3 Gerakan Yoga yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
3 Gerakan Yoga yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak

Halodoc, Jakarta – Banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika kamu rutin melakukan olahraga setiap harinya. Tidak hanya tubuh yang sehat, rutin berolahraga juga meningkatkan kualitas tidur. Dilansir dari National Sleep Foundation, rutin berolahraga meningkatkan kualitas tidur seseorang dan membuat orang menjadi lebih aktif pada siang hari.

Baca juga: Gerakan Yoga yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Banyak olahraga yang bisa dilakukan untuk membantu kamu memiliki waktu tidur yang berkualitas, salah satunya adalah yoga. Yoga adalah olahraga yang mengolah tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan pernapasan. Ketahui beberapa gerakan dari yoga untuk meningkatkan kualitas tidur.

Rutin Lakukan Yoga, Ini Manfaatnya

Yoga adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, sebaiknya sesuaikan gerakan-gerakan yoga yang akan kamu lakukan dengan usia kamu. Tidak hanya orang tua, anak-anak dapat melakukan yoga dengan gerakan-gerakan yang ringan.

Lakukan yoga dengan orang-orang yang berpengalaman agar terhindar dari cedera yang dapat dialami akibat melakukan olahraga yoga. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan peregangan sebelum kamu melakukan olahraga yoga.

Unsur utama dari olahraga ini adalah rangkaian gerakan dan pernapasan. Meskipun begitu, banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan rutin melakukan yoga, seperti meningkatkan fleksibilitas tubuh, meningkatkan kekuatan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan massa otot, dan memperbaiki postur tubuh. 

Namun, tidak hanya itu, melakukan yoga dapat dilakukan sebagai salah satu sarana relaksasi. Relaksasi yang dilakukan dapat berdampak baik bagi fisik maupun mental, salah satunya adalah meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Baca juga: 6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Kantor

Gerakan Yoga untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Dilansir dari Harvard Medical School, 55 persen orang yang rutin melakukan yoga dapat memiliki kualitas tidur yang sangat baik. Tidak hanya itu, lebih dari 85 persen orang mengatakan bahwa melakukan olahraga yoga dapat menurunkan tingkat stres yang dialami.

Pernapasan menjadi kunci utama dalam olahraga yoga agar orang yang melakukan menjadi lebih tenang. Tidak hanya itu, beberapa gerakan dapat membantu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, yaitu:

1. Wide-Knee Child’s Pose (Balasana)

Pose ini termasuk ke dalam pose istirahat. Pose ini mengutamakan ketenangan dan juga stabilitas. Caranya kamu berlutut dengan baik, perlahan tundukkan kepala dan posisikan badan ke bawah mengarah masuk dalam paha.

Letakkan kedua tangan pada sisi masing-masing tubuh sehingga telapak tangan mengarah ke atas. Berikan kondisi rileks pada area bahu. Letakkan dahi perlahan pada lantai. Lakukan relaksasi dengan mengambil napas dan membuangnya secara perlahan. Ulangi hingga beberapa kali.

2. Standing Forward Bend (Uttanasana)

Berdiri tegap dengan kedua kaki sejajar dengan bahu. Ambil napas dalam kemudian keluarkan secara perlahan bersamaan dengan tubuh mengarah ke bawah hingga menuju depan lutut. Ketika tubuh sampai di depan lutut, peluk kedua lutut atau biarkan kedua tangan dalam posisi beristirahat mengarah ke bawah lantai atau di depan kaki. Jangan memaksa untuk menyentuh lantai. Posisi ini dilakukan untuk merelaksasi bagian leher dan bahu. Namun, sebaiknya hati-hati jika kamu memiliki cedera pada bagian belakang.

3. Reclining Bound Angle (Supta Baddha Konasana)

Pose ini dapat membantu kamu untuk meredakan kondisi tegang pada area pinggul dan pangkal paha. Namun, sebaiknya waspada jika kamu memiliki cedera pada bagian lutut, pinggul atau pangkal paha. Untuk mendapatkan pose ini, kamu bisa berbaring di matras.

Lalu, tekuk lutut mengarah ke dalam hingga kedua telapak kaki bertemu. Letakkan kedua tangan pada sisi tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas. Ambil napas dalam dan buang secara perlahan.

Baca juga: 5 Tips Sebelum Melakukan Olahraga Yoga

Itulah gerakan atau pose dalam yoga untuk membantu kamu mendapatkan tidur nyenyak. Gangguan tidur yang tidak diatasi dapat sebabkan kamu mengalami gejala gangguan kesehatan, seperti lelah dan sulit berkonsentrasi. Selain istirahat, tidak ada salahnya tanya langsung pada dokter mengenai asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh agar kesehatan tetap optimal.

Referensi:
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. Yoga for Better Sleep
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. How Exercise Impact Sleep Quality
Huffpost. Diakses pada 2020. 10 of The Best Yoga Poses for Sleep