sebaiknya cobalah untuk mengencangkan otot bagian perut sambal menarik napas dalam. Kamu dapat lakukan ini dengan posisi berbaring dan tekuk kedua lutut dengan kaki menapak lantai. Angkat perlahan tubuh. Tarik napas dalam-dalam, tahan selama beberapa detik dan lepaskan. Ulangi gerakan ini beberapa kali hingga kamu merasa lebih nyaman dengan kondisi pinggangmu. Ingat, jangan lakukan gerakan ini secara terburu-buru karena berisiko cedera.

2. Tekuk Lutut Hingga Dada

Melansir dari Healthline, gerakan ini cukup efektif untuk meringankan gejala sakit pinggang karena dapat menguatkan otot pinggang dan juga meredakan ketegangan yang terjadi pada bagian pinggang. Berbaring dengan posisi wajah menghadap ke atas, letakkan kedua tangan di samping badan. Perlahan tekuk lutut hingga ke dada hingga kamu merasakan tarikan ringan pada bagian pinggang. Tahan selama beberapa detik dan ulangi pada kaki yang lain.

3. Cat Stretches

Posisi ini membantu kamu melepaskan ketegangan yang terjadi pada bagian otot pinggang. Selain itu, gerakannya mudah dilakukan. Posisikan tubuh seperti akan merangkak, kemudian perlahan tarik bagian lutut dan kaki ke belakang.

Berikan jarak antara kedua lutut dan angkat tubuh perlahan dengan menggunakan kedua tangan. Tahan selama beberapa detik dan jangan lupa untuk kembalikan posisi tubuh pada posisi normal secara perlahan.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Sakit Pinggang saat Puasa

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit pinggang. Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami sakit pinggang disertai dengan demam, paha mati rasa, dan tungkai yang terasa lemah. Kondisi ini bisa menjadi tanda gangguan kesehatan yang harus segera ditangani oleh tim medis. Untuk memudahkan pemeriksaan, kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc.

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Back Pain
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Simple Stretches to Relieve Lower Back Pain